Trip Wisata Candi Borobudur dari Ponorogo

Trip Wisata Candi Borobudur dari Ponorogo yang Menyenangkan.

Trip Wisata Candi Borobudur dari Ponorogo adalah merupakan perjalanan wisata yang bertujuan mengunjungi bangunan warisan leluhur yang berwujud tempat pemujaan. Biasanya candi tersebut merupakan sarana beribadah kaum hindu atau buddha. Hampir seluruh candi ini beragama Budha dan Hindu. Karena, Pada masa Dinasti Mataram kuno, Agama yang ada pada saat itu hanya ada dua agama tersebut.

Yogyakarta adalah daerah yang kental dengan nuansa budaya. Kota ini, hingga sekarang masih merupakan pusat peradaban Jawa. Berdirinya kerajaan Mataram kuno di abad ke-8 berpengaruh banyak kepada perkembangan budaya Jawa. Budaya itu-lah yang menciptakan bangunan-bangunan ibadah seperti Candi. Pengaruh budaya Hindu dapat dilihat pada situs-situs heritage sejarah yang masih ada terutama pada sebuah candi.

Wisata Candi Borobudur

Ketika Anda mengetik ‘Yogyakarta’ di Google, halaman pertama yang muncul yaitu Candi Borobudur. Karena tempat ini adalah salah satu simbol ikon heritage dunia. Candi Borobudur menjadi candi Budha tertua karena telah dibuat jauh sebelum Kuil Angkor Wat di Kamboja. Bangunan ini dibuat tepatnya pada kurun waktu sekitar tahun 750-800 Masehi. Sejarah mengatakan, Candi Borobudur dibuat pada masa pemerintahan dinasti Syailendra.

Borobudur adalah kuil budha terbesar di dunia dan Prambanan merupakan kuil Hindu. Pengunjung bisa masuk dan mempelajari lebih komprehensif tentang candi ini dari cerita-cerita yang terdapat dari relief yang terlihat di dinding bangunan. Relief itu menceritakan hal-hal yang terjadi pada zaman dahulu.

Trip Wisata Candi Borobudur dari Ponorogo

Ada saat bagus yang harus Anda lihat. dimana itu cuma ada di Candi Borobudur, yaitu pada saat matahari terbit dan tenggelam. Peristiwa menakjubkan ini terjadi dalam dua kali sehari. Itu sebabnya orang asing pergi ke Borobudur tidak cuma sehari saja. Sebagian besar dari mereka berkunjung ke sini saat pagi buta untuk menangkap momen indah itu. Pendapat kami, Momentum sunrise dan sunset di Borobudur adalah sebuah keharusan untuk menikmatinya.

Trip Wisata Candi Borobudur dari Ponorogo : Tour VW Borobudur

Tour VW Borobudur merupakan Perjalanan yang diadakan dengan destinasi di Magelang, Anda akan dibawa muter-muter daerah di sekitar Candi Borobudur dengan menaiki VW Cabriolet. Trip ini akan mengajak anda mengunjungi Candi Borobudur, Warung Kopi Badhek, Rumah Kamera, dan Gereja Ayam Park. Anda tinggal duduk santai berkeliling menaiki VW dengan tutup yang bisa dibuka dan ditutup seenaknya.

Tour VW Borobudur

Mobil ini keren lho, Bagi anda yang muda di tahun 70-80an pasti akan tahu kendaraan yang biasa dipakai bertugas pak camat ini adalah kendaraan yang antik dan klasik. Mobil ini bersistem cabriolet yaitu sebuah sistem buka tutup kap mobil. Menunggangi mobil ini saat udara sejuk pasti akan memberikan kesan yang sangat eksotik, ditambah pemandangan di sekitar perbukitan di area Borobudur, hijau menghampar. Jika anda kepanasan, anda bisa menutupnya dengan mudah.

Trip Wisata Candi Borobudur dari Ponorogo : Candi Prambanan

Dan kemudian, Anda akan menemukan candi lain yang tak kalah bagusnya yaitu Prambanan. Letaknya di antara provinsi Jateng dan DIY. Sebagai komplek candi, Prambanan terlalu indah untuk dilewatkan begitu saja. Saat Wisatawan datang ke sana, Anda akan mendapatkan Candi Prambanan sebagai unit utama dari beberapa bangunan di sekitar candi utama.

Candi ini adalah merupakan World Heritage UNESCO. Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu candi paling indah di Asia. Desainnya berbentuk tinggi dan ramping, matching dengan arsitektur candi hindu pada umumnya, dengan Candi Siwa sebagai bangunan utama yang memiliki ketinggian mencapai 47 meter. Candi utama tersebut paling tinggi di antara gugusan candi lainnya. Karena Kerennya, Candi Prambanan ini mampu membuat minat kunjungan wisata yang cukup besar dari seluruh Indonesia dan Dunia.

Trip Wisata Candi Borobudur dari Ponorogo

Prambanan juga mempunyai relief candi yang menceriterakan kisah Ramayana. Menurut para Arkeolog, relief itu relevan dengan cerita Ramayana yang disampaikan secara lisan turun temurun. Di seberang sungai Opak terdapat kompleks Gedung pertunjukan Trimurti, yang rutin mengadakan Sendratari Ramayana.

Sendratari Ramayana

Panggung pagelaran tersebut pas terletak di seberang candi, di sebelah barat kali dengan background Candi Prambanan, yang kalau malam disoroti cahaya lampu, nampak eksotis. Ada Panggung pertunjukan terbuka yang hanya dipakai jika musim kemarau, apabila saat musim hujan, pementasan dipindahkan di panggung tertutup.

Tari wayang orang Ramayana ini adalah tradisi kerajaan Jawa (Jogja dan Solo). Biasanya pementasan tari hanya ada didalam keraton saja. Namun sekarang pementasan tari bisa juga di luar keraton, salah satunya di Candi Prambanan ini. Gagasan awal dari Sendratari Ramayana berawal dari gagasan GPH Djatikoesoemo yang pernah bekerja sebagai Menteri Pariwisata. Pada tahun 1960an, beliau mendapat inspirasi saat menyaksikan pementasan Royal Ballet of Cambodia yang dihelat di depan Angkor Wat. Saat kembali ke Indonesia, GPH Djatikoesoemo berupaya mementaskan sebuah pertunjukan tari yang ditampilkan di depan Candi Prambanan sebagai cara meningkatkan okupansi wisata ke Indonesia.

Mulanya pertunjukan ini masih memakai istilah Ramayana Ballet, tetapi istilah tersebut diubah menjadi Sendratari Ramayana hingga saat ini. Sendratari Ramayana ini biasanya digelar malam hari pada setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Start jam 19.30–21.30 WIB. Turis bisa memilih untuk menikmati di panggung outdoor atau tertutup.

Candi Ratu Boko

Candi lain yang tak kalah menarik adalah kompleks keraton Ratuboko. Gugusan candi yang agung dulunya adalah istana Ratu Boko dan juga sarana upacara. Candi Ratu Boko atau lebih tepatnya Kraton Ratu Boko telah dijadikan sebagai istana mulai abad ke-8 oleh Rakai Panangkaran, sebelum Candi Borobudur dan Candi Prambanan dibuat. Meski dinamai candi, bangunan tersebut bukanlah tempat peribadatan khusus. seperti halnya Prambanan atau Borobudur. Disini terdapat bangunan berupa gapura, tempat mandi, tempat tinggal, pendopo, ataupun dinding benteng yang biasanya ditemui pada struktur kraton pada umumnya. Sehingga julukan candi menjadi kurang tepat, harusnya adalah Keraton Ratu Boko.

Situs purbakala ini kurang lebih luasnya sekitar 25 hektar dan berada pada ketinggian sekitar 195 meter dari permukaan air laut. Posisi kompleks kraton Ratu Boko yang berada diatas bukit membuat kita bertanya-tanya sekaligus takjub. Bagaimana dulu cara membuatnya, padahal pada saat itu belum terdapat alat berat seperti crane, belum lagi, sistem pengairan untuk kolam pemandiannya.

Trip Wisata Candi Borobudur dari Ponorogo

Foto @monchichu

Di gugusan candi ini terdapat dua buah goa, yang biasa dijuluki Goa Lanang dan Goa Wadon. Disitu terdapat sebuah relief simbolisasi kelamin wanita (simbol Yoni) di atas pintu masuknya. Goa-goa ini sepertinya dulu digunakan sebagai wahana untuk bersemedi. Kompleks candi ini sangatlah luas dengan lingkungan yang sangat hijau dan asri.

Wisata Candi di Jogja Lainnya

Di Jogja terdapat beberapa candi yang merupakan peninggalan kerajaan Mataram kuno. Beberapa yang ternama seperti Candi Sambisari, Candi Ijo, atau ada yang langka terdengar misalnya Candi Abang, Barong, Gebang, Kalasan, Sari, Plaosan, dan Banyunibo.

Candi Sambisari juga keren, candi yang pernah terkubur di bawah tanah ini, memiliki struktur lokasi dan lanskap yang sangat indah. Rumput hijau mengelilingi candi, membuat kekontrasan warna yang sangat bagus untuk digunakan sebagai latar belakang untuk foto-foto.

Sambisari

Foto @rosarioepa

Candi Ijo juga asik, lokasi candi ini merupakan yang tertinggi dibanding candi-candi di Yogyakarta. Ketinggiannya sekitar 390 meter di atas permukaan air laut. Dari sana Anda bisa melihat pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian. Rumput hijau juga terhampar di sekitar kompleks, memberikan nuansa keanggunan candi.

Candi Ijo

Foto @fajarmuzaky

Candi Lainnya di Jogja

Masih banyak candi lain yang dapat Anda datangi ketika berwisata ke Yogyakarta. Dan untungnya bagi Anda, Rata-rata candi tersebut berlokasi di bagian timur kota, tidak terpencar-pencar. Sehingga Wisatawan dapat mendatangi satu candi ke candi lainnya tanpa perlu banyak waktu.

Memang ada beberapa candi yang tidak terkenal dan sedikit pengunjung, Justru di situlah Anda dapat menikmati kunjungan Anda. Contohnya, Anda pergi ke Candi Kalasan, Abang atau Barong, yang berlokasi dekat dengan Candi Ratu Boko. Candi itu mempunyai kunjungan wisatawan yang relatif sedikit dibandingkan candi Borobudur atau Prambanan. Anda bisa slow menikmati kegiatan wisata tanpa harus berjejal-jejalan.

Candi adalah peninggalan masa lalu, ketika Anda mengunjunginya, Anda harus menjaga kelestarian candi dengan tanpa melakukan hal-hal yang dapat merusak candi. Jangan sampai mencoret-coret bangunan atau membuat tulisan-tulisan tak berguna disana.

Manfaat Trip Wisata Candi Borobudur dari Ponorogo

Dengan mengikuti Trip Wisata Candi Borobudur dari Ponorogo, Wisatawan akan diajak untuk menyelami kehidupan masa lampau melalui relief di yang terdapat di bangunan candi. Beberapa candi juga memberikan sinyal tentang filosofi Lingga dan Yoni sebagai hakekat utama kehidupan.

Selain sebagai tempat pemujaan, Komplek candi juga terkadang mempunyai nuansa mistis masa lampau yang bisa anda selami sebagai pengalaman batin yang sarat makna hidup. Jika Anda adalah orang yang menyukai budaya, sejarah, dan filsafat, Anda akan sangat senang mengunjungi situs-situs dengan banyak puzzle kehidupan yang bisa Anda pecahkan melalui simbol-simbol yang terkandung melalui bentuk, tata ruang, dan relief di kompleks candi.

Tour Wisata Candi di Jogja

Bagaimana? Berminat untuk mengunjungi wisata candi di Jogja|Yogyakarta? Kontak kami melalui whatsapp untuk penawaran itinerary wisata yang fleksibel buat anda. Anda juga dapat menjalani wisata budaya yang ditawarkan oleh banyak agent wisata seperti kami. Atau anda bisa pergi ke sana sendirian dengan style backpacker. Untuk berkunjung ke beberapa tempat tersebut, cukup membutuhkan waktu sehari saja. Biaya yang dihabiskan saat trip wisata budaya juga tak akan menguras dompet wisatawan. Kami pastikan itu.

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat dengan mudah menuju ke tujuan wisata budaya tersebut. Namun apabila anda berasal dari kota lain, Anda akan butuh transportasi untuk mencapai ke beberapa candi tersebut. Karena tak ada angkutan umum yang mencapai obyek wisata tersebut kecuali ke Prambanan.

Tidak usah perlu repot, kontak kami saja. Kemanapun tujuan anda, Kami ready mengantarkan mulai penjemputan hingga pengantaran. Kami juga siap menerima kunjungan untuk rombongan baik menggunakan bus atau pun sarana transport ekslusif seperti Hi Ace. Apabila anda tidak mau repot, Kami siap sekalian untuk pengurusan reservasi saat berada di Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *