Tips Berwisata Ke Pantai Jogan

Pahami : Tips Berwisata Ke Pantai Jogan

Ini merupakan tips yang ditujukan untuk wisatawan agar tidak kena problem saat menikmati wisata pantai. Sudah jadi rahasia umum, jika pantai di Yogyakarta itu mantap abis sehingga banyak pelancong datang berwisata ke sini.

1. Tips Berwisata Ke Pantai Jogan
: Berpasir Putih dan Hitam.

Apabila kamu hendak bermain di pantai yang berpasir putih, kunjungilah ke daerah Gunungkidul, Jangan ke daerah Bantul atau Kulonprogo, Kamu bakalan kecele. Sebaliknya apabila kamu hendak bersantai di pantai yang pasirnya hitam, ke Gunungkidul gak akan ketemu. Beda warna pasir adalah akibat evolusi alam selama ribuan tahun, bukan disengaja, Karena bagaimana caranya manusia bisa membikin perbedaan warna pasir di gugusan pantai di Yogyakarta?

2. Tips Berwisata Ke Pantai Jogan
: Hampir Semua Pantai di Daerah Jogja Bahaya Untuk Berenang.

Jika kamu sering datang ke pantai di daerah pesisir Pantura, mungkin kamu bisa berenang ke tengah pantai hingga batas dada. Memang kontur antara Pantai Utara dan Selatan Jawa tidak sama. Pantai Selatan lebih curam dan berombak ganas, sebab lautnya adalah laut lepas, atau dinamakan Samudera. Sedangkan Pantura, Ombaknya pelan dan lebih landai. Pantura Jawa merupakan kategori Selat, yaitu Laut yang memisahkan dua pulau.

Tips Berwisata Ke Pantai Jogan

Larangan berenang dari Pemerintah


Hampir semua gugusan pantai selatan tidak bisa buat bermain, berenang, mandi atau kungkum. Pasti ada tanda larangan untuk berenang. Namun demikian terdapat beberapa pantai yang mempunyai lekukan / teluk kecil yang menjorok ke darat, membuat gelombang tidak langsung menuju ke pesisir pantai dengan ganas. Di sebagian pantai di Yogyakarta terdapat area yang bisa untuk bermain air, misalnya di Pantai Sadranan, Pantai Drini, Pantai Glagah, Nglambor. Di lokasi-lokasi itu kamu bisa berenang, bermain perahu atau malah diving.
Kalau di pantai kamu banyak melihat orang bermain air di pinggir pantai bahkan nekat hingga ketengah laut, Sedangkan di pintu masuk sudah terdapat tanda larangan berenang, Itu tandanya mereka tidak memahami aturan, main terjun aja. Ini sangat berbahaya.

3. Tips Berwisata Ke Pantai Jogan
: Perhatikan Karakter Pantai Selatan Yang Curam.

Jika kamu membayangkan wisata ke pantai lantas mau naik atv di pesisir pantai di daerah Gunung kidul, tentu itu akan sulit kamu jumpai, berbeda apabila di daerah Bantul, kamu bakalan menjumpai fasilitas naik kuda, bendi atau ATV. Meski demikian, ada juga pantai di Gunungkidul yang memiliki fasilitas mainan ATV.
Tidak semua pantai di Jogja ‘berbibir’ perbukitan karang. Namun sering kita temui reef atau karang yang berada di pesisir pantai. Saat air laut surut, akan ada banyak orang bermain-main sampai ke tengah. Tapi jangan salah, yang namanya karang itu terjal, termasuk terjal buat kakimu. Oleh karena itu jika mau bermain dihamparan karang, semestinya memakai sandal.

Tips Berwisata Ke Pantai Jogan

Tidak memakai sandal, resiko kena gigit hewan berbahaya. Ig @ratrie_05

4. Tips Berwisata Ke Pantai Jogan
: Hindari Hewan Laut yang Berbahaya

Bermain-main diatas Reef memang ada keasyikan tersendiri, diatas Coral bakalan kita jumpai keanekaragaman hewan laut dari mulai ikan, kepiting, kerang, udang, ular, rumput laut, dsb. Yang kamu harus waspadai ialah hewan-hewan yang berbahaya contohnya sea urchin dan ubur-ubur. Jika kamu kena sengatan nya, dipastikan bakalan terasa sakit dan juga sangat gatal. Maka, Kamu musti hati-hati agar kulitmu yang halus mulus tidak disengat hewan-hewan berbahaya itu.

5. Ombak yang Berlawanan (Rip Current)

Udah pernah dengar tentang Rip Current? Ini soal yang musti kamu pelajari jika bermain di pantai di daerah Yogyakarta atau Pantai sebelah selatan Pulau Jawa secara umum. Gelombang di pantai selatan terkenal ganas dan besar. So, pada saat ombak tersebut menghempas menuju pesisir (Turbulence Current), akan mengakibatkan arus balik (Rip Current) di atas dan dibawah permukaan air dengan gaya tarik yang masif. Dikarenakan oleh perbedaan kedalaman pantai yang bervariasi, Rip Current akan sangat membahayakan saat berada pada cekungan pantai yang dalam. Sebab Rip Current akan membawa apa saja yang ada diatasnya dan membawanya ke ketengah laut. Terkadang Rip Current juga berputar-putar di bawah permukaan jika karakter pantainya ada cekungan. Kebanyakan orang yang terseret ombak, disebabkan oleh seretan Rip Current ini (lihat gambar).

Tips Berwisata Ke Pantai Jogan

Orang yang terbawa Rip Current akan ikut ke arah yang sebaliknya berlawanan dengan arus normal (sesuai arah angin laut). Jika lokasi terseretnya korban itu landai, maka korban masih terlihat di permukaan air, akan tetapi bila terbawa pada lokasi yang dalam, maka korban akan tertarik kebawah permukaan dan membentur karang. Umumnya, karena lama berpusar di bawah permukaan air, menyebabkan korban bisa celaka, bisa dikarenakan terluka atau karena Kedingingan (Jadi ingat Gita Gutawa). Bahkan terkadang, setelah sekian waktu, tubuh korban baru bisa ditemukan, Itu terjadi karena terjepit pada bebatuan atau terbawa pusaran arus di bawah permukaan air. Sangat mengerikan ya?, Oleh sebab itu hati-hati ya.

6. Peliharalah Kealamian Pantai Di Jogja

Tidak semua pantai di daerah Jogja bisa didatangi langsung ke pesisirnya dengan menggunakan moda transportasi. Ada pantai yang masih alami, dimana kamu musti trekking lebih dulu untuk sampai di bibir pantai. Sepertinya berasa bakalan capek duluan, tapi jangan salah, view sekitar pantai yang masih hijau dan alami, akan menghilangkan rasa letihmu. Bahkan ada yang mesti naik ojek untuk bisa mencapai ke destinasi wisata atau malah berjalan kaki. Asal tarifnya ojegnya make sense sih, gak apa-apa. Saran/Advis dari kami sih, ikutin aja. Dan nggak semua pantai di Yogyakarta mempunyai tempat menginap atau resort. Banggalah kamu bisa datang ke tempat wisata yang merakyat, terjangkau, masih natural dan semua wisatawan bisa mengaksesnya tanpa harus repot sana sini.

7. Tips Berwisata Ke Pantai Jogan
: Pakaian Warna Tertentu yang Tidak Diperbolehkan.

Di sebagian pantai di sekitar Jogja, Ada saran tak tertulis untuk tidak memakai baju yang bernuansa hijau pupus. Sampai saat ini kami belum menemukan korelasi antara warna hijau pupus dengan jatuhnya korban yang sering terjadi. Sebaiknya kita ambil sisi baiknya saja. Hormati aturan lokal yang sudah ada. Lagi pula andaikata jika ada orang yang tenggelam, orang yang memakai baju warna hijau pupus lebih sulit dicari tim Penyelamat dari pada yang berpakaian warna putih atau merah. Karena warna hijau identik dengan air laut. Paham ya? Oh iya One more thing, Semua pantai di Jogja mem-blacklist orang menggunakan bikini, jika yang makai laki-laki.

8. Pantai untuk Upacara

Kalo kamu mau kaya, ya cari pekerjaan yang jelas, berusaha secara fair, jangan lantas main ke pantai lalu minta kekayaan pada Ratu Pantai Selatan. Itu tidak wajar dan tidak diperbolehkan dalam agama. Meski demikian, Kamu bisa mengikuti beragam acara upacara di sebagian pantai di wilayah Yogyakarta. Misalnya di Pantai Parangkusumo sering ada acara Labuhan, lalu di Pantai Ngobaran juga ada ritual pemujaan umat Hindu saat hari raya Nyepi. Yang paling keren pastinya adalah ritual perjalanan Tukik menuju lepas Pantai Sedahan. Carilah info dan momen yang tepat untuk menikmati perjalanan hidup tukik menuju laut lepas.

9. Sarana Wisata Keren Pantai di Daerah Jogja.

Berwisata ke pantai tak cuma buat saranghae-an aja, Banyak sarana keren yang bisa kamu nikmati. Misalnya :

Snorkeling Pantai Sadranan

Snorkeling Pantai Sadranan

Tips Berwisata Ke Pantai Jogan

Bermain Surfing di Wediombo. Ig @chukuchu_

parangkusumo-

Sandboarding di Parangkusumo. Ig @nina_kurnia_manfaati

  • Terbang dengan Paragliding di Pantai Parangendog, dimana kamu bisa melayangkan diri di cakrawala sambil menikmati view jogja dengan metode yang jelas keren.
  • Serasa mempunyai Pantai pribadi di Mboyo, Ngetun, Nglangkap, Ngrumput atau Sarangan. Selengkapnya anda bisa lihat disini.

10. Terakhir, Tips Berwisata Ke Pantai Jogan

Apabila mau wisata ke pantai di Yogyakarta, Persiapkan kelengkapannya mulai dari kesehatan, mental, duit, gadget, powerbank, MMC, sunblock, alat pemancingan, persediaan makanan, baju ganti, dll. Khusus untuk pengantaran, Serahkan pada driver kami saja. Biar kami yang repot mengantar dan menjemput anda, Biar anda ngga kelelahan setelah adventure. Kamu cuma santai-santai sambil selfi-selfi, kalau kebelet pipis tinggal bilang aja, Kalo ngantuk tinggal bobok aja. Bagaimana? Ditunggu ya WA|Whatsapp nya. Untuk penawaran yang sudah tersedia, bisa anda lihat di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *