Aturan Wisata Ke Pantai Ngrenehan

Pahami : Aturan Wisata Ke Pantai Ngrenehan

Ini merupakan tips yang ditulis untuk wisatawan agar tidak mengalami masalah saat menjalani wisata pantai. Sudah jadi rahasia publik, kalo pantai di Jogja itu keren abis sehingga banyak pelancong datang berkunjung ke sini.

1. Aturan Wisata Ke Pantai Ngrenehan
: Berpasir Putih dan Hitam.

Apabila kamu ingin bermain di pantai yang berpasir putih, datanglah ke daerah Gunungkidul, Jangan ke wilayah Bantul atau Wates, Kamu akan kecele. Sebaliknya apabila kamu pengen bermain di pantai yang pasirnya gelap, ke Wonosari gak akan ketemu. Beda warna pasir merupakan akibat evolusi alam selama ribuan tahun, tidak karena disengaja, Karena gimana caranya manusia bisa membuat perbedaan warna pasir di gugusan pantai di Jogja?

2. Aturan Wisata Ke Pantai Ngrenehan
: Hampir Semua Pantai di Wilayah Yogyakarta Tidak Aman Buat Berenang.

Jika kamu sering datang ke pantai di wilayah pesisir Pantura, mungkin dirimu bisa bermain-main hingga tengah pantai hingga batas dada. Memang tekstur antara Pantai Utara dan Selatan Pulau Jawa berbeda. Pantai Selatan lebih curam dan bergelombang besar, sebab lautnya adalah laut lepas, atau disebut Samudera. Sedangkan Pantura, Ombaknya pelan dan karakternya landai. Pantai Utara Jawa termasuk jenis Selat, yaitu Laut yang memisahkan dua pulau.

Aturan Wisata Ke Pantai Ngrenehan

Larangan berenang dari Pemerintah


Hampir seluruh pesisir pantai selatan tidak bisa untuk bermain, berenang, mandi atau kungkum. Pasti ada rambu larangan buat berenang. Namun demikian ada beberapa pantai yang memiliki ceruk / teluk kecil yang menjorok ke darat, sehingga gelombang tidak langsung menghantam ke pesisir pantai dengan keras. Di beberapa pantai di Jogja terdapat zona yang aman untuk bermain air, seperti di Pantai Sadranan, Pantai Ngrenehan, Pantai Glagah, Nglambor. Di lokasi-lokasi itu kamu bisa nyemplung, bermain perahu atau malah diving.
Kalau di pantai kamu menemui orang bermain air dipinggiran bahkan berani sampai ketengah laut, padahal di pintu masuk sudah ada tanda larangan berenang, Biasanya mereka tidak memahami peraturan, asal terjun aja. Ini yang membahayakan.

3. Aturan Wisata Ke Pantai Ngrenehan
: Perhatikan Karakter Pesisir Selatan Yang Terjal.

Apabila kamu ngebayangin piknik ke pantai lantas berniat naik kuda di pesisir pantai di daerah Gunung kidul, tentu itu akan jarang kamu jumpai, berbeda jika di daerah Bantul, kamu akan menjumpai fasilitas berkuda, bendi atau ATV. Meski begitu, ada pula pantai di Gunungkidul yang memiliki sarana bermain ATV.
Tidak semua pantai di Jogja berpesisir perbukitan karst. Namun sering kita dapati reef atau karang yang berada di pesisir pantai. Saat air laut surut, biasanya banyak orang bermain hingga ke tengah. Namun jangan salah, namanya karang itu terjal, itu terjal buat kakimu. Oleh karena itu kalo mau bermain diatas karang, sebaiknya memakai sandal.

Aturan Wisata Ke Pantai Ngrenehan

Pakailah Sendal untuk bermain di atas reef dan menghindari bahaya hewan laut

4. Aturan Wisata Ke Pantai Ngrenehan
: Hindari Hewan Laut yang Beracun

Bermain diatas Coral memang ada keunikan tersendiri, diatas Reef bakalan kita jumpai beraneka-ragam biota laut dari mulai ikan, kepiting, kerang, udang, ular, rumput laut, dll. Yang kamu harus waspadai adalah hewan-hewan yang berbahaya contohnya sea urchin dan ubur-ubur. Apabila kamu kena sengatan nya, dipastikan akan terasa sakit dan kadang sangat gatal. So, Kamu musti berhati-hati agar skin-mu yang halus mulus tidak digigit hewan-hewan nakal itu.

5. Ombak yang Berbahaya (Rip Current)

Sudah pernah dengar tentang Rip Current? Ini soal yang musti kamu pelajari apabila bermain di pantai di wilayah Yogyakarta atau Pantai sebelah selatan Jawa pada umumnya. Gelombang di pantai selatan terkenal ganas dan besar. So, ketika gelombang tersebut menghempas mencapai pesisir (Turbulence Current), akan menyebabkan arus balik (Rip Current) di atas dan dibawah permukaan air dengan daya tarikan yang masif. Dikarenakan oleh perbedaan kedalaman pantai yang variatif, Rip Current menjadi sangat membahayakan saat berada pada cekungan pesisir yang dalam. Karena Rip Current akan menarik apa saja yang ada diatasnya dan membawanya ke ketengah laut. Kadang Rip Current juga berpusar di bawah permukaan jika kontur pantainya memang dalam. Sebagian orang yang terseret ombak, disebabkan oleh tarikan Rip Current ini (lihat gambar).

Aturan Wisata Ke Pantai Ngrenehan

Mitigasi Rip Current

Orang yang terbawa Rip Current akan tertarik ke arah yang sebaliknya berlawanan dengan arus Turbulence (sesuai arah angin). Jika lokasi terseretnya korban itu dangkal, maka korban akan terlihat di permukaan air, akan tetapi jika terseret pada lokasi yang dalam, maka korban akan tertarik kebawah permukaan dan membentur karang. Kebanyakan, karena kelamaan berpusar di bawah permukaan laut, akhirnya korban dapat celaka, bisa disebabkan terluka atau karena Hipotermia (Jadi ingat Gita Gutawa). Bahkan kadang-kadang, setelah beberapa waktu, tubuh korban baru bisa ditemukan, Itu terjadi karena terjepit pada bebatuan atau dibawa pusaran arus di bawah permukaan laut. Sungguh mengerikan bukan?, Oleh sebab itu hati-hati ya.

6. Jagalah Kealamian Pantai Di Yogyakarta

Tidak semua pesisir di daerah Jogja bisa dikunjungi langsung ke bibirnya dengan menggunakan moda transportasi. Ada lokasi yang masih alami, dimana kamu harus trekking lebih dahulu untuk sampai di pesisir pantai. Sepertinya rasanya bakalan capek duluan, tapi jangan salah, pemandangan area pantai yang masih hijau dan alami, akan menghilangkan rasa capekmu. Bahkan ada yang harus sewa jeep untuk bisa mencapai ke lokasi wisata atau malah berjalan kaki. Asal tarifnya ojegnya masuk akal sih, gak apa-apa. Saran/Advis dari kami sih, turutin aja. Dan nggak semua pantai di Jogja mempunyai penginapan atau cottage. Banggalah kamu bisa datang ke tempat wisata yang proletar, terjangkau, masih alami dan semua orang bisa mengaksesnya tanpa harus ijin sana sini.

7. Aturan Wisata Ke Pantai Ngrenehan
: Pakaian Warna Khusus yang Tidak Diperbolehkan.

Di beberapa pantai di wilayah Jogja, Ada himbauan informal untuk tidak menggunakan pakaian yang bernuansa hijau pupus. Sampai saat ini kami belum menemukan hubungan antara warna hijau pupus dengan jatuhnya korban yang sering terjadi. Sebaiknya kita ambil sisi baiknya saja. Hormati aturan lokal yang sudah eksis. Lagi pula seandainya jika sampai kejadian orang yang tenggelam, orang yang memakai baju warna hijau pupus lebih sulit dicari tim SAR dari pada yang berpakaian warna kuning atau orange. Sebab warna hijau mirip dengan air laut. Mengerti ya? Oh iya One more thing, Semua pantai di Jogja melarang orang menggunakan bikini, jika yang makai cowok.

8. Pantai untuk Ritual

Jika kamu mau sukses, ya cari pekerjaan yang jelas, bersaing secara fair, jangan malah pergi ke pantai lalu minta pesugihan pada Ratu Pantai Selatan. Itu tidak proper dan tidak diperbolehkan menurut agama. Meski begitu, Kamu bisa mengikuti berbagai event ritual di sebagian pantai di wilayah Jogja. Misalnya di Pantai Parangkusumo suka ada event Labuhan, kemudian di Pantai Ngobaran juga ada upacara keagamaan umat Hindu saat hari raya Nyepi. Yang paling keren pastinya adalah ritual perjalanan Tukik menuju laut lepas Pantai Sedahan. Carilah info dan waktu yang tepat untuk melihat perjuangan hidup anak penyu menuju laut lepas.

9. Sarana Wisata Seru Pantai di Daerah Yogyakarta.

Piknik ke pantai tak hanya untuk pacaran aja, Banyak fasilitas keren yang dapat kamu nikmati. Contohnya :

Snorkeling Pantai Nglambor

Snorkeling Pantai Nglambor

Aturan Wisata Ke Pantai Ngrenehan

Gadis kecil bermain surfing. Ig @wediombosurflesson

parangkusumo

Sanboarding Parangkusumo. Ig @deborahheng99

  • Terbang dengan Paralayang di Pantai Parangendog, dimana kamu bisa melayangkan diri di angkasa sambil melihat view jogja dengan metode yang jelas berbeda.
  • Serasa mempunyai Pantai pribadi di Nampu, Ngeden, Ngluwen, Ngrawah atau Sanglen. Lengkapnya anda bisa lihat di youtube.

10. Terakhir, Aturan Wisata Ke Pantai Ngrenehan

Apabila mau wisata ke pantai di Yogyakarta, Rencanakan segala sesuatunya mulai dari kesehatan, mental, anggaran, handphone, powerbank, MMC, pelindung kulit, alat pemancingan, bekal makanan, pakaian ganti, dll. Khusus untuk pengantaran, Serahkan pada driver kami saja. Biar kami yang repot mengantar dan menjemput anda, Biar anda ngga kelelahan setelah berwisata. Kamu tinggal santai-santai sambil selfi-selfi, kalau kebeles pipit tinggal bilang aja, Kalo ngantuk tinggal bobok aja. Gimana? Ditunggu ya WA|Whatsapp nya. Untuk penawaran yang sudah tersedia, dapat anda lihat di booking website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *