Tips Wisata Ke Pantai Torohudan

Penting : Tips Wisata Ke Pantai Torohudan

Ini adalah tips yang ditujukan untuk anda agar tidak mengalami masalah ketika menikmati piknik pantai. Sudah jadi pengetahuan publik, jika pantai di Yogyakarta itu keren abis sehingga banyak wisatawan datang berkunjung ke sini.

1. Tips Wisata Ke Pantai Torohudan
: Pasir Putih dan Hitam.

Jika kamu hendak bermain di pantai yang berpasir putih, kunjungilah ke daerah Gunungkidul, Bukan ke daerah Bantul atau Wates, Kamu akan kecele. Sebaliknya jika kamu pengen bersantai di pantai yang pasirnya hitam, ke Gunungkidul gak akan ketemu. Beda warna pasir merupakan hasil evolusi alam yang memakan waktu jutaan tahun, tidak karena disengaja, Karena gimana caranya manusia bisa membuat perbedaan warna pasir di pesisir pantai di Yogyakarta?

2. Tips Wisata Ke Pantai Torohudan
: Hampir Semua Pantai di Daerah Jogja Bahaya Untuk Berenang.

Jika kamu kerapkali datang ke pantai di daerah pesisir Pantura, mungkin kamu bisa bermain-main ke tengah pantai hingga batas dada. Memang tekstur antara Pantai Utara dan Selatan Pulau Jawa berbeda. Pantai Selatan lebih terjal dan bergelombang ganas, karena lautnya adalah laut lepas, atau disebut Samudera. Sedangkan Pantai Utara, Ombaknya pelan dan lebih landai. Pantura Jawa termasuk jenis Selat, yaitu Laut yang memisahkan dua pulau.

Tips Wisata Ke Pantai Torohudan

Larangan berenang dari Pemerintah


Hampir semua gugusan pantai selatan tidak bisa buat bermain, berenang, mandi atau slulup. Sudah ada rambu dilarang buat berenang. Namun demikian ada beberapa pantai yang memiliki ceruk / teluk kecil yang masuk ke darat, sehingga ombak tidak langsung menghantam ke pesisir pantai dengan keras. Di beberapa pantai di Yogyakarta terdapat area yang aman untuk bermain air, seperti di Pantai Wediombo, Pantai Drini, Pantai Glagah, Nglambor. Di pantai-pantai tersebut kamu boleh berenang, bermain perahu atau malah diving.
Kalau di pantai kamu banyak melihat orang bermain air di pinggir pantai bahkan nekat hingga ketengah laut, Sedangkan di koridor masuk sudah ada petunjuk dilarang berenang, Biasanya mereka tidak membaca peraturan, main nyemplung aja. Ini sangat berbahaya.

3. Tips Wisata Ke Pantai Torohudan
: Perhatikan Karakter Pantai Selatan Yang Terjal.

Jika kamu ngebayangin piknik ke pantai lantas mau naik atv di pesisir pantai di wilayah Gunung kidul, maka itu akan sulit kamu temui, lain halnya jika di wilayah Bantul, kamu bakalan menjumpai fasilitas naik kuda, bendi atau ATV. Meski begitu, ada pula pantai di Gunungkidul yang mempunyai fasilitas bermain ATV.
Tidak semua pantai di Jogja ‘berbibir’ perbukitan karst. Namun sering kita temui coral atau karang yang terdapat di pinggiran pantai. Saat air surut, biasanya banyak orang bermain hingga ke tengah. Namun jangan lupa, yang namanya karang itu pasti terjal, termasuk terjal buat telapakmu. Oleh karena itu kalo mau bermain diatas karang, sebaiknya memakai sandal.

Tips Wisata Ke Pantai Torohudan

Pakailah Sendal untuk bermain di atas reef dan menghindari bahaya hewan laut

4. Tips Wisata Ke Pantai Torohudan
: Hindari Binatang Laut yang Berbahaya

Bermain-main dihamparan Coral memang punya keasyikan tersendiri, diatas Reef akan kita temukan beraneka-ragam hewan laut dari mulai ikan, kepiting, kerang, udang, ular, rumput laut, dsb. Yang kamu harus waspadai ialah binatang yang berbahaya seperti sea urchin dan ubur-ubur. Apabila kamu tergigit nya, hampir pasti akan terasa sakit dan kadang sangat gatal. So, Kamu harus hati-hati agar skin-mu yang licin mulus tidak digigit hewan-hewan nakal itu.

5. Gelombang yang Berlawanan (Rip Current)

Sudah pernah dengar tentang Rip Current? Ini hal yang musti kamu pelajari apabila bermain di pantai di wilayah Yogyakarta atau Pantai bagian selatan Pulau Jawa pada umumnya. Gelombang di pantai selatan terkenal ganas dan besar. Nah, ketika ombak tersebut menghempas menuju daratan (Turbulence Current), akan mengakibatkan arus balik (Rip Current) di atas dan dibawah permukaan air dengan gaya tarik yang besar. Dikarenakan karena perbedaan kedalaman pantai yang variatif, Rip Current akan sangat berbahaya saat berada pada ceruk pesisir yang dalam. Sebab Rip Current akan membawa apa saja yang berada diatasnya dan menyeretnya ke kedalaman. Kadang Rip Current juga berputar-putar di bawah permukaan jika karakter pantainya ada cekungan. Kebanyakan orang yang terbawa ombak, disebabkan oleh seretan Rip Current tersebut (lihat image).

Tips Wisata Ke Pantai Torohudan

Mitigasi Rip Current

Orang yang terseret Rip Current akan tertarik ke arah yang sebaliknya berlawanan dengan arus normal (sesuai arah angin laut). Jika lokasi terseretnya korban itu landai, maka korban akan terlihat di permukaan, akan tetapi bila terseret pada lokasi yang dalam, maka korban akan tertarik kebawah permukaan air dan membentur karang. Umumnya, karena kelamaan berputar-putar di dalam permukaan laut, akhirnya korban bisa meninggal, bisa disebabkan luka atau karena Kedingingan (Jadi inget Gita Gutawa). Bahkan kadang-kadang, setelah beberapa waktu, badan korban baru bisa ditemukan, Itu terjadi karena terjepit pada karang atau terbawa pusaran arus di dalam permukaan air. Sangat mengerikan ya?, Oleh sebab itu hati-hati ya.

6. Peliharalah Kealamian Pantai Di Jogja

Tidak seluruh pesisir di daerah Jogja dapat dikunjungi langsung ke pesisirnya dengan menggunakan alat transportasi. Ada lokasi yang masih natural, dimana kamu harus trekking terlebih dulu untuk sampai di pesisir pantai. Sepintas rasanya bakalan capek duluan, tapi jangan keliru, view sekitar pantai yang masih hijau dan alami, akan menghilangkan rasa capekmu. Bahkan ada yang harus naik jeep untuk bisa sampai ke destinasi wisata atau malah jalan kaki. Asal harganya ojegnya masuk akal sih, gak apa-apa. Saran/Advis dari kami sih, ikutin aja. Dan tidak semua pantai di Yogyakarta mempunyai tempat menginap atau resort. Berbahagialah kamu bisa datang ke tempat wisata yang proletar, terjangkau, masih natural dan semua wisatawan bisa mengaksesnya tanpa harus ijin sana sini.

7. Tips Wisata Ke Pantai Torohudan
: Baju Warna Tertentu yang Tidak Diperbolehkan.

Di beberapa pantai di wilayah Jogja, Ada himbauan tak tertulis untuk tidak menggunakan pakaian yang bernuansa hijau pupus. Sampai saat ini kami belum menemukan korelasi antara warna hijau pupus dengan kecelakaan yang sering terjadi. Namun kita ambil sisi baiknya saja. Hormati aturan lokal yang sudah ada. Dan seandainya jika sampai kejadian orang yang tenggelam, orang yang memakai baju warna hijau pupus akan susah dicari tim SAR dari pada yang berpakaian warna putih atau orange. Sebab warna hijau identik dengan air laut. Mengerti ya? Oh iya Satu lagi, Seluruh pantai di Jogja mem-blacklist orang menggunakan bikini, apabila yang makai cowok.

8. Pantai untuk Upacara

Kalo kamu mau sukses, ya cari pekerjaan yang jelas, bersaing secara kompetitif, jangan malah pergi ke pantai trus minta pesugihan pada Ratu Kidul. Itu tidak wajar dan tidak diperbolehkan menurut agama. Meski demikian, Kamu bisa menikmati beragam acara ritual di beberapa pantai di wilayah Yogyakarta. Misalnya di Pantai Parangkusumo sering ada event Labuhan, kemudian di Pantai Ngobaran juga ada ritual pemujaan umat Hindu saat hari raya Nyepi. Yang paling keren pastinya adalah ritual perjalanan Tukik menuju laut lepas Pantai Sedahan. Carilah info dan waktu yang tepat untuk melihat perjalanan hidup anak penyu menuju laut lepas.

9. Fasilitas Wisata Keren Pantai di Wilayah Jogja.

Piknik ke pantai tak hanya buat pacaran aja, Banyak sarana keren yang bisa kamu nikmati. Misalnya :

Snorkeling Pantai Nglambor

Snorkeling Pantai Nglambor

Tips Wisata Ke Pantai Torohudan

Bermain Surfing di Wediombo. Ig @chukuchu_

parangkusumo

Sanboarding Parangkusumo. Ig @deborahheng99

  • Terbang dengan Paragliding di Pantai Parangendog, dimana kamu bisa melayangkan diri di cakrawala sembari melihat lanskap jogja dengan metode yang sangat keren.
  • Serasa memiliki Pantai pribadi di Nampu, Ngandong, Ngluwen, Ngrawah atau Sarangan. Lengkapnya anda bisa lihat di youtube.

10. Penutup, Tips Wisata Ke Pantai Torohudan

Apabila hendak piknik ke pantai di Jogja, Persiapkan kelengkapannya mulai dari kesehatan, mental, duit, gadget, powerbank, memory, pelindung kulit, alat pancing, bekal minuman, baju ganti, dsb. Khusus untuk pengantaran, Berikan pada driver kami saja. Biar kami yang capek menunggu dan memulangkan anda, Biar anda ngga kelelahan setelah adventure. Anda cuma duduk manis sambil selfi-selfi, kalau kebelet pipis tinggal colek aja, Kalo ngantuk tinggal bobok aja. Gimana? Ditunggu ya WA|Whatsapp nya. Untuk penawaran yang sudah tersedia, bisa anda lihat di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *