Aturan Berwisata Ke Pantai Sadranan

Pahami : Aturan Berwisata Ke Pantai Sadranan

Ini merupakan tips yang ditujukan untuk anda agar tidak kena problem ketika menjalani piknik pantai. Sudah jadi rahasia publik, kalo pantai di Yogyakarta itu mantap abis sehingga bejibun pelancong datang berkunjung ke sini.

1. Aturan Berwisata Ke Pantai Sadranan
: Pasir Hitam dan Putih.

Apabila kamu hendak bermain di pantai yang berpasir putih, kunjungilah ke wilayah Gunungkidul, Jangan ke wilayah Bantul atau Kulonprogo, Kamu bakalan kecele. Sebaliknya jika kamu pengen bermain di pantai yang pasirnya hitam, ke Gunungkidul gak akan ketemu. Beda warna pasir merupakan akibat evolusi alam selama ribuan tahun, bukan disengaja, Karena bagaimana caranya manusia bisa membikin perbedaan warna pasir di pesisir pantai di Yogyakarta?

2. Aturan Berwisata Ke Pantai Sadranan
: Semua Pantai di Wilayah Jogja Bahaya Untuk Berenang.

Jika kamu sering datang ke pantai di daerah pesisir Pantura, mungkin dirimu bisa bermain-main hingga tengah laut sampai batas dada. Memang kontur antara Pantai Utara dan Selatan Jawa berbeda. Pantai Selatan karakternya terjal dan bergelombang besar, karena lautnya adalah laut lepas, atau dinamakan Samudera. Sedangkan Pantura, Ombaknya pelan dan karakternya landai. Pantura Jawa termasuk kategori Selat, yaitu Laut yang memisahkan dua pulau.

Aturan Berwisata Ke Pantai Sadranan

Berenang di Pantai yang aman. Ig @nindasahriyani


Hampir seluruh pesisir pantai selatan tidak aman buat bermain, berenang, mandi atau kungkum. Sudah ada rambu larangan buat berenang. Namun demikian terdapat beberapa pantai yang mempunyai lekukan / teluk kecil yang masuk ke darat, membuat gelombang tidak langsung menghantam ke pesisir pantai dengan ganas. Di sebagian pantai di Yogyakarta terdapat zona yang bisa untuk bermain air, misalnya di Pantai Wediombo, Pantai Ngrenehan, Pantai Glagah, Slili. Di lokasi-lokasi itu kamu boleh berenang, bermain perahu atau malah snorkeling.
Kalau di sana kamu menemui orang bermain air di pinggir pantai bahkan nekat hingga ketengah laut, padahal di pintu masuk sudah terdapat petunjuk dilarang berenang, Biasanya mereka tidak memahami peraturan, main nyemplung aja. Ini sangat membahayakan.

3. Aturan Berwisata Ke Pantai Sadranan
: Perhatikan Karakter Pantai Selatan Yang Curam.

Apabila kamu ngebayangin wisata ke pantai lalu berniat naik kuda di pinggiran pantai di wilayah Gunung kidul, tentu itu akan jarang kamu jumpai, lain halnya apabila di wilayah Bantul, kamu bakalan menemui fasilitas berkuda, bendi atau ATV. Meski demikian, ada juga pantai di Gunungkidul yang memiliki sarana bermain ATV.
Tidak semua pantai di Yogyakarta ‘berbibir’ perbukitan karst. Namun sering kita dapati coral atau karang yang berada di pesisir pantai. Saat air surut, biasanya banyak orang bermain-main hingga ke tengah. Tapi jangan lupa, namanya karang itu pasti terjal, itu terjal buat kakimu. Oleh karena itu kalau mau bermain dihamparan coral, sebaiknya memakai sandal.

Aturan Berwisata Ke Pantai Sadranan

Tidak memakai sandal, resiko kena gigit hewan berbahaya. Ig @ratrie_05

4. Aturan Berwisata Ke Pantai Sadranan
: Hindari Hewan Laut yang Berbahaya

Bermain-main diatas Reef memang ada keunikan tersendiri, diatas Coral akan kita jumpai beraneka-ragam hewan laut dari mulai ikan, kepiting, kerang, udang, ular, rumput laut, dsb. Yang kamu harus perhatikan ialah hewan-hewan yang berbahaya seperti sea urchin dan ubur-ubur. Apabila kamu tergigit nya, dipastikan akan terasa sakit dan kadang sangat gatal. So, Kamu musti hati-hati agar kulitmu yang halus mulus tidak disengat hewan-hewan nakal itu.

5. Gelombang yang Berlawanan (Rip Current)

Sudah pernah tahu tentang Rip Current? Ini hal yang musti kamu pelajari jika bermain di pantai di daerah Yogyakarta atau Pantai bagian selatan Pulau Jawa secara umum. Ombak di pantai selatan terkenal ganas dan besar. So, pada saat ombak tersebut menghempas mencapai daratan (Turbulence Current), akan menyebabkan arus balik (Rip Current) di atas dan dibawah permukaan air laut dengan daya tarikan yang masif. Disebabkan karena perbedaan kedalaman pantai yang variatif, Rip Current akan sangat membahayakan saat berada pada cekungan pantai yang dalam. Karena Rip Current akan membawa semua yang berada diatasnya dan membawanya ke kedalaman. Kadang Rip Current juga berpusar di bawah air jika kontur pantainya ada cekungan. Sebagian orang yang terseret ombak, disebabkan oleh tarikan Rip Current ini (lihat gambar).

Aturan Berwisata Ke Pantai Sadranan

Orang yang terbawa Rip Current akan tertarik ke arah yang sebaliknya berlawanan dengan arus Turbulence (sesuai arah angin laut). Jika tempat terseretnya korban itu landai, maka korban masih terlihat di permukaan, akan tetapi jika terseret pada tempat yang dalam, maka korban akan tersedot kebawah permukaan air dan terbentur karang. Kebanyakan, karena lama berpusar di bawah permukaan laut, akhirnya korban dapat celaka, bisa disebabkan luka atau karena Kedingingan (Jadi inget Gita Gutawa). Bahkan terkadang, setelah sekian waktu, badan korban baru bisa ditemukan, Itu terjadi karena terjepit pada karang atau dibawa pusaran arus di dalam permukaan laut. Sungguh mengerikan ya?, Oleh sebab itu hati-hati ya.

6. Jagalah Kealamian Pantai Di Jogja

Tidak semua pantai di wilayah Jogja dapat dikunjungi langsung ke pesisirnya dengan menggunakan moda transportasi. Ada pantai yang masih natural, dimana kamu harus trekking lebih dulu untuk sampai di pesisir pantai. Sepintas rasanya bakalan capek duluan, tapi jangan keliru, view area pantai yang masih asri dan alami, akan menghilangkan rasa capekmu. Bahkan ada yang mesti naik ojek untuk bisa sampai ke destinasi wisata atau malah jalan kaki. Sepanjang tarifnya ojegnya masuk akal sih, gak masalah. Saran/Advis dari kami sih, ikutin aja. Dan tidak semua pantai di Jogja mempunyai tempat menginap atau resort. Banggalah kamu bisa bermain ke tempat wisata yang merakyat, terjangkau, masih natural dan semua orang bisa mengunjunginya tanpa harus ijin sana sini.

7. Aturan Berwisata Ke Pantai Sadranan
: Baju Warna Khusus yang Tidak Diperbolehkan.

Di beberapa pantai di sekitar Jogja, Ada saran informal untuk tidak memakai baju yang berwarna hijau pupus. Sampai saat ini kami belum menemukan hubungan antara warna hijau pupus dengan kecelakaan yang sering terjadi. Namun kita ambil sisi positifnya saja. Hormati kearifan lokal yang sudah eksis. Dan seandainya jika ada orang yang tenggelam, orang yang berpakaian warna hijau pupus akan susah dicari tim Penyelamat dari pada yang berpakaian warna putih atau merah. Karena warna hijau identik dengan air laut. Mengerti ya? Oh iya One more thing, Semua pantai di Jogja mem-blacklist orang memakai bikini, jika yang makai laki-laki.

8. Pantai untuk Upacara

Jika kamu pingin sukses, ya cari pekerjaan yang halal, bersaing secara kompetitif, jangan lantas main ke pantai trus minta kekayaan pada Ratu Pantai Selatan. Itu tidak wajar dan tidak diperbolehkan menurut agama. Namun begitu, Kamu bisa mengikuti beragam acara upacara di sebagian pantai di wilayah Yogyakarta. Contohnya di Pantai Parangkusumo suka ada event Labuhan, lalu di Pantai Ngobaran juga ada upacara pemujaan umat Hindu saat hari raya Nyepi. Yang paling keren tentu saja ritual perjalanan Tukik menuju lepas Pantai Sedahan. Carilah info dan momen yang pas untuk melihat perjalanan hidup anak penyu menuju lepas pantai.

9. Sarana Wisata Seru Pantai di Daerah Yogya.

Berwisata ke pantai tidak hanya buat saranghae-an aja, Banyak fasilitas keren yang bisa kamu nikmati. Misalnya :

Snorkeling Pantai Sadranan

Snorkeling Pantai Sadranan

Aturan Berwisata Ke Pantai Sadranan

Bermain Surfing di Wediombo. Ig @chukuchu_

parangkusumo-

Sandboarding di Parangkusumo. Ig @nina_kurnia_manfaati

  • Melayang dengan Paragliding di Pantai Parangendog, dimana kamu bisa melayangkan diri di angkasa sambil melihat view jogja dengan cara yang jelas berbeda.
  • Serasa memiliki Pantai pribadi di Nampu, Ngandong, Ngondo, Ngrumput atau Sarangan. Lengkapnya anda bisa lihat di youtube.

10. Penutup, Aturan Berwisata Ke Pantai Sadranan

Kalau mau wisata ke pantai di Yogyakarta, Rencanakan kelengkapannya mulai dari fisik, mental, anggaran, gadget, powerbank, MMC, pelindung kulit, alat pemancingan, bekal minuman, pakaian pengganti, dsb. Khusus untuk transportasi, Serahkan pada driver kami saja. Biar kami yang repot mengantar dan memulangkan anda, Biar anda ngga kelelahan setelah adventure. Anda tinggal duduk manis sambil selfi-selfi, kalau kebeles pipit tinggal colek aja, Kalo ngantuk tinggal bobok aja. Bagaimana? Ditunggu ya WA|Whatsapp nya. Untuk paket-paket yang sudah tersusun, dapat anda lihat di booking website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *