Trip Wisata Candi Borobudur dari Mojokerto

Trip Wisata Candi Borobudur dari Mojokerto yang Menyenangkan.

Trip Wisata Candi Borobudur dari Mojokerto ialah merupakan trip wisata yang bertujuan mengunjungi bangunan heritage yang berwujud tempat pemujaan. Biasanya bangunan tersebut merupakan tempat beribadah kaum hindu atau buddha. Hampir semua candi ini beragama Budha dan Hindu. Karena, Pada masa Dinasti Mataram kuno, Agama yang ada pada saat itu cuma ada dua agama tersebut.

Yogyakarta adalah wilayah yang sarat dengan pengaruh budaya. Kota ini, hingga saat ini masih menjadi pusat budaya Jawa. Berdirinya kerajaan Mataram kuno di abad ke-8 berpengaruh signifikan kepada perkembangan budaya Jawa. Budaya itu-lah yang menciptakan tempat-tempat ibadah seperti Candi. Pengaruh budaya Hindu bisa dilihat di situs-situs peninggalan sejarah yang tersisa terutama pada sebuah candi.

Wisata Candi Borobudur

Saat Anda mengetik ‘Yogyakarta’ di Google, halaman pertama yang keluar adalah Candi Borobudur. Karena tempat ini merupakan salah satu lambang ikon warisan dunia. Candi Borobudur menjadi candi Budha tertua sebab telah dirancang jauh sebelum Kuil Angkor Wat di Kamboja. Bangunan ini dirancang tepatnya pada zaman sekitar tahun 750-800 Masehi. Sejarah mengatakan, Candi Borobudur dibuat pada masa pemerintahan keluarga Syailendra.

Borobudur adalah candi budha paling besar di dunia dan Prambanan merupakan kuil Hindu. Pengunjung dapat masuk dan belajar lebih komprehensif tentang candi ini dari cerita-cerita yang terdapat dari relief yang terpampang di dinding candi. Relief itu menceritakan hal-hal yang terjadi pada masa dahulu.

Trip Wisata Candi Borobudur dari Mojokerto

Foto @wendi.iskandar

Ada momentum indah yang harus Anda saksikan. dimana itu hanya terjadi di Candi Borobudur, yaitu saat matahari terbit dan terbenam. Momen menakjubkan ini terjadi dalam dua kali sehari. Itu sebabnya orang asing pergi ke Borobudur bukan cuma sehari saja. Sebagian besar dari mereka datang ke sini saat fajar menyingsing untuk mendapatkan momen indah itu. Pendapat kami, Proses sunrise dan sunset di Borobudur adalah sebuah keharusan untuk menikmatinya.

Trip Wisata Candi Borobudur dari Mojokerto : Tour VW Borobudur

Tour VW Borobudur adalah Perjalanan yang diadakan dengan tujuan wisata di Magelang, Anda akan diajak muter-muter wilayah di sekitar Candi Borobudur dengan menunggang VW Cabriolet. Tour ini akan mengajak anda mengunjungi Candi Borobudur, Warung Kopi Badhek, Rumah Kamera, dan Gereja Ayam Park. Anda tinggal duduk santai berkeliling menaiki VW dengan tutup yang bisa dibuka dan ditutup semaunya.

Tour VW Borobudur

Mobil ini keren lho, Bagi anda yang muda di dekade 70-80an pasti akan paham mobil yang biasa digunakan dinas pak camat ini merupakan kendaraan yang antik dan klasik. Mobil ini bersistem cabriolet yaitu sebuah metode buka tutup kap mobil. Menaiki mobil ini saat udara sejuk pasti akan membuat kesan yang sangat eksotis, apalagi pemandangan di sekitaran bukit di daerah Borobudur, hijau terbentang. Jika anda merasa panas, anda dapat menutupnya dengan gampang.

Trip Wisata Candi Borobudur dari Mojokerto : Candi Prambanan

Dan kemudian, Anda akan mendapatkan candi lain yang tidak kalah eksotisnya yaitu Prambanan. Letaknya di antara provinsi Jateng dan DIY. Sebagai kompleks candi, Prambanan terlalu indah untuk dikesampingkan begitu saja. Ketika Wisatawan datang ke sana, Anda akan mendapatkan Candi Prambanan sebagai bangunan utama dari sekian bangunan di dekat candi utama.

Candi ini adalah termasuk World Heritage UNESCO. Prambanan adalah kuil Hindu terbesar di Nusantara dan merupakan satu dari candi paling indah di Asia. Arsitekturnya berbentuk tinggi dan slim, sesuai dengan rancangan candi hindu pada umumnya, dengan Candi Siwa sebagai bangunan utama yang memiliki ketinggian mencapai 47 meter. Candi utama tersebut paling tinggi di antara komplek candi lainnya. Karena Kerennya, Candi Prambanan ini mampu membuat minat kunjungan wisata yang sangat besar dari seluruh Indonesia dan Dunia.

Trip Wisata Candi Borobudur dari Mojokerto

Prambanan juga memiliki relief candi yang memuat kisah Ramayana. Menurut para Arkeolog, relief itu terkoneksi dengan kisah Ramayana yang disampaikan secara lisan turun temurun. Di sebelah sungai Opak terdapat kompleks Gedung pertunjukan Trimurti, dimana rutin mengadakan Sendratari Ramayana.

Sendratari Ramayana

Panggung pertunjukan tersebut tepat terletak di seberang candi, di sebelah barat kali dengan background Candi Prambanan, yang kalau malam ditebari cahaya lampu, nampak eksotis. Ada Panggung pementasan terbuka yang hanya dipakai jika musim panas, sedangkan saat musim hujan, pertunjukan dipindahkan di panggung tertutup.

Tari wayang orang Ramayana ini adalah tradisi kerajaan Jawa (Yogyakarta dan Solo). Biasanya pertunjukan tari cuma ada di keraton saja. Namun sekarang pementasan tari bisa juga di luar keraton, salah satunya di Candi Prambanan ini. Ide awal dari Sendratari Ramayana bermula dari ide GPH Djatikoesoemo yang pernah menjabat sebagai Menteri Pariwisata. Pada dekade 1960an, beliau ter- inspirasi saat melihat pertunjukan Royal Ballet of Cambodia yang dihelat di depan Angkor Wat. Setelah pulang ke Indonesia, GPH Djatikoesoemo berupaya mementaskan sebuah pertunjukan tari yang digelar di depan Candi Prambanan sebagai cara meningkatkan kunjungan wisata ke Indonesia.

Mulanya pementasan ini masih memakai sebutan Ramayana Ballet, tetapi istilah tersebut diubah menjadi Sendratari Ramayana hingga saat ini. Sendratari Ramayana ini biasanya dihelat malam hari pada setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Mulai jam 19.30–21.30 WIB. Wisatawan bisa memilih untuk menikmati di panggung terbuka atau indoor.

Candi Ratu Boko

Heritage lain yang tak kalah menarik adalah kompleks keraton Ratuboko. Kompleks candi yang agung dulunya merupakan istana Ratu Boko dan juga sarana ritual. Candi Ratu Boko atau lebih tepatnya Kraton Ratu Boko telah dipakai sebagai istana mulai abad ke-8 oleh Rakai Panangkaran, sebelum Candi Borobudur dan Candi Prambanan dibuat. Meski disebut candi, situs ini bukanlah tempat pemujaan khusus. seperti layaknya Prambanan atau Borobudur. Disini terdapat bangunan berbentuk gapura, tempat pemandian, tempat tinggal, pendopo, maupun dinding benteng yang biasanya ditemui pada struktur kraton secara umum. Sehingga sebutan candi menjadi tidak tepat, seharusnya adalah Keraton Ratu Boko.

Situs bersejarah ini kurang lebih luasnya sekitar 25 hektar dan terletak pada ketinggian sekitar 195 meter dari permukaan air laut. Kedudukan kompleks kraton Ratu Boko yang berlokasi diatas perbukitan membuat kita bertanya-tanya sekaligus heran. Bagaimana dulu metode membuatnya, padahal pada zaman itu belum terdapat alat berat seperti excavator, belum lagi, teknik pengairan buat kolam pemandiannya.

Trip Wisata Candi Borobudur dari Mojokerto

Foto @monchichu

Di gugusan candi ini terdapat 2 buah gua, yang biasa dijuluki Gua Lanang dan Goa Wadon. Disitu terlihat sebuah relief simbolisasi kelamin perempuan (simbol Yoni) di atas pintu masuknya. Goa-goa ini mungkin dulu digunakan sebagai wahana untuk bermeditasi. Kompleks keraton ini sangatlah luas dengan lingkungan yang masih hijau dan asri.

Wisata Candi di Jogja Lainnya

Di Yogyakarta terdapat beberapa situs yang merupakan heritage kerajaan Mataram kuno. Beberapa yang ternama seperti Candi Sambisari, Candi Ijo, atau ada yang jarang terdengar misalnya Candi Abang, Barong, Gebang, Kalasan, Sari, Plaosan, dan Banyunibo.

Candi Sambisari juga keren, candi yang pernah terkubur di dalam tanah ini, memiliki kontur lokasi dan lanskap yang sangat memukau. Rumput hijau mengitari bangunan, membuat kekontrasan warna yang sangat bagus untuk dipakai sebagai background untuk pemotretan.

Sambisari

Foto @rosarioepa

Candi Ijo juga bagus, lokasi candi ini adalah yang tertinggi dibanding candi-candi di Yogyakarta. Tingginya kurang lebih 390 meter di atas permukaan laut. Dari sana Anda bisa melihat lanskap kota Jogja dari atas bukit. Rumput hijau juga terhampar di sekitar candi, menambah keanggunan candi.

Candi Ijo

Foto @fajarmuzaky

Candi Lainnya di Jogja

Masih banyak candi lain yang bisa Anda datangi ketika berkunjung ke Jogja. Dan asyiknya bagi Wisatawan, sebagian besar candi tersebut berlokasi di sebelah timur kota, tidak terpencar-pencar. Sehingga Wisatawan bisa mengunjungi satu candi ke candi lainnya tanpa perlu banyak waktu.

Memang ada sebagian candi yang tidak terkenal dan sedikit pengunjung, Namun di situlah Anda dapat menikmati kunjungan Anda. Contohnya, Anda pergi ke Candi Kalasan, Abang atau Barong, yang berlokasi dekat dengan Candi Ratu Boko. Candi itu memiliki kunjungan wisatawan yang relatif sedikit dibandingkan candi Borobudur atau Prambanan. Anda bisa santai menikmati kegiatan wisata tanpa harus berjubel antrian.

Candi adalah heritage masa lampau, ketika Anda mengunjunginya, Anda wajib menjaga kelestarian candi dengan tidak melakukan perbuatan yang bisa merusak candi. Jangan pernah mencoret-coret candi atau membuat tulisan-tulisan tak berguna disana.

Faedah Trip Wisata Candi Borobudur dari Mojokerto

Dengan mengikuti Trip Wisata Candi Borobudur dari Mojokerto, Wisatawan akan diajak untuk menyelami kehidupan masa lalu melalui relief di yang terdapat di bangunan candi. Beberapa candi juga memberikan sinyal tentang filosofi Lingga dan Yoni sebagai hakekat utama kehidupan.

Selain sebagai tempat pemujaan, Komplek candi juga terkadang mempunyai aura mistis masa lampau yang bisa anda jelajahi sebagai pengalaman batiniah yang sarat makna kehidupan. Jika Anda adalah orang yang meminati budaya, sejarah, dan filsafat, Anda akan sangat exciting mengunjungi situs-situs dengan banyak puzzle kehidupan yang dapat Anda rumuskan melalui simbol-simbol yang tersirat dalam bentuk, tata ruang, dan relief di kompleks candi.

Tour Wisata Candi di Jogja

Bagaimana? Berminat untuk menikmati wisata candi di Jogja|Yogyakarta? Kontak kami melalui whatsapp untuk penawaran rancangan wisata yang fleksibel buat anda. Anda juga bisa menjalani wisata budaya yang ditawarkan oleh berbagai agen wisata seperti kami. Atau anda dapat pergi ke sana sendirian dengan gaya backpacker. Untuk berkunjung ke beberapa situs tersebut, hanya membutuhkan waktu sehari saja. Biaya yang dikeluarkan dalam trip wisata budaya juga tidak akan menguras kantong anda. Kami pastikan itu.

Apabila anda membawa mobil pribadi, Anda dapat dengan gampang menuju ke tujuan wisata budaya tersebut. Namun apabila anda berasal dari kota lain, Anda akan butuh kendaraan untuk mencapai ke beberapa candi tersebut. Karena tak ada angkutan umum yang menuju lokasi tersebut kecuali ke Prambanan.

Tak usah perlu repot, hubungi kami saja. Kemanapun tujuan anda, Kami siap mengantar mulai penjemputan hingga selesai. Kami juga siap menerima kunjungan untuk rombongan baik menggunakan bus atau pun sarana transport ekslusif seperti Hi Ace. Jika anda tidak mau repot, Kami siap sekalian untuk pengurusan reservasi saat berkunjung di Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *