Tour Borobudur-Prambanan dari Karangsalam Susukan

Tour Borobudur-Prambanan dari Karangsalam Susukan yang Sangat Menyenangkan.

Tour Borobudur-Prambanan dari Karangsalam Susukan ialah sebuah trip wisata yang bertujuan mengunjungi bangunan heritage yang berupa tempat peribadatan. Biasanya candi tersebut merupakan tempat beribadah kaum buddha atau hindu. Hampir semua candi ini bernuansa Budha dan Hindu. Sebabnya, Pada masa Dinasti Mataram kuno, Agama yang eksis pada waktu itu hanya ada dua agama tersebut.

Jogja adalah wilayah yang sarat dengan pengaruh budaya. Kota ini, hingga saat ini masih merupakan pusat peradaban Jawa. Pendirian kerajaan Mataram kuno di abad ke-8 berpengaruh signifikan terhadap perkembangan budaya Jawa. Budaya tersebut-lah yang menciptakan tempat-tempat ibadah seperti Candi. Pengaruh agama Hindu dapat terlihat di situs-situs heritage sejarah yang tersisa terutama pada sebuah candi.

Wisata Candi Borobudur

Saat Anda mengetik ‘Yogyakarta’ di Search Engine, halaman pertama yang muncul yaitu Candi Borobudur. Karena tempat ini adalah salah satu simbol ikon warisan dunia. Candi Borobudur menjadi candi Buddha tertua sebab telah dibuat jauh sebelum Kuil Angkor Wat di Kamboja. Bangunan ini dibuat tepatnya pada zaman sekitar tahun 750-800 Masehi. Sejarah mengatakan, Candi Borobudur dibangun pada zaman pemerintahan dinasti Syailendra.

Borobudur adalah candi budha terbesar di dunia dan Prambanan merupakan kuil Hindu. Pengunjung dapat masuk dan belajar lebih komprehensif tentang candi ini dari kisah-kisah yang terdapat dari relief yang terpampang di dinding candi. Relief itu menceritakan peristiwa yang terjadi pada masa dahulu.

Tour Borobudur-Prambanan dari Karangsalam Susukan

Candi Borobudur

Ada momentum indah yang mesti Anda lihat. dimana itu hanya ada di Candi Borobudur, yaitu saat matahari terbit dan tenggelam. Momen menakjubkan ini datang dalam dua kali sehari. Itu sebabnya wisatawan asing pergi ke Borobudur tidak hanya sehari saja. Sebagian besar dari mereka berkunjung ke sini saat pagi buta untuk menangkap peristiwa indah itu. Pendapat kami, Proses sunrise dan sunset di Borobudur adalah sebuah keharusan untuk menikmatinya.

Tour Borobudur-Prambanan dari Karangsalam Susukan : Tour VW Borobudur

Tour VW Borobudur adalah Perjalanan yang dirancang dengan tujuan wisata di Magelang, Anda akan dibawa keliling wilayah di sekitaran Candi Borobudur dengan menunggang VW Cabriolet. Tour ini akan mengajak anda mengunjungi Candi Borobudur, Warung Kopi Badhek, Candi Pawon, Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam Park. Anda tinggal duduk manis berkeliling menggunakan VW dengan tutup yang dapat dibuka dan ditutup semaunya.

tour vw borobudur

Mobil ini keren lho, Bagi anda yang pernah muda di tahun 70-80an pasti akan tahu mobil yang biasa dipakai dinas pak camat ini adalah mobil yang retro dan klasik. Mobil ini berkarakter cabriolet yaitu sebuah metode buka tutup tutup mobil. Menunggangi mobil ini saat udara sejuk tentu akan membuat kesan yang sangat eksotis, ditambah pemandangan di sekitar perbukitan di daerah Borobudur, hijau menghampar. Jika anda merasa panas, anda bisa menutupnya dengan gampang.

Tour Borobudur-Prambanan dari Karangsalam Susukan : Candi Prambanan

Dan kemudian, Anda akan menemukan candi lain yang tidak kalah bagusnya yaitu Prambanan. Terletak di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan DIY. Sebagai komplek candi, Prambanan terlalu indah untuk dikesampingkan begitu saja. Saat Wisatawan berkunjung ke sana, Anda akan mendapatkan Candi Prambanan sebagai unit utama dari beberapa bangunan di sekitar candi utama.

Candi ini adalah merupakan World Heritage UNESCO. Prambanan adalah kuil Hindu terbesar di Nusantara dan merupakan salah satu candi terindah di Asia. Arsitekturnya berbentuk tinggi dan slim, matching dengan arsitektur candi hindu pada umumnya, dengan Candi Siwa sebagai bangunan utama yang mempunyai ketinggian hingga 47 meter. Candi utama ini paling tinggi di antara komplek candi lainnya. Karena Indahnya, Candi Prambanan ini mampu membuat minat kunjungan wisata yang cukup besar dari lokal dan internasional.

Tour Borobudur-Prambanan dari Karangsalam Susukan

Foto @irwan_arif11

Prambanan juga mempunyai relief candi yang menceriterakan kisah Ramayana. Menurut para Arkeolog, relief itu terkoneksi dengan kisah Ramayana yang diceriterakan secara lisan turun temurun. Di seberang kali Opak terdapat kompleks Gedung pagelaran Trimurti, dimana rutin menggelar Sendratari Ramayana.

Sendratari Ramayana

Panggung pertunjukan tersebut tepat terletak di seberang candi, di sebelah barat kali dengan latar belakang Candi Prambanan, jika saat malam ditebari cahaya lampu, sangat eksotis. Ada Panggung pementasan terbuka yang hanya digunakan jika musim kemarau, apabila saat musim penghujan, pementasan dipindahkan di panggung tertutup.

Sendratari Ramayana ini adalah tradisi kerajaan Jawa (Yogyakarta dan Solo). Biasanya pementasan tari cuma ada di keraton saja. Tetapi saat ini pementasan tari dapat juga di luar kraton, salah satunya di Candi Prambanan ini. Gagasan permulaan dari Sendratari Ramayana bermula dari ide GPH Djatikoesoemo yang dulu menjabat sebagai Menteri Kepariwisataan. Pada dekade 1960an, beliau mendapat inspirasi saat menyaksikan pertunjukan Royal Ballet of Cambodia yang dipentaskan di depan Angkor Wat. Setelah pulang ke Indonesia, GPH Djatikoesoemo berupaya mementaskan sebuah pagelaran tari yang digelar di depan Candi Prambanan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Indonesia.

Awalnya pertunjukan ini masih memakai sebutan Ramayana Ballet, tetapi istilah tersebut diganti menjadi Sendratari Ramayana sampai saat ini. Pentas Tari Ramayana ini biasanya dihelat malam hari di setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Mulai pukul 19.30–21.30 WIB. Wisatawan bisa memilih untuk menonton di panggung terbuka atau indoor.

Candi Ratu Boko

Heritage lain yang tak kalah bagusnya adalah kompleks candi Ratuboko. Kompleks candi yang agung dulunya merupakan istana Ratu Boko dan juga tempat ritual. Candi Ratu Boko atau lebih pas-nya Kraton Ratu Boko telah dijadikan sebagai istana mulai abad ke-8 oleh Rakai Panangkaran, sebelum Candi Borobudur dan Candi Prambanan dibangun. Meski disebut candi, bangunan ini bukanlah tempat peribadatan khusus. seperti layaknya Prambanan atau Borobudur. Disini terdapat bangunan berbentuk gapura, tempat pemandian, tempat hunian, pendopo, maupun dinding benteng yang biasanya ditemui pada struktur kraton pada umumnya. Sehingga julukan candi menjadi tidak tepat, seharusnya adalah Keraton Ratu Boko.

Situs purbakala ini kira-kira luasnya sekitar 25 hektar dan berada pada ketinggian sekitar 195 meter dari permukaan air laut. Kedudukan kompleks kraton Ratu Boko yang berlokasi diatas bukit membuat kita bertanya-tanya sekaligus heran. Bagaimana dulu cara pembuatannya, sedangkan pada zaman itu belum terdapat alat berat seperti crane, belum lagi, sistem pengaliran air untuk kolam pemandiannya.

Tour Borobudur-Prambanan dari Karangsalam Susukan

Foto @aray_autis

Di kompleks candi ini terdapat dua buah gua, yang biasa dijuluki Gua Lanang dan Gua Wadon. Disitu terdapat sebuah relief simbolisasi kelamin wanita (simbol Yoni) di atas pintu masuknya. Goa-goa ini mungkin dulu dipakai sebagai wahana untuk bermeditasi. Kompleks candi ini sangat luas dengan lingkungan yang masih hijau dan asri.

Wisata Candi di Yogyakarta Lainnya

Di Yogyakarta terdapat beberapa candi yang merupakan heritage kerajaan Mataram kuno. Beberapa yang ternama seperti Candi Sambisari, Candi Ijo, atau ada yang jarang terdengar misalnya Candi Abang, Barong, Kalasan, Plaosan, dan Banyunibo.

Candi Sambisari juga indah, candi yang pernah dikubur di dalam tanah ini, memiliki struktur lokasi dan lanskap yang sangat memukau. Rumput hijau mengitari bangunan, membuat kekontrasan warna yang sangat bagus untuk dipakai sebagai latar belakang untuk foto-foto.

Candi Sambisari

Foto @ivan.silva.1990

Candi Ijo juga bagus, lokasi candi ini merupakan yang tertinggi dibanding candi-candi di Jogja. Ketinggiannya sekitar 390 meter di atas permukaan air laut. Di sana Anda dapat melihat pemandangan kota Jogja dari atas bukit. Rumput hijau juga terbentang di sekitar kompleks, memberikan nuansa keanggunan candi.

Candi Ijo

Foto @aminsyahlevi

Candi Lainnya di Jogja

Masih banyak candi lain yang dapat Anda kunjungi saat berwisata ke Jogja. Dan untungnya bagi Anda, Rata-rata candi tersebut terletak di sebelah timur kota, tidak terpisah-pisah. Sehingga Anda bisa mendatangi satu candi ke candi lainnya tanpa butuh banyak waktu.

Memang ada beberapa candi yang tidak terkenal dan tidak banyak pengunjung, Namun di situlah Anda bisa menikmati kunjungan Anda. Misalnya, Anda berkunjung ke Candi Kalasan, Abang atau Barong, yang berlokasi dekat dengan Candi Ratu Boko. Candi itu mempunyai pengunjung yang relatif sedikit dibandingkan candi Borobudur atau Prambanan. Anda bisa santai menikmati kegiatan wisata tanpa harus berjejal-jejalan.

Candi adalah peninggalan masa lampau, saat Anda mengunjunginya, Anda harus menjaga kelestarian candi dengan tanpa melakukan hal-hal yang bisa merusak candi. Jangan pernah mencoret-coret bangunan atau membuat tulisan-tulisan tak berguna disana.

Faedah Tour Borobudur-Prambanan dari Karangsalam Susukan

Dengan mengikuti Tour Borobudur-Prambanan dari Karangsalam Susukan, Anda akan dibawa untuk menjelajahi kehidupan masa lampau melalui relief di yang terdapat di bangunan candi. Beberapa candi juga menggambarkan sinyal tentang filsafat Lingga dan Yoni sebagai hakekat utama kehidupan.

Selain sebagai tempat peribadatan, Komplek candi juga kadang terdapat aura mistis masa lalu yang dapat anda selami sebagai pengalaman batiniah yang sarat makna kehidupan. Jika Anda adalah pribadi yang menyukai budaya, sejarah, dan filsafat, Anda akan sangat exciting mengunjungi situs-situs dengan banyak teka-teki kehidupan yang dapat Anda rumuskan melalui simbol-simbol yang tersirat dalam bentuk, tata letak, dan relief di kompleks candi.

Trip Wisata Candi di Jogja

Bagaimana? Tertarik untuk menikmati wisata candi di Jogja? Hubungi kami di whatsapp untuk deal rancangan wisata yang simple buat anda. Anda juga bisa menikmati wisata budaya yang ditawarkan oleh berbagai agen wisata seperti kami. Atau anda dapat pergi ke sana sendirian dengan style backpacker. Untuk berkunjung ke beberapa tempat tersebut, cukup membutuhkan waktu sehari saja. Biaya yang dikeluarkan saat trip wisata budaya juga tidak akan menguras kantong anda. Kami menjamin itu.

Jika anda membawa kendaraan pribadi, Anda bisa dengan mudah menuju ke tujuan wisata budaya tersebut. Namun apabila anda berasal dari luar kota, Anda akan membutuhkan transportasi untuk mencapai ke beberapa candi tersebut. sebab tidak ada angkutan umum yang mencapai obyek wisata tersebut kecuali ke Prambanan.

Tak usah perlu repot, hubungi kami aja. Kemanapun tujuan anda, Kami siap mengantarkan mulai penjemputan hingga selesai. Kami juga siap mengatur kunjungan untuk group baik menggunakan bus atau pun armada transport ekslusif seperti Hi Ace. Apabila anda tidak mau ribet, Kami siap sekaligus untuk pengurusan penginapan saat berkunjung di Jogja.