Aturan Wisata Ke Pantai Indrayanti

Pahami : Aturan Wisata Ke Pantai Indrayanti

Ini adalah tips yang ditulis buat anda agar tidak kena masalah ketika menikmati piknik pantai. Sudah jadi rahasia umum, kalo pantai di Yogyakarta itu mantap abis sehingga bejibun wisatawan datang berkunjung ke sini.

1. Aturan Wisata Ke Pantai Indrayanti
: Pasir Putih dan Hitam.

Apabila kamu ingin bersantai di pantai yang berpasir putih, datanglah ke daerah Gunungkidul, Bukan ke wilayah Bantul atau Kulonprogo, Kamu akan kecele. Sebaliknya jika kamu hendak bersantai di pantai yang pasirnya hitam, ke Gunungkidul gak akan ketemu. Perbedaan warna pasir merupakan hasil evolusi alam yang memakan waktu jutaan tahun, tidak karena disengaja, Karena gimana caranya manusia bisa membuat perbedaan warna pasir di pesisir pantai di Yogyakarta?

2. Aturan Wisata Ke Pantai Indrayanti
: Hampir Semua Pantai di Daerah Yogyakarta Tidak Aman Buat Berenang.

Jika kamu sering datang ke pantai di daerah pesisir Pantura, mungkin dirimu bisa bermain-main ke tengah pantai sampai batas dada. Memang kontur antara Pantai Utara dan Selatan Pulau Jawa tidak sama. Pantai Selatan lebih terjal dan bergelombang besar, sebab lautnya merupakan laut lepas, atau dinamakan Samudera. Sedangkan Pantura, Ombaknya pelan dan lebih landai. Pantura Jawa merupakan kategori Selat, yaitu Laut yang terbentang antara dua pulau.

Aturan Wisata Ke Pantai Indrayanti

Larangan berenang dari Pemerintah


Hampir semua gugusan pantai selatan tidak bisa untuk bermain, berenang, mandi atau slulup. Sudah ada rambu dilarang buat berenang. Namun demikian terdapat beberapa pantai yang mempunyai ceruk / teluk kecil yang menjorok ke darat, membuat gelombang tidak langsung menghantam ke pesisir pantai dengan ganas. Di beberapa pantai di Yogyakarta terdapat area yang bisa untuk bermain air, seperti di Pantai Wediombo, Pantai Drini, Pantai Glagah, Slili. Di lokasi-lokasi tersebut kamu bisa nyemplung, bermain kano atau malah snorkeling.
Kalau di pantai kamu banyak melihat orang bermain air di pinggir pantai bahkan berani hingga ketengah laut, Sedangkan di koridor masuk telah ada petunjuk larangan berenang, Itu tandanya mereka tidak membaca aturan, main nyemplung aja. Ini yang membahayakan.

3. Aturan Wisata Ke Pantai Indrayanti
: Perhatikan Kontur Pantai Selatan Yang Curam.

Jika kamu ngebayangin wisata ke pantai lalu mau naik atv di pinggiran pantai di wilayah Gunung kidul, tentu itu akan sulit kamu temui, lain halnya jika di wilayah Bantul, kamu bakalan menjumpai fasilitas naik kuda, bendi atau ATV. Meski demikian, ada juga pantai di Gunungkidul yang memiliki sarana mainan ATV.
Tidak semua pantai di Jogja ‘berbibir’ perbukitan karst. Namun sering kita temui coral atau karang yang berada di pinggiran pantai. Saat air laut surut, biasanya banyak orang bermain sampai ke tengah. Namun jangan lupa, yang namanya karang itu pasti terjal, itu terjal buat kakimu. Oleh sebab itu kalo mau bermain dihamparan karang, sebaiknya memakai sandal.

Aturan Wisata Ke Pantai Indrayanti

Pakailah Sendal untuk bermain di atas reef dan menghindari bahaya hewan laut

4. Aturan Wisata Ke Pantai Indrayanti
: Hindari Binatang Laut yang Beracun

Bermain dihamparan Coral memang punya keunikan tersendiri, diatas Reef bakalan kita jumpai keanekaragaman biota laut dari mulai ikan, kepiting, kerang, udang, ular, ganggang laut, dll. Yang kamu harus waspadai adalah binatang yang berbahaya contohnya sea urchin dan ubur-ubur. Jika kamu tergigit nya, dipastikan bakalan terasa sakit dan juga sangat gatal. So, Kamu musti berhati-hati agar skin-mu yang halus mulus tidak disengat hewan-hewan berbahaya itu.

5. Ombak yang Berlawanan (Rip Current)

Sudah pernah tahu tentang Rip Current? Ini soal yang musti kamu pelajari apabila bermain di pantai di wilayah Jogja atau Pantai bagian selatan Jawa pada umumnya. Ombak di pantai selatan terkenal ganas dan besar. So, pada saat gelombang tersebut menghempas mencapai daratan (Turbulence Current), akan mengakibatkan arus balik (Rip Current) di atas dan dibawah permukaan air dengan daya tarikan yang masif. Dikarenakan karena perbedaan kedalaman pesisir yang bervariasi, Rip Current akan sangat berbahaya saat berada pada cekungan pesisir yang dalam. Sebab Rip Current akan membawa apa saja yang ada diatasnya dan membawanya ke kedalaman. Terkadang Rip Current juga berputar-putar di bawah permukaan jika karakter pantainya memang dalam. Sebagian orang yang terbawa ombak, disebabkan oleh tarikan Rip Current tersebut (lihat image).

Aturan Wisata Ke Pantai Indrayanti

Mitigasi Rip Current

Korban yang terbawa Rip Current akan tertarik ke arah yang sebaliknya berlawanan dengan arus Turbulence (sesuai arah angin laut). Jika tempat terseretnya korban itu dangkal, maka korban masih terlihat di permukaan air, akan tetapi bila terbawa pada tempat yang dalam, maka korban akan tertarik kebawah permukaan air dan membentur karang. Kebanyakan, karena lama berputar-putar di bawah permukaan laut, akhirnya korban bisa meninggal, bisa disebabkan terluka atau karena Kedingingan (Jadi ingat Gita Gutawa). Bahkan terkadang, setelah beberapa waktu, tubuh korban baru bisa ditemukan, Itu terjadi karena terjebak pada bebatuan atau dibawa pusaran arus di bawah permukaan laut. Sungguh mengerikan bukan?, Oleh sebab itu hati-hati ya.

6. Peliharalah Kealamian Pantai Di Jogja

Tidak semua pesisir di daerah Yogyakarta dapat didatangi langsung ke pesisirnya dengan menggunakan moda transportasi. Ada lokasi yang masih natural, dimana kamu harus hiking lebih dulu untuk sampai di bibir pantai. Sepintas rasanya bakalan bikin letih duluan, tapi jangan keliru, view sekitar pantai yang masih asri dan alami, akan menghilangkan rasa letihmu. Bahkan ada yang mesti sewa jeep untuk bisa mencapai ke destinasi wisata atau malah jalan kaki. Sepanjang harganya ojegnya masuk akal sih, gak apa-apa. Saran/Advis dari kami sih, ikutin aja. Dan tidak semua pantai di Jogja terdapat penginapan atau resort. Banggalah kamu bisa datang ke destinasi wisata yang proletar, murah, masih alami dan semua wisatawan bisa mengaksesnya tanpa harus repot sana sini.

7. Aturan Wisata Ke Pantai Indrayanti
: Baju Warna Tertentu yang Dilarang.

Di beberapa pantai di sekitar Jogja, Ada himbauan informal untuk tidak menggunakan baju yang bernuansa hijau pupus. Sampai saat ini kami belum menemukan korelasi antara warna hijau pupus dengan kecelakaan yang kerap terjadi. Sebaiknya kita ambil sisi baiknya saja. Hormati kearifan lokal yang sudah ada. Lagi pula andaikata jika sampai kejadian orang yang tenggelam, orang yang berpakaian warna hijau pupus akan susah dicari tim Penyelamat dari pada yang memakai baju warna putih atau merah. Sebab warna hijau mirip dengan air laut. Paham ya? Oh iya Satu lagi, Semua pantai di Jogja melarang orang menggunakan bikini, jika yang makai laki-laki.

8. Pantai untuk Upacara

Jika kamu pingin sukses, ya cari kerja yang halal, bersaing secara fair, jangan malah pergi ke pantai lalu minta kekayaan pada Ratu Kidul. Itu tidak proper dan tidak diperbolehkan dalam agama. Namun demikian, Kamu bisa menikmati berbagai event ritual di beberapa pantai di wilayah Yogyakarta. Misalnya di Pantai Parangkusumo sering ada acara Labuhan, lalu di Pantai Ngobaran juga ada upacara pemujaan umat Hindu saat hari raya Nyepi. Yang paling keren pastinya adalah acara perjalanan Tukik menuju laut lepas Pantai Sedahan. Carilah info dan momen yang tepat untuk menikmati perjalanan hidup tukik menuju laut lepas.

9. Fasilitas Wisata Seru Pantai di Daerah Yogyakarta.

Berwisata ke pantai tak hanya buat saranghae-an aja, Banyak fasilitas keren yang dapat kamu nikmati. Contohnya :

Snorkeling Pantai Sadranan

Snorkeling Pantai Sadranan

Aturan Wisata Ke Pantai Indrayanti

Gadis kecil bermain surfing. Ig @wediombosurflesson

parangkusumo-

Sandboarding di Parangkusumo. Ig @nina_kurnia_manfaati

  • Terbang dengan Paragliding di Pantai Parangendog, disana kamu bisa melayangkan diri di cakrawala sembari menikmati lanskap jogja dengan metode yang sangat berbeda.
  • Serasa memiliki Pantai pribadi di Mbirit, Ngandong, Ngluwen, Nguyahan atau Sawahan. Lengkapnya anda bisa lihat disini.

10. Terakhir, Aturan Wisata Ke Pantai Indrayanti

Apabila mau piknik ke pantai di Yogyakarta, Persiapkan segala sesuatunya mulai dari fisik, mental, duit, gadget, powerbank, memory, pelindung kulit, alat pancing, bekal minuman, pakaian pengganti, dsb. Khusus untuk transportasi, Serahkan pada driver kami saja. Biar kami yang repot mengantar dan memulangkan anda, Biar anda ngga kelelahan setelah berwisata. Kamu cuma santai-santai sambil foto-foto, kalau kebeles pipit tinggal bilang aja, Kalo ngantuk ya tidur aja. Gimana? Ditunggu ya WA|Whatsapp nya. Untuk penawaran yang sudah tersedia, bisa anda lihat di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.