Aturan Berwisata Ke Pantai Depok

Penting : Aturan Berwisata Ke Pantai Depok

Ini merupakan tips yang ditulis untuk anda agar tidak mengalami problem saat menikmati piknik pantai. Sudah jadi pengetahuan publik, jika pantai di Yogyakarta itu keren abis sehingga bejibun wisatawan datang berkunjung ke sini.

1. Aturan Berwisata Ke Pantai Depok
: Berpasir Putih dan Hitam.

Apabila kamu hendak bermain di pantai yang mempunyai pasir putih, datanglah ke daerah Gunungkidul, Bukan ke wilayah Bantul atau Kulonprogo, Kamu bakalan kecele. Sebaliknya jika kamu pengen bersantai di pantai yang pasirnya gelap, ke Gunungkidul gak akan ketemu. Beda warna pasir adalah akibat evolusi alam selama ribuan tahun, bukan disengaja, Karena bagaimana caranya manusia bisa membikin perbedaan warna pasir di pesisir pantai di Yogyakarta?

2. Aturan Berwisata Ke Pantai Depok
: Semua Pantai di Wilayah Yogyakarta Tidak Aman Buat Berenang.

Jika kamu kerapkali datang ke pantai di daerah pesisir Pantai Utara, mungkin kamu bisa bermain-main hingga tengah laut sampai batas dada. Memang tekstur antara Pantai Utara dan Selatan Jawa berbeda. Pantai Selatan karakternya curam dan berombak ganas, karena lautnya adalah laut lepas, atau disebut Samudera. Sedangkan Pantai Utara, Ombaknya pelan dan karakternya landai. Pantura Jawa termasuk kategori Selat, yaitu Laut yang terbentang antara dua pulau.

Aturan Berwisata Ke Pantai Depok

Berenang di Pantai yang aman. Ig @nindasahriyani


Hampir seluruh gugusan pantai selatan tidak aman untuk bermain, berenang, mandi atau kungkum. Sudah ada tanda dilarang buat berenang. Namun demikian terdapat beberapa pantai yang mempunyai ceruk / teluk kecil yang masuk ke darat, sehingga ombak tidak langsung menghantam ke pesisir pantai dengan keras. Di sebagian pantai di Jogja terdapat area yang bisa untuk bermain air, misalnya di Pantai Sadranan, Pantai Drini, Pantai Glagah, Slili. Di lokasi-lokasi itu kamu bisa berenang, bermain perahu atau malah diving.
Kalau di pantai kamu banyak melihat orang bermain air dipinggiran bahkan nekat hingga ketengah laut, padahal di pintu masuk telah ada tanda dilarang berenang, Biasanya mereka tidak memahami peraturan, asal nyemplung aja. Ini yang membahayakan.

3. Aturan Berwisata Ke Pantai Depok
: Perhatikan Kontur Pantai Selatan Yang Terjal.

Apabila kamu membayangkan wisata ke pantai lalu mau naik kuda di pesisir pantai di wilayah Gunung kidul, tentu itu akan sulit kamu jumpai, berbeda apabila di wilayah Bantul, kamu akan menjumpai fasilitas berkuda, bendi atau ATV. Meski demikian, ada juga pantai di Gunungkidul yang memiliki sarana bermain ATV.
Tidak seluruh pantai di Yogyakarta ‘berbibir’ bukit karang. Namun sering kita temui coral atau karang yang terdapat di pinggiran pantai. Saat air laut surut, akan ada banyak orang bermain sampai ke tengah. Namun jangan lupa, namanya karang itu terjal, itu terjal buat kakimu. Oleh sebab itu kalo mau bermain dihamparan karang, semestinya memakai sandal.

Aturan Berwisata Ke Pantai Depok

Tidak memakai sandal, resiko kena gigit hewan berbahaya. Ig @ratrie_05

4. Aturan Berwisata Ke Pantai Depok
: Hindari Hewan Laut yang Berbahaya

Bermain diatas Coral memang ada keunikan tersendiri, diatas Coral akan kita temukan beraneka-ragam biota laut dari mulai ikan, kepiting, kerang, udang, ular, rumput laut, dll. Yang kamu harus perhatikan ialah hewan-hewan yang berbahaya seperti sea urchin dan ubur-ubur. Jika kamu tergigit nya, hampir pasti akan terasa sakit dan juga sangat gatal. Maka, Kamu musti berhati-hati agar kulitmu yang licin mulus tidak digigit hewan-hewan nakal itu.

5. Gelombang yang Berlawanan (Rip Current)

Sudah pernah dengar tentang Rip Current? Ini soal yang harus kamu pelajari jika bermain di pantai di daerah Jogja atau Pantai sebelah selatan Pulau Jawa secara umum. Gelombang di pantai selatan terkenal ganas dan besar. So, pada saat ombak tersebut menghempas menuju daratan (Turbulence Current), akan mengakibatkan arus balik (Rip Current) di atas dan dibawah permukaan air laut dengan daya tarik yang masif. Disebabkan karena perbedaan kedalaman pesisir yang variatif, Rip Current akan sangat membahayakan saat berada pada ceruk pantai yang dalam. Karena Rip Current akan membawa apa saja yang berada diatasnya dan membawanya ke ketengah laut. Terkadang Rip Current juga berpusar di bawah air jika kontur pantainya ada cekungan. Sebagian orang yang terbawa ombak, disebabkan oleh tarikan Rip Current ini (lihat gambar).

Aturan Berwisata Ke Pantai Depok

Mitigasi Rip Current

Orang yang terseret Rip Current akan ikut ke arah yang sebaliknya berlawanan dengan arus Turbulence (sesuai arah angin). Jika tempat terseretnya korban itu dangkal, maka korban akan terlihat di permukaan air, akan tetapi bila terbawa pada tempat yang dalam, maka korban akan tertarik kebawah permukaan dan terbentur karang. Kebanyakan, karena lama berpusar di dalam permukaan air, menyebabkan korban bisa meninggal, bisa dikarenakan terluka atau karena Hipotermia (Jadi inget Gita Gutawa). Bahkan terkadang, setelah beberapa waktu, badan korban baru dapat ditemukan, Itu disebabkan karena terjepit pada karang atau terbawa pusaran arus di dalam permukaan air. Sangat mengerikan bukan?, Oleh sebab itu hati-hati ya.

6. Jagalah Kealamian Pantai Di Jogja

Tidak seluruh pantai di daerah Yogyakarta dapat dikunjungi langsung ke pesisirnya dengan menggunakan moda transportasi. Ada pantai yang masih alami, dimana kamu musti hiking lebih dulu untuk mencapai di pesisir pantai. Sepintas rasanya bakalan bikin letih duluan, tapi jangan salah, view sekitar pantai yang masih asri dan alami, akan mengalihkan rasa letihmu. Bahkan ada yang harus sewa jeep untuk bisa mencapai ke lokasi wisata atau malah berjalan kaki. Asal tarifnya ojegnya make sense sih, gak masalah. Saran/Advis dari kami sih, turutin aja. Dan nggak semua pantai di Yogyakarta terdapat penginapan atau cottage. Berbahagialah kamu bisa datang ke destinasi wisata yang merakyat, terjangkau, masih natural dan semua wisatawan bisa mengaksesnya tanpa harus ijin sana sini.

7. Aturan Berwisata Ke Pantai Depok
: Pakaian Warna Tertentu yang Dilarang.

Di sebagian pantai di sekitar Jogja, Ada saran informal untuk tidak memakai pakaian yang bernuansa hijau pupus. Sampai kini kami belum mendapatkan hubungan antara warna hijau pupus dengan kecelakaan yang kerap terjadi. Namun kita ambil sisi positifnya saja. Hormati aturan lokal yang sudah eksis. Lagi pula andaikata jika ada orang yang tenggelam, orang yang memakai baju warna hijau pupus lebih susah dicari tim Penyelamat ketimbang yang berpakaian warna putih atau orange. Sebab warna hijau mirip dengan air laut. Mengerti ya? Oh iya One more thing, Semua pantai di Jogja melarang orang menggunakan bikini, apabila yang makai laki-laki.

8. Pantai untuk Upacara

Jika kamu pingin sukses, ya cari pekerjaan yang jelas, bersaing secara kompetitif, jangan malah main ke pantai trus minta kekayaan pada Ratu Kidul. Itu tidak proper dan tidak diperbolehkan menurut agama. Namun begitu, Kamu bisa menikmati berbagai event upacara di sebagian pantai di wilayah Jogja. Misalnya di Pantai Parangkusumo sering ada event Labuhan, lalu di Pantai Ngobaran juga ada ritual keagamaan umat Hindu saat hari raya Nyepi. Yang paling keren tentu saja acara pelepasan Tukik menuju laut lepas Pantai Sedahan. Carilah info dan waktu yang pas untuk melihat perjuangan hidup tukik menuju lepas pantai.

9. Fasilitas Wisata Keren Pantai di Wilayah Yogyakarta.

Piknik ke pantai tak cuma buat saranghae-an aja, Banyak sarana keren yang dapat kamu nikmati. Misalnya :

Snorkeling Pantai Sadranan

Snorkeling Pantai Sadranan

Aturan Berwisata Ke Pantai Depok

Bermain Surfing di Wediombo. Ig @chukuchu_

parangkusumo-

Sandboarding di Parangkusumo. Ig @nina_kurnia_manfaati

  • Terbang dengan Paralayang di Pantai Parangendog, disana kamu bisa menerbangkan diri di cakrawala sembari menikmati view jogja dengan metode yang jelas keren.
  • Serasa memiliki Pantai pribadi di Muncar, Ngeden, Ngondo, Nguyahan atau Sawahan. Lengkapnya anda bisa lihat di youtube.

10. Penutup, Aturan Berwisata Ke Pantai Depok

Kalau hendak wisata ke pantai di Yogyakarta, Rencanakan kelengkapannya mulai dari fisik, mental, duit, handphone, powerbank, memory, pelindung kulit, alat pancing, bekal makanan, baju ganti, dsb. Khusus untuk pengantaran, Berikan pada driver kami saja. Biar kami yang capek mengantar dan memulangkan anda, Biar kamu ngga kelelahan setelah adventure. Kamu tinggal santai-santai sambil selfi-selfi, kalau kebeles pipit tinggal bilang aja, Kalo ngantuk tinggal tidur aja. Gimana? Ditunggu ya WA|Whatsapp nya. Untuk paket-paket yang sudah tersusun, bisa anda lihat di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *