Trip Candi Borobudur dari Candiwulan Mandiraja

Trip Candi Borobudur dari Candiwulan Mandiraja yang Sangat Menyenangkan.

Trip Candi Borobudur dari Candiwulan Mandiraja ialah sebuah perjalanan wisata yang punya tujuan mengunjungi bangunan warisan leluhur yang berupa tempat pemujaan. Biasanya bangunan tersebut merupakan sarana beribadah kaum hindu atau buddha. Hampir semua candi ini beragama Budha dan Hindu. Karena, Pada masa Dinasti Mataram kuno, Agama yang ada pada saat itu cuma ada dua agama tersebut.

Jogja adalah daerah yang sarat dengan nuansa budaya. Kota ini, hingga sekarang masih menjadi pusat peradaban Jawa. Pendirian kerajaan Mataram kuno di abad ke-8 berpengaruh banyak kepada perkembangan budaya Jawa. Budaya tersebut-lah yang merepresentasikan bangunan-bangunan ibadah seperti Candi. Pengaruh agama Hindu dapat terlihat pada situs-situs peninggalan sejarah yang tersisa terutama pada sebuah candi.

Wisata Candi Borobudur

Saat Anda mengetik ‘Yogyakarta’ di Search Engine, laman pertama yang muncul yaitu Candi Borobudur. Karena tempat ini merupakan salah satu simbol ikon heritage dunia. Candi Borobudur merupakan candi Buddha tertua sebab telah dibuat jauh sebelum Kuil Angkor Wat di Kamboja. Candi ini dirancang tepatnya pada zaman sekitar tahun 750-800 Masehi. Sejarah mengatakan, Candi Borobudur dibangun pada masa pemerintahan keluarga Syailendra.

Borobudur adalah kuil budha paling besar di dunia dan Prambanan adalah kuil Hindu. Pengunjung bisa masuk dan mempelajari lebih lanjut tentang candi ini dari kisah-kisah yang tersirat dari relief yang terpampang di dinding candi. Relief itu menceritakan hal-hal yang terjadi pada masa dahulu.

Trip Candi Borobudur dari Candiwulan Mandiraja

Candi Borobudur. Foto @fahrully_ardy11

Ada saat bagus yang harus Anda lihat. dimana itu hanya terjadi di Candi Borobudur, yaitu saat matahari terbit dan tenggelam. Momen menakjubkan ini datang dalam dua kali sehari. Itu sebabnya wisatawan asing pergi ke Borobudur tidak cuma sehari saja. Sebagian besar dari mereka berkunjung ke sini saat fajar menyingsing untuk mendapatkan peristiwa indah itu. Menurut kami, Proses sunrise dan sunset di Borobudur merupakan sebuah keharusan untuk menikmatinya.

Trip Candi Borobudur dari Candiwulan Mandiraja : Tour VW Borobudur

Tour VW Borobudur adalah Trip yang dirancang dengan destinasi di Magelang, Anda akan dibawa keliling daerah di sekitar Candi Borobudur dengan menaiki VW Safari. Trip ini akan mengajak wisatawan mengunjungi Candi Borobudur, Warung Kopi Badhek, Rumah Kamera, Punthuk Setumbu dan Gereja Ayam Park. Anda tinggal duduk santai berkeliling menaiki VW dengan kap yang dapat dibuka dan ditutup seenaknya.

tour vw borobudur

Mobil ini asik lho, Bagi anda yang muda di dekade 70-80an pasti akan tahu kendaraan yang biasa digunakan dinas pak camat ini merupakan mobil yang antik nan klasik. Mobil ini berkarakter cabriolet yaitu sebuah sistem buka tutup kap mobil. Menaiki mobil ini saat hawa sejuk tentu akan memberikan kesan yang sangat eksotis, apalagi pemandangan di sekitaran bukit di daerah Borobudur, hijau terbentang. Jika anda kepanasan, anda dapat menutupnya dengan gampang.

Trip Candi Borobudur dari Candiwulan Mandiraja : Candi Prambanan

Dan kemudian, Anda akan mendapatkan candi lain yang tidak kalah eksotisnya yaitu Prambanan. Terletak di antara provinsi Jateng dan DIY. Sebagai komplek candi, Prambanan terlalu indah untuk dilewatkan begitu saja. Saat Wisatawan berkunjung ke sana, Anda akan mendapatkan Candi Prambanan sebagai unit utama dari sekian bangunan di dekat candi utama.

Candi ini adalah merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Nusantara dan merupakan salah satu candi paling indah di Asia. Arsitekturnya berbentuk tinggi dan slim, matching dengan rancangan candi hindu pada umumnya, dengan Candi Siwa sebagai bangunan utama yang mempunyai ketinggian hingga 47 meter. Candi utama ini paling tinggi di antara komplek candi lainnya. Karena Kerennya, Candi Prambanan ini mampu membuat daya tarik okupansi wisata yang cukup besar baik seluruh Indonesia dan Dunia.

Trip Candi Borobudur dari Candiwulan Mandiraja

Foto @atika_muth

Prambanan juga memiliki relief candi yang menceriterakan kisah Ramayana. Menurut para Arkeolog, relief itu relevan dengan kisah Ramayana yang diceriterakan dengan lisan turun temurun. Di sebelah sungai Opak terdapat kompleks Gedung pagelaran Trimurti, yang rutin mengadakan Sendratari Ramayana.

Sendratari Ramayana

Panggung pertunjukan tersebut tepat terletak di seberang candi, di bagian barat sungai dengan latar belakang Candi Prambanan, jika saat malam ditebari cahaya lampu, sangat eksotis. Ada Panggung pertunjukan terbuka yang cuma dipakai jika musim kemarau, apabila saat musim penghujan, pementasan dipindahkan ke panggung tertutup.

Tari wayang orang Ramayana ini adalah tradisi kerajaan Jawa (Yogyakarta dan Solo). Biasanya pementasan tari hanya ada didalam keraton saja. Namun sekarang pertunjukan tari dapat juga di luar kraton, salah satunya di Candi Prambanan ini. Gagasan permulaan dari Sendratari Ramayana berawal dari ide GPH Djatikoesoemo yang dulu menjabat sebagai Menteri Kepariwisataan. Pada tahun 1960an, beliau ter- inspirasi saat melihat pementasan Royal Ballet of Cambodia yang dihelat di depan Angkor Wat. Saat pulang ke Indonesia, GPH Djatikoesoemo berniat mementaskan sebuah pagelaran tari yang digelar di depan Candi Prambanan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Indonesia.

Awalnya pementasan ini masih memakai sebutan Ramayana Ballet, tetapi istilah tersebut diubah menjadi Sendratari Ramayana hingga saat ini. Pentas Tari Ramayana ini biasanya digelar malam hari pada setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Start pukul 19.30–21.30 WIB. Turis bisa memilih untuk menikmati di panggung outdoor atau indoor.

Candi Ratu Boko

Heritage lain yang tak kalah bagusnya adalah kompleks candi Ratuboko. Kompleks candi yang agung dulunya merupakan istana Ratu Boko dan juga tempat upacara. Candi Ratu Boko atau lebih tepatnya Kraton Ratu Boko telah dipakai sebagai istana sejak abad ke-8 oleh Rakai Panangkaran, sebelum Candi Borobudur dan Candi Prambanan dibangun. Meski dinamai candi, situs ini bukanlah tempat pemujaan khusus. seperti layaknya Prambanan atau Borobudur. Disini terdapat bangunan berbentuk gapura, tempat pemandian, tempat tinggal, pendopo, maupun dinding benteng yang biasanya ditemui pada struktur kraton pada umumnya. Sehingga sebutan candi menjadi kurang tepat, harusnya adalah Keraton Ratu Boko.

Situs purbakala ini kira-kira luasnya sekitar 25 hektar dan terletak pada ketinggian sekitar 195 meter dari permukaan air laut. Posisi kompleks kraton Ratu Boko yang berada diatas perbukitan menjadikan kita bertanya-tanya sekaligus takjub. Bagaimana dahulu metode pembuatannya, sedangkan pada zaman itu belum terdapat perangkat berat seperti crane, belum lagi, teknik pengaliran air untuk kolam pemandiannya.

Trip Candi Borobudur dari Candiwulan Mandiraja

Foto @monchichu

Di gugusan candi ini terdapat dua buah goa, yang biasa disebut Goa Lanang dan Goa Wadon. Disitu terdapat sebuah relief yang melambangkan kelamin perempuan (simbol Yoni) di atas koridor masuknya. Goa-goa ini mungkin dulu dipakai sebagai wahana untuk bersemedi. Kompleks keraton ini sangat luas dengan area yang masih hijau dan asri.

Wisata Candi di Yogyakarta Lainnya

Di Jogja terdapat beberapa candi yang merupakan heritage kerajaan Mataram kuno. Beberapa yang terkenal seperti Candi Sambisari, Candi Ijo, atau ada yang langka terdengar seperti Candi Abang, Gebang, Kalasan, Plaosan, dan Banyunibo.

Candi Sambisari juga keren, candi yang pernah terkubur di dalam tanah ini, memiliki kontur lokasi dan pemandangan yang sangat memukau. Rumput hijau mengitari candi, menciptakan kekontrasan warna yang sangat bagus untuk dipakai sebagai latar belakang untuk foto-foto.

Candi Sambisari

Foto @ivan.silva.1990

Candi Ijo juga keren, letak candi ini merupakan yang tertinggi dibanding candi-candi di Yogyakarta. Ketinggiannya kurang lebih 390 meter di atas permukaan laut. Di sana Anda dapat melihat lanskap kota Jogja dari ketinggian. Rumput hijau juga terhampar di plataran kompleks, menambah keanggunan candi.

Candi Ijo

Foto @fajarmuzaky

Candi Lainnya di Jogja

Masih banyak situs lain yang dapat Anda datangi ketika berkunjung ke Jogja. Dan untungnya bagi Wisatawan, Rata-rata candi tersebut terletak di sebelah timur kota, tidak terpisah-pisah. Sehingga Wisatawan dapat mendatangi satu candi ke candi lainnya tanpa butuh banyak waktu.

Memang ada beberapa candi yang tidak terkenal dan sedikit pengunjung, Namun di situlah Anda dapat menikmati kunjungan Anda. Contohnya, Anda berkunjung ke Candi Kalasan, Abang atau Barong, yang berlokasi dekat dengan Candi Ratu Boko. Candi itu mempunyai pengunjung yang relatif sedikit dibandingkan candi Borobudur atau Prambanan. Anda bisa slow menikmati trip wisata tanpa harus berjubel antrian.

Candi adalah peninggalan masa lalu, ketika Anda mengunjunginya, Anda wajib menjaga kelestarian candi dengan tanpa melakukan hal-hal yang dapat merusak candi. Jangan sampai mencoret-coret bangunan atau membuat tulisan-tulisan tak berguna disana.

Faedah Trip Candi Borobudur dari Candiwulan Mandiraja

Dengan menjalani Trip Candi Borobudur dari Candiwulan Mandiraja, Anda akan dibawa untuk menjelajahi kehidupan masa lalu melalui relief di yang terdapat di bangunan candi. Pada beberapa candi juga memberikan sinyal tentang filosofi Lingga dan Yoni sebagai prinsip utama kehidupan.

Selain sebagai tempat pemujaan, Komplek candi juga terkadang terdapat aura mistis masa lampau yang bisa anda selami sebagai pengalaman batiniah yang penuh makna kehidupan. Jika Anda adalah pribadi yang meminati budaya, sejarah, dan filsafat, Anda akan sangat exciting mengunjungi situs-situs dengan penuh teka-teki kehidupan yang bisa Anda pecahkan melalui simbol-simbol yang terkandung dalam bentuk, tata ruang, dan relief di kompleks candi.

Trip Wisata Candi di Jogja

Bagaimana? Tertarik untuk menikmati wisata candi di Jogja? Kontak kami melalui whatsapp untuk deal rancangan wisata yang fleksibel buat anda. Anda juga bisa menjalani wisata budaya yang ditawarkan oleh berbagai agent wisata seperti kami. Atau anda dapat pergi ke sana sendirian menggunakan gaya backpacker. Untuk berkunjung ke beberapa situs tersebut, hanya membutuhkan waktu satu hari saja. Biaya yang dikeluarkan dalam perjalanan wisata budaya juga tidak akan menguras kantong wisatawan. Kami pastikan itu.

Jika anda menggunakan mobil pribadi, Anda dapat dengan mudah menuju ke tujuan wisata budaya tersebut. Namun apabila anda berasal dari kota lain, Anda akan butuh transportasi untuk sampai ke beberapa candi tersebut. Karena tak ada transportasi umum yang mencapai lokasi tersebut kecuali ke Prambanan.

Tidak usah perlu repot, hubungi kami aja. Kemanapun destinasi anda, Kami ready mengantar mulai penjemputan hingga selesai. Kami juga siap mengatur kunjungan untuk group baik menggunakan bus atau pun armada transport ekslusif seperti Hi Ace. Apabila anda tidak mau ribet, Kami siap sekaligus untuk pengurusan penginapan saat berada di Yogyakarta.