Plesiran Borobudur-Prambanan dari Punggelan Banjarnegara

Plesiran Borobudur-Prambanan dari Punggelan Banjarnegara yang Sangat Menyenangkan.

Plesiran Borobudur-Prambanan dari Punggelan Banjarnegara adalah sebuah paket wisata yang bertujuan mengunjungi bangunan heritage yang berwujud tempat pemujaan. Biasanya candi tersebut merupakan tempat beribadah umat buddha atau hindu. Hampir seluruh candi ini beragama Budha dan Hindu. Karena, Pada zaman Dinasti Mataram kuno, Kepercayaan yang eksis pada saat itu hanya ada dua agama tersebut.

Jogja adalah wilayah yang kental dengan pengaruh budaya. Kota ini, sampai sekarang masih merupakan pusat budaya Jawa. Berdirinya kerajaan Mataram kuno di abad ke-8 berpengaruh signifikan kepada perkembangan budaya Jawa. Budaya tersebut-lah yang menciptakan tempat-tempat ibadah seperti Candi. Pengaruh agama Hindu dapat dilihat pada situs-situs peninggalan sejarah yang tersisa terutama pada sebuah candi.

Wisata Candi Borobudur

Saat Anda mengetik ‘Yogyakarta’ di Google, laman pertama yang muncul adalah Candi Borobudur. Karena tempat ini merupakan salah satu lambang ikon warisan dunia. Candi Borobudur menjadi candi Buddha tertua karena telah dibuat jauh sebelum Kuil Angkor Wat di Kamboja. Candi ini dirancang tepatnya pada kurun waktu sekitar tahun 750-800 Masehi. Sejarah mengatakan, Candi Borobudur dibuat pada zaman pemerintahan dinasti Syailendra.

Borobudur merupakan candi budha paling besar di dunia dan Prambanan merupakan candi Hindu. Pengunjung bisa masuk dan mempelajari lebih lanjut tentang candi ini pada kisah-kisah yang tersirat dari relief yang terpampang di dinding bangunan. Relief itu memberitakan hal-hal yang terjadi pada zaman lampau.

Plesiran Borobudur-Prambanan dari Punggelan Banjarnegara

Candi Borobudur

Ada momentum bagus yang mesti Anda saksikan. dimana itu cuma terjadi di Candi Borobudur, yaitu saat matahari terbit dan terbenam. Peristiwa menakjubkan ini datang dalam dua kali sehari. Itu sebabnya orang asing pergi ke Borobudur tidak cuma sehari saja. Sebagian besar dari mereka datang ke sini saat fajar menyingsing untuk menangkap peristiwa indah itu. Pendapat kami, Momentum sunrise dan sunset di Borobudur adalah sebuah keharusan untuk menikmatinya.

Plesiran Borobudur-Prambanan dari Punggelan Banjarnegara : Tour VW Borobudur

Tour VW Borobudur adalah Trip yang dirancang dengan destinasi di Magelang, Anda akan diajak keliling wilayah di sekitaran Candi Borobudur dengan menaiki VW Cabriolet. Trip ini akan mengajak anda mengunjungi Candi Borobudur, Warung Kopi Badhek, Candi Pawon, Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam Park. Anda tinggal duduk santai berkeliling menggunakan VW dengan kap yang bisa dibuka dan ditutup seenaknya.

Tour VW Borobudur

Mobil ini keren lho, Untuk anda yang pernah muda di tahun 70-80an pasti akan paham kendaraan yang biasa dipakai bertugas pak camat ini merupakan kendaraan yang retro nan klasik. Mobil ini berkarakter cabriolet yaitu sebuah metode buka tutup tutup mobil. Menaiki mobil ini saat udara sejuk tentu akan memberikan kesan yang sangat eksotis, ditambah pemandangan di sekitar perbukitan di area Borobudur, hijau menghampar. Jika anda merasa panas, anda dapat menutupnya dengan gampang.

Plesiran Borobudur-Prambanan dari Punggelan Banjarnegara : Candi Prambanan

Dan berikutnya, Anda akan mendapatkan candi lain yang tidak kalah bagusnya yaitu Prambanan. Terletak di antara provinsi Jateng dan DIY. Sebagai komplek candi, Prambanan sangat indah untuk dilewatkan begitu saja. Saat Anda datang ke sana, Anda akan melihat Candi Prambanan sebagai bangunan utama dari beberapa bangunan di sekitar candi utama.

Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO. Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia dan merupakan satu dari candi paling indah di Asia. Desainnya berbentuk tinggi dan ramping, matching dengan rancangan candi hindu pada umumnya, dengan Candi Siwa sebagai candi utama yang mempunyai ketinggian mencapai 47 meter. Candi utama tersebut paling tinggi di antara gugusan candi lainnya. Karena Kerennya, Candi Prambanan ini mampu membuat daya tarik kunjungan wisata yang sangat besar dari seluruh Indonesia dan Dunia.

Plesiran Borobudur-Prambanan dari Punggelan Banjarnegara

Foto @atika_muth

Prambanan juga memiliki relief candi yang menceriterakan kisah Ramayana. Menurut para Arkeolog, relief itu terkoneksi dengan cerita Ramayana yang disampaikan dengan lisan turun temurun. Di sebelah kali Opak terdapat kompleks Gedung pertunjukan Trimurti, dimana rutin menggelar Sendratari Ramayana.

Sendratari Ramayana

Panggung pertunjukan tersebut pas terletak di seberang candi, di bagian barat kali dengan latar belakang Candi Prambanan, jika saat malam disoroti cahaya lampu, sangat eksotis. Ada Panggung pementasan terbuka yang hanya dipakai pada musim panas, sedangkan saat musim hujan, pertunjukan dialihkan di panggung tertutup.

Sendratari Ramayana ini adalah tradisi kerajaan Jawa (Yogyakarta dan Solo). Biasanya pementasan tari hanya ada didalam keraton saja. Namun saat ini pementasan tari dapat juga di luar kraton, salah satunya di Candi Prambanan ini. Ide permulaan dari Sendratari Ramayana berawal dari ide GPH Djatikoesoemo yang dulu bekerja sebagai Menteri Kepariwisataan. Pada tahun 1960an, beliau ter- inspirasi saat melihat pementasan Royal Ballet of Cambodia yang dihelat di depan Angkor Wat. Saat kembali ke Indonesia, GPH Djatikoesoemo berniat mementaskan sebuah pagelaran tari yang ditampilkan di depan Candi Prambanan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Indonesia.

Awalnya pementasan ini masih menggunakan sebutan Ramayana Ballet, namun istilah tersebut diubah menjadi Sendratari Ramayana hingga saat ini. Pentas Tari Ramayana ini biasanya dihelat malam hari pada setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Mulai jam 19.30–21.30 WIB. Turis bisa memilih untuk menikmati di panggung outdoor atau tertutup.

Candi Ratu Boko

Candi lain yang tak kalah menarik adalah kompleks candi Ratuboko. Gugusan candi yang agung dulunya adalah istana Ratu Boko dan juga sarana ritual. Candi Ratu Boko atau lebih pas-nya Kraton Ratu Boko telah dipakai sebagai istana mulai abad ke-8 oleh Rakai Panangkaran, sebelum Candi Borobudur dan Candi Prambanan dibangun. Meski disebut candi, bangunan ini bukanlah tempat pemujaan khusus. seperti layaknya Prambanan atau Borobudur. Disini terdapat bangunan berupa gapura, tempat mandi, tempat tinggal, pendopo, ataupun dinding benteng yang biasanya dijumpai pada desain kraton pada umumnya. Sehingga julukan candi menjadi kurang tepat, harusnya adalah Keraton Ratu Boko.

Situs purbakala ini kira-kira luasnya sekitar 25 hektar dan terletak pada ketinggian sekitar 195 meter dari permukaan air laut. Posisi kompleks kraton Ratu Boko yang berlokasi diatas perbukitan membuat kita bertanya-tanya sekaligus heran. Bagaimana dulu metode membuatnya, sedangkan pada saat itu belum terdapat perangkat berat seperti crane, belum lagi, teknik pengairan untuk kolam pemandiannya.

Plesiran Borobudur-Prambanan dari Punggelan Banjarnegara

Foto @monchichu

Di gugusan candi ini terdapat 2 buah goa, yang biasa dijuluki Gua Lanang dan Gua Wadon. Disitu terlihat sebuah relief yang melambangkan kelamin wanita (simbol Yoni) di atas koridor masuknya. Goa-goa ini sepertinya dulu digunakan sebagai wahana untuk bersemedi. Kompleks keraton ini sangat luas dengan area yang masih hijau dan asri.

Wisata Candi di Yogyakarta Lainnya

Di Jogja ada beberapa candi yang merupakan heritage kerajaan Mataram kuno. Beberapa yang terkenal seperti Candi Sambisari, Candi Ijo, atau ada yang jarang terdengar seperti Candi Abang, Barong, Kalasan, Plaosan, dan Banyunibo.

Candi Sambisari juga indah, candi yang pernah dikubur di dalam tanah ini, memiliki struktur lokasi dan lanskap yang sangat indah. Rumput asri mengitari bangunan, menciptakan kekontrasan warna yang sangat bagus untuk digunakan sebagai latar belakang untuk foto-foto.

Sambisari

Foto @rosarioepa

Candi Ijo juga keren, lokasi candi ini adalah yang tertinggi dibanding candi-candi di Jogja. Ketinggiannya sekitar 390 meter di atas permukaan laut. Dari sana Anda dapat menikmati pemandangan kota Jogja dari ketinggian. Rumput hijau juga terbentang di plataran candi, menambah keanggunan candi.

Candi Ijo

Foto @fajarmuzaky

Candi Lainnya di Jogja

Masih banyak candi lain yang dapat Anda kunjungi ketika berkunjung ke Jogja. Dan untungnya bagi Wisatawan, Rata-rata candi tersebut berlokasi di sebelah timur kota, tidak terpencar-pencar. Sehingga Wisatawan dapat mendatangi satu candi ke candi lainnya tanpa butuh banyak waktu.

Memang ada sebagian candi yang tidak terkenal dan sedikit pengunjung, Justru di situlah Anda dapat menikmati kunjungan Anda. Contohnya, Anda berkunjung ke Candi Kalasan, Abang atau Barong, yang berlokasi dekat dengan Candi Ratu Boko. Candi itu mempunyai kunjungan wisatawan yang relatif sedikit dibandingkan candi Borobudur atau Prambanan. Anda bisa santai menikmati kegiatan wisata tanpa harus berjubel antrian.

Candi adalah heritage masa lalu, saat Anda mengunjunginya, Anda wajib menjaga kelestarian candi dengan tanpa melakukan hal-hal yang bisa merusak candi. Jangan pernah mencoret-coret bangunan atau membuat tulisan-tulisan tak berguna disana.

Manfaat Plesiran Borobudur-Prambanan dari Punggelan Banjarnegara

Dengan menjalani Plesiran Borobudur-Prambanan dari Punggelan Banjarnegara, Wisatawan akan dibawa untuk menyelami kehidupan masa lalu melalui relief di yang terpampang di bangunan candi. Beberapa candi juga menggambarkan petunjuk tentang filsafat Lingga dan Yoni sebagai hakekat utama kehidupan.

Selain sebagai tempat pemujaan, Komplek candi juga kadang terdapat nuansa mistis masa lampau yang dapat anda selami sebagai pengalaman batiniah yang sarat makna hidup. Jika Anda adalah pribadi yang menyukai budaya, sejarah, dan filsafat, Anda akan sangat senang mengunjungi situs-situs dengan penuh puzzle kehidupan yang bisa Anda rumuskan melalui simbol-simbol yang tersirat dalam bentuk, tata ruang, dan relief di kompleks candi.

Trip Wisata Candi di Jogja

Bagaimana? Berminat untuk menikmati wisata candi di Yogyakarta? Hubungi kami di whatsapp untuk deal itinerary wisata yang fleksibel buat anda. Anda juga bisa menikmati wisata budaya yang ditawarkan oleh berbagai agent wisata seperti kami. Atau anda dapat pergi ke sana sendirian menggunakan gaya backpacker. Untuk pergi ke beberapa tempat tersebut, hanya membutuhkan waktu satu hari saja. Biaya yang dihabiskan saat perjalanan wisata budaya juga tak akan menguras kantong anda. Kami menjamin itu.

Jika anda membawa mobil pribadi, Anda bisa dengan mudah menuju ke destinasi wisata budaya tersebut. Namun apabila anda berasal dari luar kota, Anda akan butuh transportasi untuk mencapai ke beberapa candi tersebut. sebab tidak ada transportasi umum yang mencapai obyek wisata tersebut kecuali ke Prambanan.

Tak usah perlu repot, hubungi kami saja. Kemanapun tujuan anda, Kami ready mengantarkan mulai penjemputan hingga pengantaran. Kami juga siap mengatur kunjungan untuk group baik menggunakan bus atau pun sarana transport ekslusif seperti Hi Ace. Apabila anda tidak mau ribet, Kami siap sekaligus untuk pengurusan penginapan saat berada di Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *