Aturan Wisata Ke Pantai Congot

Penting : Aturan Wisata Ke Pantai Congot

Ini adalah tips yang ditujukan buat wisatawan agar tidak mengalami problem saat menikmati wisata pantai. Sudah jadi pengetahuan umum, jika pantai di Yogyakarta itu mantap abis sehingga bejibun pelancong datang berwisata ke sini.

1. Aturan Wisata Ke Pantai Congot
: Pasir Hitam dan Putih.

Jika kamu hendak bersantai di pantai yang mempunyai pasir putih, kunjungilah ke daerah Gunungkidul, Bukan ke wilayah Bantul atau Kulonprogo, Kamu akan kecele. Sebaliknya jika kamu pengen bermain di pantai yang pasirnya gelap, ke Gunungkidul gak bakalan dapet. Perbedaan warna pasir merupakan hasil evolusi alam yang memakan waktu ribuan tahun, bukan disengaja, Karena gimana caranya manusia bisa membuat perbedaan warna pasir di gugusan pantai di Yogyakarta?

2. Aturan Wisata Ke Pantai Congot
: Semua Pantai di Wilayah Jogja Tidak Aman Untuk Berenang.

Jika kamu sering datang ke pantai di wilayah pesisir Pantai Utara, mungkin kamu bisa bermain-main hingga tengah pantai sampai batas dada. Memang tekstur antara Pantai Utara dan Selatan Jawa tidak sama. Pantai Selatan lebih terjal dan berombak besar, karena lautnya merupakan laut lepas, atau disebut Samudera. Sedangkan Pantai Utara, Ombaknya pelan dan lebih landai. Pantura Jawa merupakan kategori Selat, yaitu Laut yang memisahkan dua pulau.

Aturan Wisata Ke Pantai Congot

Berenang di Pantai yang aman. Ig @nindasahriyani


Hampir seluruh pesisir pantai selatan tidak bisa untuk bermain, berenang, mandi atau kungkum. Pasti ada tanda dilarang buat berenang. Meski demikian terdapat beberapa pantai yang mempunyai ceruk / teluk kecil yang menjorok ke darat, membuat gelombang tidak langsung menghantam ke pesisir pantai dengan ganas. Di sebagian pantai di Yogyakarta terdapat area yang bisa untuk bermain air, seperti di Pantai Wediombo, Pantai Ngrenehan, Pantai Glagah, Nglambor. Di lokasi-lokasi tersebut kamu bisa nyemplung, bermain perahu atau malah diving.
Kalau di pantai kamu menemui orang bermain air di pinggir pantai bahkan berani sampai ketengah laut, padahal di pintu masuk telah terdapat tanda dilarang berenang, Biasanya mereka tidak membaca peraturan, asal terjun aja. Ini yang berbahaya.

3. Aturan Wisata Ke Pantai Congot
: Perhatikan Karakter Pantai Selatan Yang Terjal.

Apabila kamu membayangkan piknik ke pantai lantas mau naik kuda di pesisir pantai di daerah Gunung kidul, tentu itu akan jarang kamu temui, lain halnya apabila di daerah Bantul, kamu akan menjumpai fasilitas berkuda, bendi atau ATV. Meski begitu, ada juga pantai di Gunungkidul yang memiliki fasilitas mainan ATV.
Tidak seluruh pantai di Yogyakarta berpesisir bukit karst. Namun sering kita temui reef atau karang yang berada di pinggiran pantai. Saat air laut surut, akan ada banyak orang bermain sampai ke tengah. Namun jangan salah, yang namanya karang itu terjal, itu terjal buat telapakmu. Oleh karena itu jika mau bermain dihamparan karang, semestinya memakai sandal.

Aturan Wisata Ke Pantai Congot

Pakailah Sendal untuk bermain di atas reef dan menghindari bahaya hewan laut

4. Aturan Wisata Ke Pantai Congot
: Hindari Binatang Laut yang Berbahaya

Bermain diatas Reef memang punya keunikan tersendiri, diatas Reef akan kita temukan beraneka-ragam biota laut dari mulai ikan, kepiting, kerang, udang, ular, ganggang laut, dll. Yang kamu harus waspadai adalah hewan-hewan yang berbahaya contohnya sea urchin dan ubur-ubur. Jika kamu kena sengatan nya, hampir pasti bakalan terasa sakit dan kadang sangat gatal. Maka, Kamu harus berhati-hati agar kulitmu yang licin mulus tidak digigit hewan-hewan nakal itu.

5. Ombak yang Berlawanan (Rip Current)

Udah pernah tahu tentang Rip Current? Ini soal yang musti kamu pahami jika bermain di pantai di daerah Jogja atau Pantai sebelah selatan Jawa pada umumnya. Ombak di pantai selatan terkenal ganas dan besar. Nah, pada saat ombak tersebut menghempas menuju pesisir (Turbulence Current), akan mengakibatkan arus balik (Rip Current) di atas dan dibawah permukaan air laut dengan gaya tarikan yang masif. Disebabkan oleh perbedaan kedalaman pantai yang bervariasi, Rip Current menjadi sangat berbahaya saat berada pada ceruk pantai yang dalam. Sebab Rip Current akan menarik semua yang berada diatasnya dan membawanya ke kedalaman. Terkadang Rip Current juga berpusar di bawah air jika karakter pantainya ada cekungan. Sebagian orang yang terbawa ombak, disebabkan oleh tarikan Rip Current ini (lihat image).

Aturan Wisata Ke Pantai Congot

Mitigasi Rip Current

Korban yang terseret Rip Current akan tertarik ke arah yang sebaliknya berlawanan dengan arus normal (sesuai arah angin). Jika tempat terseretnya korban itu dangkal, maka korban masih terlihat di permukaan, akan tetapi jika terbawa pada lokasi yang dalam, maka korban akan tertarik kebawah permukaan air dan terbentur karang. Kebanyakan, karena kelamaan berpusar di bawah permukaan laut, menyebabkan korban bisa celaka, bisa disebabkan terluka atau karena Hipotermia (Jadi ingat Gita Gutawa). Bahkan terkadang, setelah beberapa waktu, badan korban baru bisa ditemukan, Itu disebabkan karena terjebak pada bebatuan atau dibawa pusaran arus di dalam permukaan laut. Sungguh mengerikan bukan?, Makanya hati-hati ya.

6. Jagalah Kealamian Pantai Di Jogja

Tidak semua pantai di daerah Jogja dapat didatangi langsung ke bibirnya dengan menggunakan alat transportasi. Ada lokasi yang masih alami, dimana kamu harus trekking terlebih dulu untuk sampai di bibir pantai. Sepintas berasa bakalan bikin letih duluan, tapi jangan salah, view sekitar pantai yang masih asri dan alami, akan mengalihkan rasa capekmu. Bahkan ada yang mesti naik jeep untuk bisa sampai ke destinasi wisata atau malah jalan kaki. Sepanjang harganya ojegnya masuk akal sih, gak apa-apa. Saran/Advis dari kami sih, turutin aja. Dan tidak semua pantai di Yogyakarta mempunyai penginapan atau resort. Banggalah kamu bisa datang ke destinasi wisata yang merakyat, murah, masih alami dan semua orang bisa mengunjunginya tanpa harus ijin sana sini.

7. Aturan Wisata Ke Pantai Congot
: Baju Warna Tertentu yang Tidak Diperbolehkan.

Di beberapa pantai di sekitar Jogja, Ada himbauan tak tertulis untuk tidak memakai baju yang berwarna hijau pupus. Sampai kini kami belum menemukan korelasi antara warna hijau pupus dengan jatuhnya korban yang sering terjadi. Sebaiknya kita ambil sisi positifnya saja. Hormati aturan lokal yang sudah ada. Lagi pula andaikata jika sampai kejadian orang yang tenggelam, orang yang memakai baju warna hijau pupus lebih susah dicari tim Penyelamat ketimbang yang berpakaian warna putih atau merah. Karena warna hijau mirip dengan air laut. Paham ya? Oh iya Satu lagi, Seluruh pantai di Jogja mem-blacklist orang memakai bikini, apabila yang makai laki-laki.

8. Pantai untuk Upacara

Kalo kamu mau kaya, ya cari pekerjaan yang jelas, bersaing secara kompetitif, jangan malah main ke pantai trus minta kekayaan pada Ratu Kidul. Itu tidak proper dan tidak diperbolehkan dalam agama. Namun begitu, Kamu bisa menikmati beragam acara ritual di beberapa pantai di wilayah Jogja. Contohnya di Pantai Parangkusumo sering ada acara Labuhan, kemudian di Pantai Ngobaran juga ada upacara pemujaan umat Hindu saat hari raya Nyepi. Yang paling keren tentu saja ritual perjalanan Tukik menuju lepas Pantai Sedahan. Carilah info dan waktu yang pas untuk menikmati perjalanan hidup tukik menuju laut lepas.

9. Fasilitas Wisata Keren Pantai di Wilayah Jogja.

Berwisata ke pantai tak cuma untuk saranghae-an aja, Banyak sarana keren yang bisa kamu nikmati. Contohnya :

Snorkeling Pantai Nglambor

Snorkeling Pantai Nglambor

Aturan Wisata Ke Pantai Congot

Bermain Surfing di Wediombo. Ig @chukuchu_

parangkusumo-

Sandboarding di Parangkusumo. Ig @nina_kurnia_manfaati

  • Melayang dengan Paragliding di Pantai Parangendog, dimana kamu bisa menerbangkan diri di cakrawala sembari melihat lanskap jogja dengan cara yang sangat berbeda.
  • Merasakan mempunyai Pantai pribadi di Nampu, Ngetun, Ngluwen, Ngrumput atau Sarangan. Selengkapnya anda bisa lihat di youtube.

10. Penutup, Aturan Wisata Ke Pantai Congot

Kalau mau wisata ke pantai di Yogyakarta, Rencanakan kelengkapannya mulai dari fisik, mental, duit, gadget, powerbank, MMC, pelindung kulit, alat pemancingan, persediaan minuman, pakaian ganti, dsb. Khusus untuk transportasi, Serahkan pada driver kami saja. Biar kami yang repot mengantar dan memulangkan anda, Biar kamu ngga capek akut setelah adventure. Anda cuma santai-santai sambil selfi-selfi, kalau kebeles pipit tinggal bilang aja, Kalo ngantuk ya tidur aja. Gimana? Ditunggu ya WA|Whatsapp nya. Untuk paket-paket yang sudah tersusun, bisa anda lihat di booking website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *