Paket Wisata Candi Borobudur dari Kebumen

Paket Wisata Candi Borobudur dari Kebumen yang Menyenangkan.

Paket Wisata Candi Borobudur dari Kebumen adalah merupakan perjalanan wisata yang bertujuan mengunjungi bangunan warisan leluhur yang berupa tempat peribadatan. Biasanya candi tersebut merupakan sarana beribadah umat hindu atau buddha. Hampir semua candi ini beragama Budha dan Hindu. Karena, Pada zaman Kerajaan Mataram kuno, Agama yang ada pada waktu itu hanya ada dua agama tersebut.

Yogyakarta adalah daerah yang sarat dengan pengaruh budaya. Kota ini, hingga saat ini masih menjadi pusat peradaban Jawa. Pendirian kerajaan Mataram kuno di abad ke-8 berpengaruh signifikan terhadap perkembangan budaya Jawa. Budaya tersebut-lah yang menciptakan bangunan-bangunan ibadah seperti Candi. Pengaruh budaya Hindu dapat dilihat di situs-situs peninggalan sejarah yang masih ada terutama pada sebuah candi.

Wisata Candi Borobudur

Saat Anda mengetik ‘Yogyakarta’ di Google, halaman pertama yang keluar adalah Candi Borobudur. Karena tempat ini merupakan salah satu simbol ikon warisan dunia. Candi Borobudur menjadi candi Budha tertua karena telah dibuat jauh sebelum Kuil Angkor Wat di Kamboja. Bangunan ini dibuat tepatnya pada zaman sekitar tahun 750-800 Masehi. Sejarah mengatakan, Candi Borobudur dibangun pada zaman pemerintahan dinasti Syailendra.

Borobudur merupakan kuil budha paling besar di dunia dan Prambanan merupakan kuil Hindu. Pengunjung bisa masuk dan mempelajari lebih komprehensif tentang candi ini dari cerita-cerita yang tersirat dari relief yang terpampang di dinding bangunan. Relief itu menceritakan peristiwa yang terjadi pada masa lampau.

Paket Wisata Candi Borobudur dari Kebumen

Foto @wendi.iskandar

Ada saat bagus yang mesti Anda saksikan. dimana itu cuma terjadi di Candi Borobudur, yaitu saat matahari terbit dan terbenam. Momen menakjubkan ini datang dalam dua kali sehari. Itu sebabnya wisatawan asing pergi ke Borobudur tidak hanya sehari saja. Sebagian besar dari mereka berkunjung ke sini saat pagi buta untuk menangkap momen indah itu. Menurut kami, Momentum sunrise dan sunset di Borobudur adalah sebuah keharusan untuk menikmatinya.

Paket Wisata Candi Borobudur dari Kebumen : Tour VW Borobudur

Tour VW Borobudur merupakan Perjalanan yang dirancang dengan destinasi di Magelang, Anda akan diajak keliling daerah di sekitaran Candi Borobudur dengan menunggang VW Cabriolet. Trip ini akan membawa wisatawan mengunjungi Candi Borobudur, Warung Kopi Badhek, Rumah Kamera, dan Gereja Ayam Park. Anda tinggal duduk manis berkeliling menaiki VW dengan kap yang dapat dibuka dan ditutup semaunya.

Tour VW Borobudur

Mobil ini keren lho, Bagi anda yang pernah muda di dekade 70-80an pasti akan tahu mobil yang biasa dipakai bertugas pak camat ini merupakan mobil yang antik nan klasik. Mobil ini bersistem cabriolet yaitu sebuah metode buka tutup kap mobil. Menunggangi mobil ini saat hawa sejuk pasti akan membuat kesan yang sangat eksotis, ditambah pemandangan di sekitaran bukit di daerah Borobudur, hijau terbentang. Jika anda merasa panas, anda bisa menutupnya dengan gampang.

Paket Wisata Candi Borobudur dari Kebumen : Candi Prambanan

Dan kemudian, Anda akan menemukan candi lain yang tidak kalah bagusnya yaitu Prambanan. Letaknya di perbatasan provinsi Jateng dan DIY. Sebagai kompleks candi, Prambanan sangat indah untuk dikesampingkan begitu saja. Saat Anda berkunjung ke sana, Anda akan mendapatkan Candi Prambanan sebagai unit utama dari sekian bangunan di sekitar candi utama.

Candi ini adalah termasuk World Heritage UNESCO. Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Nusantara dan merupakan salah satu candi paling indah di Asia Tenggara. Desainnya berbentuk tinggi dan ramping, sesuai dengan rancangan candi hindu pada umumnya, dengan Candi Siwa sebagai bangunan utama yang mempunyai ketinggian mencapai 47 meter. Candi utama ini paling tinggi di antara komplek candi lainnya. Karena Kerennya, Candi Prambanan ini mampu membuat daya tarik kunjungan wisata yang sangat besar dari seluruh Indonesia dan Dunia.

Paket Wisata Candi Borobudur dari Kebumen

Foto @irwan_arif11

Prambanan juga memiliki relief candi yang menceriterakan kisah Ramayana. Menurut para ahli sejarah, relief itu relevan dengan cerita Ramayana yang disampaikan dengan lisan turun temurun. Di sebelah sungai Opak terdapat kompleks Gedung pertunjukan Trimurti, yang rutin mengadakan Sendratari Ramayana.

Sendratari Ramayana

Panggung pertunjukan tersebut pas terletak di seberang candi, di bagian barat sungai dengan background Candi Prambanan, jika saat malam ditebari cahaya lampu, nampak eksotis. Ada Panggung pementasan terbuka yang cuma digunakan jika musim kemarau, sedangkan saat musim penghujan, pertunjukan dialihkan ke panggung tertutup.

Tari wayang orang Ramayana ini adalah tradisi keraton Jawa (Jogja dan Solo). Biasanya pertunjukan tari cuma ada di keraton saja. Namun saat ini pertunjukan tari dapat juga di luar kraton, salah satunya di Candi Prambanan ini. Ide permulaan dari Sendratari Ramayana berawal dari ide GPH Djatikoesoemo yang pernah bekerja sebagai Menteri Pariwisata. Pada dekade 1960an, beliau mendapat inspirasi saat menyaksikan pertunjukan Royal Ballet of Cambodia yang dihelat di depan Angkor Wat. Saat pulang ke Indonesia, GPH Djatikoesoemo berupaya mementaskan sebuah pagelaran tari yang digelar di depan Candi Prambanan untuk meningkatkan okupansi wisata ke Indonesia.

Awalnya pementasan ini masih memakai istilah Ramayana Ballet, tetapi istilah tersebut diubah menjadi Sendratari Ramayana hingga sekarang. Sendratari Ramayana ini biasanya dihelat malam hari pada setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Mulai jam 19.30–21.30 WIB. Wisatawan bisa memilih untuk menonton di panggung terbuka atau tertutup.

Candi Ratu Boko

Candi lain yang tak kalah bagusnya adalah kompleks keraton Ratuboko. Gugusan candi yang agung dulunya adalah istana Ratu Boko dan juga sarana upacara. Candi Ratu Boko atau lebih tepatnya Kraton Ratu Boko telah dijadikan sebagai istana sejak abad ke-8 oleh Rakai Panangkaran, sebelum Candi Borobudur dan Candi Prambanan dibangun. Meski dinamai candi, situs ini bukanlah tempat pemujaan khusus. seperti layaknya Prambanan atau Borobudur. Disini terdapat bangunan berupa gapura, tempat mandi, tempat hunian, pendopo, maupun dinding benteng yang biasanya dijumpai pada desain kraton secara umum. Sehingga sebutan candi menjadi tidak tepat, harusnya adalah Keraton Ratu Boko.

Situs purbakala ini kurang lebih luasnya sekitar 25 hektar dan berada pada ketinggian sekitar 195 meter dari permukaan air laut. Posisi kompleks kraton Ratu Boko yang berlokasi diatas perbukitan menjadikan kita bertanya-tanya sekaligus takjub. Bagaimana dahulu metode pembuatannya, padahal pada zaman itu belum ada perangkat berat seperti excavator, belum lagi, sistem pengaliran air buat kolam pemandiannya.

Paket Wisata Candi Borobudur dari Kebumen

Foto @monchichu

Di gugusan candi ini terdapat 2 buah gua, yang biasa dijuluki Gua Lanang dan Gua Wadon. Disitu terdapat sebuah relief yang melambangkan kelamin perempuan (simbol Yoni) di atas pintu masuknya. Goa-goa ini mungkin dulu dipakai sebagai wahana untuk bersemedi. Kompleks keraton ini sangatlah luas dengan lingkungan yang masih hijau dan asri.

Wisata Candi di Yogyakarta Lainnya

Di Jogja ada beberapa situs yang merupakan heritage kerajaan Mataram kuno. Beberapa yang ternama seperti Candi Sambisari, Candi Ijo, atau ada yang jarang terdengar misalnya Candi Abang, Barong, Gebang, Kalasan, Sari, Plaosan, dan Banyunibo.

Candi Sambisari juga keren, candi yang pernah terkubur di bawah tanah ini, memiliki struktur lokasi dan lanskap yang sangat indah. Rumput asri mengelilingi candi, membuat kontras warna yang sangat bagus untuk dipakai sebagai background untuk pemotretan.

Candi Sambisari

Foto @ivan.silva.1990

Candi Ijo juga asik, letak candi ini adalah yang tertinggi dibanding candi-candi di Yogyakarta. Ketinggiannya kurang lebih 390 meter di atas permukaan laut. Dari sana Anda bisa menikmati lanskap kota Yogyakarta dari atas bukit. Rumput hijau juga terhampar di sekitar candi, menambah keanggunan candi.

Candi Ijo

Foto @fajarmuzaky

Candi Lainnya di Jogja

Masih banyak candi lain yang dapat Anda kunjungi saat berwisata ke Jogja. Dan asyiknya bagi Wisatawan, sebagian besar candi tersebut berlokasi di sebelah timur kota, tidak terpisah-pisah. Sehingga Wisatawan dapat mendatangi satu candi ke candi lainnya tanpa perlu banyak waktu.

Memang ada sebagian candi yang tidak terkenal dan tidak banyak pengunjung, Namun di situlah Anda bisa menikmati kunjungan Anda. Misalnya, Anda berkunjung ke Candi Kalasan, Abang atau Barong, yang berlokasi dekat dengan Candi Ratu Boko. Candi itu memiliki pengunjung yang relatif sedikit dibandingkan candi Borobudur atau Prambanan. Anda bisa santai menikmati trip wisata tanpa harus berjubel antrian.

Candi adalah heritage masa lalu, ketika Anda mengunjunginya, Anda harus menjaga kelestarian candi dengan tidak melakukan perbuatan yang dapat merusak candi. Jangan sampai mencoret-coret candi atau membuat tulisan-tulisan tak bermutu disana.

Faedah Paket Wisata Candi Borobudur dari Kebumen

Dengan menjalani Paket Wisata Candi Borobudur dari Kebumen, Wisatawan akan dibawa untuk menyelami kehidupan masa lampau melalui relief di yang terdapat di bangunan candi. Beberapa candi juga memberikan sinyal tentang filsafat Lingga dan Yoni sebagai hakekat utama kehidupan.

Selain sebagai tempat pemujaan, Komplek candi juga kadang mempunyai nuansa mistis masa lalu yang bisa anda jelajahi sebagai pengalaman batin yang penuh makna kehidupan. Jika Anda adalah pribadi yang meminati budaya, sejarah, dan filsafat, Anda akan sangat exciting mengunjungi situs-situs dengan penuh puzzle kehidupan yang bisa Anda pecahkan melalui simbol-simbol yang tersirat melalui bentuk, tata letak, dan relief di kompleks candi.

Trip Wisata Candi di Jogja

Bagaimana? Berminat untuk mengunjungi wisata candi di Jogja|Yogyakarta? Hubungi kami di whatsapp untuk penawaran itinerary wisata yang fleksibel buat anda. Anda juga bisa menjalani wisata budaya yang ditawarkan oleh berbagai agen wisata seperti kami. Atau anda bisa pergi ke sana sendirian dengan style backpacker. Untuk berkunjung ke beberapa tempat tersebut, hanya membutuhkan waktu satu hari saja. Biaya yang dikeluarkan saat perjalanan wisata budaya juga tak akan menguras dompet wisatawan. Kami menjamin itu.

Apabila anda membawa kendaraan pribadi, Anda bisa dengan mudah menuju ke destinasi wisata budaya tersebut. Namun apabila anda berasal dari kota lain, Anda akan butuh transportasi untuk mencapai ke beberapa candi tersebut. sebab tidak ada angkutan umum yang mencapai obyek wisata tersebut kecuali ke Prambanan.

Tak usah perlu repot, hubungi kami saja. Kemanapun tujuan anda, Kami siap mengantarkan mulai penjemputan hingga pengantaran. Kami juga siap menerima kunjungan untuk group baik menggunakan bus atau pun sarana transport ekslusif seperti Toyota Hiace. Apabila anda tidak mau repot, Kami siap sekalian untuk pengurusan penginapan saat berada di Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *