Aturan Liburan Ke Pantai Goa Cemara

Pahami : Aturan Liburan Ke Pantai Goa Cemara

Ini adalah tips yang ditulis untuk wisatawan agar tidak kena masalah saat menjalani piknik pantai. Sudah jadi pengetahuan umum, kalo pantai di Jogja itu keren abis sehingga banyak pelancong datang berkunjung ke sini.

1. Aturan Liburan Ke Pantai Goa Cemara
: Berpasir Putih dan Hitam.

Apabila kamu hendak bermain di pantai yang berpasir putih, datanglah ke wilayah Gunungkidul, Bukan ke daerah Bantul atau Kulonprogo, Kamu akan kecele. Sebaliknya apabila kamu hendak bersantai di pantai yang pasirnya hitam, ke Gunungkidul gak bakalan ketemu. Perbedaan warna pasir merupakan akibat evolusi alam selama ribuan tahun, tidak karena disengaja, Karena gimana caranya manusia bisa membikin perbedaan warna pasir di gugusan pantai di Yogyakarta?

2. Aturan Liburan Ke Pantai Goa Cemara
: Semua Pantai di Wilayah Yogyakarta Tidak Aman Untuk Berenang.

Jika kamu kerapkali datang ke pantai di daerah pesisir Pantai Utara, mungkin dirimu bisa berenang hingga tengah pantai hingga batas dada. Memang tekstur antara Pantai Utara dan Selatan Pulau Jawa berbeda. Pantai Selatan lebih terjal dan bergelombang besar, karena lautnya merupakan laut lepas, atau dinamakan Samudera. Sedangkan Pantura, Ombaknya pelan dan lebih landai. Pantai Utara Jawa termasuk jenis Selat, yaitu Laut yang terbentang antara dua pulau.

Aturan Liburan Ke Pantai Goa Cemara

Larangan berenang dari Pemerintah


Hampir seluruh gugusan pantai selatan tidak bisa buat bermain, berenang, mandi atau slulup. Pasti ada tanda larangan untuk berenang. Namun demikian ada beberapa pantai yang memiliki ceruk / teluk kecil yang menjorok ke darat, sehingga ombak tidak langsung menuju ke bibir pantai dengan ganas. Di sebagian pantai di Jogja terdapat zona yang bisa untuk bermain air, seperti di Pantai Wediombo, Pantai Ngrenehan, Pantai Glagah, Nglambor. Di pantai-pantai tersebut kamu bisa nyemplung, bermain kano atau malah snorkeling.
Kalau di pantai kamu banyak melihat orang bermain air dipinggiran bahkan berani sampai ketengah laut, Sedangkan di koridor masuk sudah terdapat tanda larangan berenang, Itu tandanya mereka tidak membaca peraturan, asal terjun aja. Ini sangat membahayakan.

3. Aturan Liburan Ke Pantai Goa Cemara
: Perhatikan Karakter Pantai Selatan Yang Terjal.

Jika kamu ngebayangin wisata ke pantai lantas berniat naik kuda di pesisir pantai di wilayah Gunung kidul, maka itu akan sulit kamu jumpai, lain halnya apabila di wilayah Bantul, kamu akan menjumpai fasilitas naik kuda, dokar atau ATV. Meski begitu, ada pula pantai di Gunungkidul yang mempunyai fasilitas bermain ATV.
Tidak semua pantai di Yogyakarta ‘berbibir’ perbukitan karst. Namun akan kita temui coral atau karang yang terdapat di pesisir pantai. Saat air surut, akan ada banyak orang bermain-main sampai ke tengah. Namun jangan salah, yang namanya karang itu terjal, itu terjal buat telapakmu. Oleh sebab itu kalo mau bermain dihamparan coral, sebaiknya memakai sandal.

Aturan Liburan Ke Pantai Goa Cemara

Tidak memakai sandal, resiko kena gigit hewan berbahaya. Ig @ratrie_05

4. Aturan Liburan Ke Pantai Goa Cemara
: Hindari Binatang Laut yang Berbahaya

Bermain-main diatas Reef memang ada keunikan tersendiri, diatas Coral akan kita jumpai keanekaragaman hewan laut dari mulai ikan, kepiting, kerang, udang, ular, ganggang laut, dsb. Yang kamu wajib waspadai adalah binatang yang berbahaya seperti sea urchin dan ubur-ubur. Apabila kamu tergigit nya, hampir pasti bakalan terasa sakit dan kadang sangat gatal. Maka, Kamu harus berhati-hati agar skin-mu yang licin mulus tidak digigit hewan-hewan nakal itu.

5. Gelombang yang Berlawanan (Rip Current)

Udah pernah dengar tentang Rip Current? Ini hal yang musti kamu pelajari apabila bermain di pantai di daerah Jogja atau Pantai sebelah selatan Pulau Jawa secara umum. Ombak di pantai selatan terkenal ganas dan deras. Nah, pada saat gelombang tersebut menghempas mencapai pesisir (Turbulence Current), akan mengakibatkan arus balik (Rip Current) di atas dan dibawah permukaan air dengan daya tarik yang besar. Dikarenakan oleh perbedaan kedalaman pantai yang bervariasi, Rip Current akan sangat membahayakan saat berada pada cekungan pesisir yang dalam. Karena Rip Current akan membawa apa saja yang berada diatasnya dan membawanya ke kedalaman. Kadang Rip Current juga berputar-putar di bawah permukaan jika kontur pantainya ada cekungan. Kebanyakan orang yang terbawa ombak, disebabkan oleh tarikan Rip Current tersebut (lihat image).

Aturan Liburan Ke Pantai Goa Cemara

Mitigasi Rip Current

Orang yang terseret Rip Current akan ikut ke arah yang sebaliknya berlawanan dengan arus normal (sesuai arah angin laut). Jika tempat terseretnya korban itu dangkal, maka korban masih terlihat di permukaan air, akan tetapi bila terseret pada lokasi yang dalam, maka korban akan tersedot kebawah permukaan air dan terbentur karang. Umumnya, karena kelamaan berputar-putar di bawah permukaan laut, menyebabkan korban bisa meninggal, bisa disebabkan terluka atau karena Hipotermia (Jadi inget Gita Gutawa). Bahkan kadang-kadang, setelah sekian waktu, badan korban baru dapat ditemukan, Itu disebabkan karena terjepit pada bebatuan atau terbawa pusaran arus di dalam permukaan laut. Sangat mengerikan bukan?, Oleh sebab itu hati-hati ya.

6. Peliharalah Kealamian Pantai Di Jogja

Tidak semua pesisir di wilayah Jogja bisa didatangi langsung ke bibirnya dengan menggunakan moda transportasi. Ada lokasi yang masih natural, dimana kamu harus hiking terlebih dahulu untuk sampai di bibir pantai. Sepintas rasanya bakalan bikin letih duluan, tapi jangan keliru, pemandangan area pantai yang masih asri dan alami, akan menghilangkan rasa capekmu. Bahkan ada yang harus naik jeep untuk bisa mencapai ke destinasi wisata atau malah jalan kaki. Sepanjang harganya ojegnya masuk akal sih, gak masalah. Saran/Advis dari kami sih, turutin aja. Dan nggak semua pantai di Yogyakarta terdapat tempat menginap atau resort. Banggalah kamu bisa datang ke destinasi wisata yang merakyat, terjangkau, masih alami dan semua orang bisa mengaksesnya tanpa harus repot sana sini.

7. Aturan Liburan Ke Pantai Goa Cemara
: Baju Warna Tertentu yang Dilarang.

Di sebagian pantai di sekitar Jogja, Ada saran tak tertulis untuk tidak memakai pakaian yang bernuansa hijau pupus. Sampai saat ini kami belum mendapatkan hubungan antara warna hijau pupus dengan kecelakaan yang sering terjadi. Sebaiknya kita ambil sisi positifnya saja. Hormati kearifan lokal yang sudah eksis. Dan andaikata jika ada orang yang tenggelam, orang yang memakai baju warna hijau pupus lebih sulit dicari tim Penyelamat ketimbang yang berpakaian warna putih atau orange. Sebab warna hijau identik dengan air laut. Mengerti ya? Oh iya One more thing, Seluruh pantai di Jogja mem-blacklist orang menggunakan bikini, jika yang makai cowok.

8. Pantai untuk Ritual

Kalo kamu mau kaya, ya cari pekerjaan yang jelas, bersaing secara kompetitif, jangan lantas pergi ke pantai lalu minta pesugihan pada Ratu Pantai Selatan. Itu tidak proper dan tidak diperbolehkan menurut agama. Namun begitu, Kamu bisa mengikuti beragam acara upacara di sebagian pantai di wilayah Jogja. Contohnya di Pantai Parangkusumo suka ada acara Labuhan, kemudian di Pantai Ngobaran juga ada ritual pemujaan umat Hindu saat hari raya Nyepi. Yang paling keren tentu saja acara perjalanan Tukik menuju lepas Pantai Sedahan. Carilah info dan momen yang pas untuk melihat perjalanan hidup anak penyu menuju lepas pantai.

9. Sarana Wisata Keren Pantai di Wilayah Yogya.

Berwisata ke pantai tidak cuma untuk pacaran aja, Banyak sarana keren yang bisa kamu nikmati. Misalnya :

Snorkeling Pantai Nglambor

Snorkeling Pantai Nglambor

Aturan Liburan Ke Pantai Goa Cemara

Gadis kecil bermain surfing. Ig @wediombosurflesson

parangkusumo

Sanboarding Parangkusumo. Ig @deborahheng99

  • Melayang dengan Paragliding di Pantai Parangendog, dimana kamu bisa melayangkan diri di cakrawala sembari menikmati view jogja dengan cara yang sangat berbeda.
  • Merasakan mempunyai Pantai pribadi di Mboyo, Ngetun, Ngondo, Ngrumput atau Sarangan. Lengkapnya anda bisa lihat disini.

10. Penutup, Aturan Liburan Ke Pantai Goa Cemara

Apabila hendak wisata ke pantai di Yogyakarta, Rencanakan segala sesuatunya mulai dari kesehatan, mental, duit, gadget, powerbank, memory, sunblock, alat pancing, persediaan minuman, baju ganti, dll. Khusus untuk pengantaran, Berikan pada driver kami saja. Biar kami yang capek menunggu dan menjemput anda, Biar kamu ngga capek akut setelah berwisata. Anda tinggal duduk manis sambil selfi-selfi, kalau kebelet pipis tinggal colek aja, Kalo ngantuk tinggal tidur aja. Bagaimana? Ditunggu ya WA|Whatsapp nya. Untuk paket-paket yang sudah tersusun, bisa anda lihat di booking website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *