Tips Liburan Ke Pantai Ngrumput

Penting : Tips Liburan Ke Pantai Ngrumput

Ini merupakan tips yang ditulis buat wisatawan agar tidak kena masalah saat menjalani piknik pantai. Sudah jadi rahasia publik, kalo pantai di Jogja itu keren abis sehingga bejibun pelancong datang berwisata ke sini.

1. Tips Liburan Ke Pantai Ngrumput
: Pasir Hitam dan Putih.

Apabila kamu hendak bersantai di pantai yang berpasir putih, kunjungilah ke daerah Gunungkidul, Jangan ke daerah Bantul atau Kulonprogo, Kamu bakalan kecele. Sebaliknya apabila kamu pengen bermain di pantai yang pasirnya gelap, ke Gunungkidul gak bakalan ketemu. Beda warna pasir adalah akibat evolusi alam yang memakan waktu ribuan tahun, bukan disengaja, Karena gimana caranya manusia bisa membikin perbedaan warna pasir di gugusan pantai di Jogja?

2. Tips Liburan Ke Pantai Ngrumput
: Hampir Semua Pantai di Daerah Yogya Tidak Aman Buat Berenang.

Jika kamu kerapkali datang ke pantai di daerah pesisir Pantai Utara, mungkin kamu bisa berenang hingga tengah laut sampai batas dada. Memang tekstur antara Pantai Utara dan Selatan Jawa berbeda. Pantai Selatan lebih curam dan berombak ganas, karena lautnya adalah laut lepas, atau dinamakan Samudera. Sedangkan Pantai Utara, Ombaknya pelan dan karakternya landai. Pantura Jawa merupakan kategori Selat, yaitu Laut yang memisahkan dua pulau.

Tips Liburan Ke Pantai Ngrumput

Berenang di Pantai yang aman. Ig @nindasahriyani


Hampir semua gugusan pantai selatan tidak bisa untuk bermain, berenang, mandi atau slulup. Pasti ada tanda larangan buat berenang. Namun demikian terdapat beberapa pantai yang memiliki lekukan / teluk kecil yang masuk ke darat, sehingga ombak tidak langsung menghantam ke bibir pantai dengan keras. Di sebagian pantai di Jogja terdapat area yang aman untuk bermain air, seperti di Pantai Wediombo, Pantai Ngrenehan, Pantai Glagah, Slili. Di pantai-pantai itu kamu boleh nyemplung, bermain kano atau malah snorkeling.
Kalau di sana kamu menemui orang bermain air di pinggir pantai bahkan berani sampai ketengah laut, padahal di pintu masuk telah ada tanda dilarang berenang, Biasanya mereka tidak memahami peraturan, asal nyemplung aja. Ini yang berbahaya.

3. Tips Liburan Ke Pantai Ngrumput
: Perhatikan Kontur Pesisir Selatan Yang Terjal.

Apabila kamu ngebayangin wisata ke pantai lalu berniat naik kuda di pesisir pantai di daerah Gunung kidul, tentu itu akan jarang kamu temui, lain halnya jika di daerah Bantul, kamu akan menemui fasilitas berkuda, dokar atau ATV. Meski begitu, ada juga pantai di Gunungkidul yang memiliki fasilitas mainan ATV.
Tidak seluruh pantai di Yogyakarta ‘berbibir’ bukit karst. Namun akan kita temui reef atau karang yang berada di pesisir pantai. Saat air surut, biasanya banyak orang bermain hingga ke tengah. Namun jangan lupa, yang namanya karang itu pasti terjal, termasuk terjal buat telapakmu. Oleh sebab itu kalo mau bermain diatas karang, sebaiknya memakai sandal.

Tips Liburan Ke Pantai Ngrumput

Tidak memakai sandal, resiko kena gigit hewan berbahaya. Ig @ratrie_05

4. Tips Liburan Ke Pantai Ngrumput
: Hindari Binatang Laut yang Beracun

Bermain-main diatas Reef memang ada keunikan tersendiri, diatas Reef akan kita temukan beraneka-ragam biota laut dari mulai ikan, kepiting, kerang, udang, ular, rumput laut, dsb. Yang kamu wajib waspadai ialah hewan-hewan yang berbahaya contohnya sea urchin dan ubur-ubur. Jika kamu tergigit nya, dipastikan akan terasa sakit dan kadang sangat gatal. Maka, Kamu musti hati-hati agar kulitmu yang licin mulus tidak disengat hewan-hewan nakal itu.

5. Gelombang yang Berlawanan (Rip Current)

Udah pernah tahu tentang Rip Current? Ini soal yang harus kamu pelajari jika bermain di pantai di daerah Yogyakarta atau Pantai sebelah selatan Pulau Jawa secara umum. Gelombang di pantai selatan terkenal ganas dan deras. Nah, pada saat gelombang tersebut menghempas menuju daratan (Turbulence Current), akan menyebabkan arus balik (Rip Current) di atas dan dibawah permukaan air dengan daya tarikan yang besar. Disebabkan karena perbedaan kedalaman pesisir yang variatif, Rip Current menjadi sangat berbahaya saat berada pada ceruk pantai yang dalam. Sebab Rip Current akan menarik apa saja yang ada diatasnya dan membawanya ke kedalaman. Terkadang Rip Current juga berputar-putar di bawah air jika kontur pantainya memang dalam. Kebanyakan orang yang terseret ombak, disebabkan oleh tarikan Rip Current tersebut (lihat image).

Tips Liburan Ke Pantai Ngrumput

Mitigasi Rip Current

Orang yang terseret Rip Current akan tertarik ke arah yang sebaliknya berlawanan dengan arus Turbulence (sesuai arah angin). Jika lokasi terseretnya korban itu dangkal, maka korban akan terlihat di permukaan, akan tetapi bila terbawa pada lokasi yang dalam, maka korban akan tertarik kebawah permukaan dan terbentur karang. Umumnya, karena lama berputar-putar di bawah permukaan laut, akhirnya korban dapat meninggal, bisa disebabkan terluka atau karena Kedingingan (Jadi inget Gita Gutawa). Bahkan kadang-kadang, setelah beberapa waktu, tubuh korban baru bisa ditemukan, Itu terjadi karena terjepit pada karang atau terbawa pusaran arus di bawah permukaan laut. Sungguh mengerikan bukan?, Makanya hati-hati ya.

6. Peliharalah Kealamian Pantai Di Jogja

Tidak seluruh pesisir di wilayah Jogja dapat didatangi langsung ke pesisirnya dengan menggunakan moda transportasi. Ada pantai yang masih alami, dimana kamu musti hiking lebih dahulu untuk sampai di pesisir pantai. Sepintas berasa bakalan capek duluan, tapi jangan salah, pemandangan sekitar pantai yang masih asri dan alami, akan mengalihkan rasa letihmu. Bahkan ada yang harus naik jeep untuk bisa mencapai ke destinasi wisata atau malah jalan kaki. Sepanjang harganya ojegnya masuk akal sih, gak masalah. Saran/Advis dari kami sih, turutin aja. Dan tidak semua pantai di Yogyakarta terdapat penginapan atau resort. Banggalah kamu bisa datang ke destinasi wisata yang merakyat, murah, masih alami dan semua orang bisa mengunjunginya tanpa harus repot sana sini.

7. Tips Liburan Ke Pantai Ngrumput
: Pakaian Warna Khusus yang Dilarang.

Di beberapa pantai di wilayah Jogja, Ada himbauan informal untuk tidak menggunakan pakaian yang bernuansa hijau pupus. Sampai saat ini kami belum menemukan hubungan antara warna hijau pupus dengan kecelakaan yang sering terjadi. Namun kita ambil sisi baiknya saja. Hormati aturan lokal yang sudah eksis. Lagi pula andaikata jika ada orang yang tenggelam, orang yang memakai baju warna hijau pupus akan susah dicari tim SAR ketimbang yang berpakaian warna kuning atau orange. Sebab warna hijau mirip dengan air laut. Paham ya? Oh iya One more thing, Seluruh pantai di Jogja mem-blacklist orang menggunakan bikini, jika yang makai cowok.

8. Pantai untuk Upacara

Kalo kamu pingin kaya, ya cari kerja yang halal, berusaha secara fair, jangan malah pergi ke pantai lalu minta kekayaan pada Ratu Pantai Selatan. Itu tidak wajar dan tidak diperbolehkan dalam agama. Meski begitu, Kamu bisa menikmati berbagai event ritual di sebagian pantai di wilayah Yogyakarta. Contohnya di Pantai Parangkusumo suka ada acara Labuhan, lalu di Pantai Ngobaran juga ada ritual keagamaan umat Hindu saat hari raya Nyepi. Yang paling keren pastinya adalah ritual pelepasan Tukik menuju lepas Pantai Sedahan. Carilah info dan momen yang tepat untuk melihat perjuangan hidup tukik menuju lepas pantai.

9. Fasilitas Wisata Seru Pantai di Wilayah Yogya.

Piknik ke pantai tak hanya untuk saranghae-an aja, Banyak fasilitas keren yang bisa kamu nikmati. Contohnya :

Snorkeling Pantai Sadranan

Snorkeling Pantai Sadranan

Tips Liburan Ke Pantai Ngrumput

Bermain Surfing di Wediombo. Ig @chukuchu_

parangkusumo

Sanboarding Parangkusumo. Ig @deborahheng99

  • Melayang dengan Paralayang di Pantai Parangendog, disana kamu bisa menerbangkan diri di angkasa sambil melihat view jogja dengan metode yang jelas berbeda.
  • Serasa memiliki Pantai pribadi di Mboyo, Ngetun, Nglangkap, Ngrawah atau Sawahan. Lengkapnya anda bisa lihat disini.

10. Terakhir, Tips Liburan Ke Pantai Ngrumput

Kalau mau piknik ke pantai di Jogja, Persiapkan kelengkapannya mulai dari fisik, mental, anggaran, gadget, powerbank, memory, sunblock, alat pancing, persediaan makanan, pakaian pengganti, dsb. Khusus untuk transportasi, Serahkan pada driver kami saja. Biar kami yang repot menunggu dan menjemput anda, Biar kamu ngga capek akut setelah adventure. Anda cuma santai-santai sambil selfi-selfi, kalau kebeles pipit tinggal colek aja, Kalo ngantuk tinggal tidur aja. Gimana? Ditunggu ya WA|Whatsapp nya. Untuk paket-paket yang sudah tersedia, dapat anda lihat di booking website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *