Piknik-ke Candi Borobudur dari Tambak Banyumas

Piknik-ke Candi Borobudur dari Tambak Banyumas yang Sangat Menyenangkan.

Piknik-ke Candi Borobudur dari Tambak Banyumas adalah sebuah trip wisata yang bertujuan mengunjungi bangunan heritage yang berwujud tempat pemujaan. Biasanya candi tersebut merupakan tempat beribadah umat buddha atau hindu. Hampir semua candi ini beragama Budha dan Hindu. Sebabnya, Pada masa Dinasti Mataram kuno, Agama yang eksis pada waktu itu cuma ada 2 agama tersebut.

Yogyakarta adalah wilayah yang sarat dengan pengaruh budaya. Kota ini, sampai saat ini masih menjadi pusat budaya Jawa. Berdirinya kerajaan Mataram kuno di abad ke-8 berpengaruh signifikan terhadap perkembangan budaya Jawa. Budaya tersebut-lah yang menciptakan bangunan-bangunan beribadah seperti Candi. Pengaruh agama Hindu bisa terlihat di situs-situs peninggalan sejarah yang tersisa terutama pada sebuah candi.

Wisata Candi Borobudur

Ketika Anda mengetik ‘Yogyakarta’ di Google, laman pertama yang muncul adalah Candi Borobudur. Karena tempat ini merupakan salah satu simbol ikon heritage dunia. Candi Borobudur menjadi candi Buddha tertua sebab telah dibuat jauh sebelum Kuil Angkor Wat di Kamboja. Bangunan ini dirancang tepatnya pada kurun waktu sekitar tahun 750-800 Masehi. Sejarah menyampaikan, Candi Borobudur dibuat pada masa pemerintahan dinasti Syailendra.

Borobudur merupakan candi budha terbesar di dunia dan Prambanan adalah kuil Hindu. Wisatawan dapat masuk dan mempelajari lebih lanjut tentang candi ini pada cerita-cerita yang terdapat dari relief yang terpampang di dinding bangunan. Relief itu menceritakan peristiwa yang terjadi pada masa dahulu.

Piknik-ke Candi Borobudur dari Tambak Banyumas

Candi Borobudur

Ada momentum bagus yang harus Anda saksikan. dimana itu cuma terjadi di Candi Borobudur, yaitu pada saat matahari terbit dan terbenam. Momen menakjubkan ini datang dalam dua kali sehari. Itu sebabnya wisatawan asing pergi ke Borobudur bukan hanya sehari saja. Sebagian besar dari mereka berkunjung ke sini saat pagi buta untuk mendapatkan momen indah itu. Menurut kami, Momentum sunrise dan sunset di Borobudur merupakan sebuah keharusan untuk menikmatinya.

Piknik-ke Candi Borobudur dari Tambak Banyumas : Tour VW Borobudur

Tour VW Borobudur adalah Perjalanan yang dirancang dengan tujuan wisata di Magelang, Anda akan diajak muter-muter daerah di sekitaran Candi Borobudur dengan menunggang VW Cabriolet. Tour ini akan membawa wisatawan mengunjungi Candi Borobudur, Warung Kopi Badhek, Rumah Kamera, Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam Park. Anda tinggal duduk manis berkeliling menggunakan VW dengan kap yang dapat dibuka dan ditutup seenaknya.

tour vw borobudur

Mobil ini asik lho, Untuk anda yang muda di dekade 70-80an pasti akan paham mobil yang biasa digunakan dinas pak camat ini merupakan kendaraan yang antik dan klasik. Mobil ini bersistem cabriolet yaitu sebuah sistem buka tutup tutup mobil. Menunggangi mobil ini saat udara sejuk tentu akan memberikan kesan yang sangat eksotik, ditambah pemandangan di sekitaran bukit di daerah Borobudur, hijau menghampar. Jika anda kepanasan, anda dapat menutupnya dengan gampang.

Piknik-ke Candi Borobudur dari Tambak Banyumas : Candi Prambanan

Dan kemudian, Anda akan menemukan candi lain yang tidak kalah eksotisnya yaitu Prambanan. Terletak di perbatasan provinsi Jateng dan DIY. Sebagai komplek candi, Prambanan terlalu indah untuk dilewatkan begitu saja. Saat Anda datang ke sana, Anda akan mendapatkan Candi Prambanan sebagai bangunan utama dari beberapa bangunan di sekitar candi utama.

Candi ini adalah merupakan World Heritage UNESCO. Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitekturnya berbentuk tinggi dan ramping, sesuai dengan rancangan candi hindu pada umumnya, dengan Candi Siwa sebagai candi utama yang mempunyai ketinggian hingga 47 meter. Candi utama ini paling tinggi di antara gugusan candi lainnya. Karena Kerennya, Candi Prambanan ini mampu membuat daya tarik kunjungan wisata yang sangat besar baik lokal dan internasional.

Piknik-ke Candi Borobudur dari Tambak Banyumas

Foto @irwan_arif11

Prambanan juga mempunyai relief candi yang menceriterakan kisah Ramayana. Menurut para Arkeolog, relief itu relevan dengan cerita Ramayana yang diceriterakan dengan lisan turun temurun. Di sebelah kali Opak ada kompleks Gedung pagelaran Trimurti, dimana rutin mengadakan Sendratari Ramayana.

Sendratari Ramayana

Panggung pagelaran tersebut tepat terletak di seberang candi, di sebelah barat kali dengan latar belakang Candi Prambanan, jika saat malam disoroti cahaya lampu, nampak eksotis. Ada Panggung pementasan terbuka yang cuma digunakan pada musim kemarau, sedangkan saat musim penghujan, pementasan dialihkan ke panggung tertutup.

Sendratari Ramayana ini adalah tradisi keraton Jawa (Jogja dan Solo). Biasanya pertunjukan tari cuma ada didalam keraton saja. Tetapi sekarang pementasan tari bisa juga di luar kraton, salah satunya di Candi Prambanan ini. Gagasan awal dari Sendratari Ramayana bermula dari ide GPH Djatikoesoemo yang dulu menjabat sebagai Menteri Pariwisata. Pada dekade 1960an, beliau ter- inspirasi saat menyaksikan pertunjukan Royal Ballet of Cambodia yang dipentaskan di depan Angkor Wat. Saat kembali ke Indonesia, GPH Djatikoesoemo berupaya mementaskan sebuah pagelaran tari yang ditampilkan di depan Candi Prambanan sebagai cara meningkatkan kunjungan wisata ke Indonesia.

Mulanya pementasan ini masih menggunakan istilah Ramayana Ballet, namun istilah tersebut diubah menjadi Sendratari Ramayana sampai sekarang. Sendratari Ramayana ini biasanya digelar malam hari di setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Mulai jam 19.30–21.30 WIB. Wisatawan bisa memilih untuk menikmati di panggung outdoor atau indoor.

Candi Ratu Boko

Candi lain yang tak kalah bagusnya adalah kompleks candi Ratuboko. Kompleks candi yang agung dulunya adalah istana Ratu Boko dan juga sarana upacara. Candi Ratu Boko atau lebih tepatnya Kraton Ratu Boko telah dipakai sebagai istana sejak abad ke-8 oleh Rakai Panangkaran, sebelum Candi Borobudur dan Candi Prambanan dibuat. Meski dinamai candi, bangunan tersebut bukanlah tempat pemujaan khusus. seperti layaknya Prambanan atau Borobudur. Disini terdapat bangunan berupa gapura, tempat pemandian, tempat tinggal, pendopo, maupun dinding benteng yang biasanya ditemui pada desain kraton pada umumnya. Sehingga sebutan candi menjadi tidak tepat, harusnya adalah Keraton Ratu Boko.

Situs bersejarah ini kira-kira luasnya sekitar 25 hektar dan terletak pada ketinggian sekitar 195 meter dari permukaan air laut. Posisi kompleks kraton Ratu Boko yang berlokasi diatas perbukitan membuat kita bertanya-tanya sekaligus takjub. Bagaimana dulu cara pembuatannya, sedangkan pada zaman itu belum ada alat berat seperti crane, belum lagi, sistem pengaliran air buat kolam pemandiannya.

Piknik-ke Candi Borobudur dari Tambak Banyumas

Foto @monchichu

Di gugusan candi ini terdapat dua buah goa, yang biasa dijuluki Goa Lanang dan Goa Wadon. Disitu terlihat sebuah relief simbolisasi kelamin perempuan (simbol Yoni) di atas pintu masuknya. Goa-goa ini mungkin dulu dipakai sebagai tempat untuk bermeditasi. Kompleks keraton ini sangatlah luas dengan area yang masih hijau dan asri.

Wisata Candi di Yogyakarta Lainnya

Di Yogyakarta ada beberapa situs yang merupakan heritage kerajaan Mataram kuno. Beberapa yang ternama seperti Candi Sambisari, Candi Ijo, atau ada yang langka terdengar seperti Candi Abang, Gebang, Sari, Plaosan, dan Banyunibo.

Candi Sambisari juga indah, candi yang pernah dikubur di bawah tanah ini, memiliki kontur lokasi dan pemandangan yang sangat memukau. Rumput asri mengitari candi, membuat kontras warna yang sangat bagus untuk digunakan sebagai latar belakang untuk foto-foto.

Candi Sambisari

Foto @ivan.silva.1990

Candi Ijo juga keren, letak candi ini adalah yang tertinggi di antara candi-candi di Yogyakarta. Tingginya sekitar 390 meter di atas permukaan air laut. Di sana Anda bisa melihat pemandangan kota Jogja dari atas bukit. Rumput hijau juga terbentang di plataran candi, menambah keanggunan candi.

Candi Ijo

Foto @fajarmuzaky

Candi Lainnya di Jogja

Masih banyak candi lain yang bisa Anda kunjungi ketika berwisata ke Yogyakarta. Dan untungnya bagi Anda, sebagian besar candi tersebut berlokasi di sebelah timur kota, tidak terpisah-pisah. Sehingga Anda bisa mengunjungi satu candi ke candi lainnya tanpa menghabiskan banyak waktu.

Memang ada sebagian candi yang tidak terkenal dan sedikit pengunjung, Namun di situlah Anda bisa menikmati kunjungan Anda. Contohnya, Anda berkunjung ke Candi Kalasan, Abang atau Barong, yang berlokasi dekat dengan Candi Ratu Boko. Candi itu mempunyai pengunjung yang relatif sedikit dibandingkan candi Borobudur atau Prambanan. Anda bisa slow menikmati kegiatan wisata tanpa harus berjubel antrian.

Candi adalah peninggalan masa lampau, ketika Anda mengunjunginya, Anda wajib menjaga kelestarian candi dengan tidak melakukan perbuatan yang bisa merusak candi. Jangan pernah mencoret-coret candi atau membuat tulisan-tulisan tak berguna disana.

Manfaat Piknik-ke Candi Borobudur dari Tambak Banyumas

Dengan menjalani Piknik-ke Candi Borobudur dari Tambak Banyumas, Wisatawan akan dibawa untuk menjelajahi kehidupan masa lalu melalui relief di yang terdapat di bangunan candi. Beberapa candi juga menggambarkan petunjuk tentang filsafat Lingga dan Yoni sebagai hakekat utama kehidupan.

Selain sebagai wahana peribadatan, Komplek candi juga kadang mempunyai aura mistis masa lalu yang dapat anda selami sebagai pengalaman batin yang penuh makna kehidupan. Jika Anda adalah orang yang meminati budaya, sejarah, dan filsafat, Anda akan sangat senang mengunjungi situs-situs dengan banyak puzzle kehidupan yang bisa Anda rumuskan melalui simbol-simbol yang tersirat dalam bentuk, tata letak, dan relief di kompleks candi.

Trip Wisata Candi di Jogja

Bagaimana? Tertarik untuk menikmati wisata candi di Yogyakarta? Hubungi kami melalui whatsapp untuk penawaran itinerary wisata yang fleksibel buat anda. Anda juga bisa menikmati wisata budaya yang ditawarkan oleh berbagai agent wisata seperti kami. Atau anda bisa pergi ke sana sendirian menggunakan gaya backpacker. Untuk berkunjung ke beberapa situs tersebut, cukup membutuhkan waktu satu hari saja. Biaya yang dihabiskan dalam perjalanan wisata budaya juga tak akan menguras kantong wisatawan. Kami pastikan itu.

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa dengan mudah pergi ke tujuan wisata budaya tersebut. Namun apabila anda berasal dari luar kota, Anda akan butuh kendaraan untuk sampai ke beberapa candi tersebut. sebab tidak ada transportasi umum yang menuju obyek wisata tersebut kecuali ke Prambanan.

Tak usah perlu repot, hubungi kami saja. Kemanapun tujuan anda, Kami siap mengantar mulai penjemputan hingga pengantaran. Kami juga siap menerima kunjungan untuk group baik menggunakan bus atau pun sarana transport ekslusif seperti Toyota Hiace. Jika anda tidak mau ribet, Kami siap sekaligus untuk pengurusan penginapan saat berkunjung di Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *