Tips Berwisata Ke Pantai Jagang Kulon

Pahami : Tips Berwisata Ke Pantai Jagang Kulon

Ini merupakan tips yang ditujukan untuk anda agar tidak kena problem saat menjalani wisata pantai. Sudah jadi pengetahuan publik, jika pantai di Jogja itu mantap abis sehingga bejibun wisatawan datang berkunjung ke sini.

1. Tips Berwisata Ke Pantai Jagang Kulon
: Pasir Hitam dan Putih.

Apabila kamu ingin bermain di pantai yang berpasir putih, kunjungilah ke wilayah Gunungkidul, Bukan ke daerah Bantul atau Wates, Kamu bakalan kecele. Sebaliknya jika kamu hendak bersantai di pantai yang pasirnya gelap, ke Wonosari gak bakalan dapet. Beda warna pasir adalah akibat evolusi alam selama jutaan tahun, tidak karena disengaja, Karena gimana caranya manusia bisa membikin perbedaan warna pasir di pesisir pantai di Yogyakarta?

2. Tips Berwisata Ke Pantai Jagang Kulon
: Hampir Semua Pantai di Daerah Yogya Tidak Aman Buat Berenang.

Jika kamu sering datang ke pantai di daerah pesisir Pantai Utara, mungkin kamu bisa berenang hingga tengah pantai sampai batas dada. Memang tekstur antara Pantai Utara dan Selatan Jawa berbeda. Pantai Selatan karakternya terjal dan bergelombang besar, karena lautnya merupakan laut lepas, atau dinamakan Samudera. Sedangkan Pantura, Ombaknya pelan dan karakternya landai. Pantura Jawa merupakan jenis Selat, yaitu Laut yang terbentang antara dua pulau.

Tips Berwisata Ke Pantai Jagang Kulon

Larangan berenang dari Pemerintah


Hampir semua pesisir pantai selatan tidak aman untuk bermain, berenang, mandi atau kungkum. Pasti ada rambu larangan buat berenang. Namun demikian ada beberapa pantai yang memiliki ceruk / teluk kecil yang menjorok ke darat, membuat ombak tidak langsung menghantam ke bibir pantai dengan ganas. Di beberapa pantai di Jogja terdapat area yang bisa untuk bermain air, seperti di Pantai Sadranan, Pantai Ngrenehan, Pantai Glagah, Slili. Di pantai-pantai tersebut kamu boleh nyemplung, bermain perahu atau malah diving.
Kalau di pantai kamu menemui orang bermain air di pinggir pantai bahkan nekat hingga ketengah laut, padahal di pintu masuk sudah ada tanda larangan berenang, Itu tandanya mereka tidak memahami aturan, main terjun aja. Ini yang berbahaya.

3. Tips Berwisata Ke Pantai Jagang Kulon
: Perhatikan Kontur Pantai Selatan Yang Terjal.

Apabila kamu ngebayangin wisata ke pantai lalu berniat naik kuda di pinggiran pantai di wilayah Gunung kidul, maka itu akan sulit kamu temui, berbeda apabila di daerah Bantul, kamu akan menemui fasilitas naik kuda, dokar atau ATV. Meski demikian, ada pula pantai di Gunungkidul yang mempunyai sarana bermain ATV.
Tidak seluruh pantai di Jogja ‘berbibir’ bukit karang. Namun akan kita temui reef atau karang yang berada di pesisir pantai. Saat air laut surut, biasanya banyak orang bermain-main hingga ke tengah. Namun jangan salah, yang namanya karang itu pasti terjal, itu terjal buat kakimu. Oleh karena itu jika mau bermain diatas karang, sebaiknya memakai sandal.

Tips Berwisata Ke Pantai Jagang Kulon

Tidak memakai sandal, resiko kena gigit hewan berbahaya. Ig @ratrie_05

4. Tips Berwisata Ke Pantai Jagang Kulon
: Hindari Hewan Laut yang Berbahaya

Bermain-main diatas Reef memang punya keunikan tersendiri, diatas Coral akan kita temukan beraneka-ragam hewan laut dari mulai ikan, kepiting, kerang, udang, ular, rumput laut, dsb. Yang kamu wajib waspadai adalah hewan-hewan yang berbahaya contohnya sea urchin dan ubur-ubur. Apabila kamu tergigit nya, hampir pasti akan terasa sakit dan juga sangat gatal. So, Kamu musti berhati-hati agar skin-mu yang licin mulus tidak disengat hewan-hewan nakal itu.

5. Ombak yang Berbahaya (Rip Current)

Udah pernah tahu tentang Rip Current? Ini hal yang musti kamu pelajari apabila bermain di pantai di wilayah Jogja atau Pantai bagian selatan Jawa secara umum. Gelombang di pantai selatan terkenal ganas dan deras. So, pada saat gelombang tersebut menghempas mencapai daratan (Turbulence Current), akan mengakibatkan arus balik (Rip Current) di atas dan dibawah permukaan air dengan gaya tarik yang besar. Disebabkan oleh perbedaan kedalaman pantai yang bervariasi, Rip Current akan sangat membahayakan saat berada pada cekungan pantai yang dalam. Karena Rip Current akan menarik semua yang berada diatasnya dan menyeretnya ke kedalaman. Kadang Rip Current juga berputar-putar di bawah permukaan jika karakter pantainya ada cekungan. Sebagian orang yang terbawa ombak, disebabkan oleh tarikan Rip Current tersebut (lihat image).

Tips Berwisata Ke Pantai Jagang Kulon

Mitigasi Rip Current

Orang yang terbawa Rip Current akan ikut ke arah yang sebaliknya berlawanan dengan arus normal (sesuai arah angin). Jika tempat terseretnya korban itu landai, maka korban akan terlihat di permukaan, akan tetapi bila terseret pada lokasi yang dalam, maka korban akan tertarik kebawah permukaan dan membentur karang. Kebanyakan, karena kelamaan berputar-putar di dalam permukaan air, akhirnya korban bisa celaka, bisa disebabkan terluka atau karena Kedingingan (Jadi inget Gita Gutawa). Bahkan terkadang, setelah beberapa waktu, badan korban baru bisa ditemukan, Itu disebabkan karena terjepit pada bebatuan atau terbawa pusaran arus di dalam permukaan air. Sangat mengerikan ya?, Oleh sebab itu hati-hati ya.

6. Jagalah Kealamian Pantai Di Yogyakarta

Tidak seluruh pantai di wilayah Yogyakarta bisa dikunjungi langsung ke pesisirnya dengan menggunakan moda transportasi. Ada lokasi yang masih natural, dimana kamu musti hiking lebih dahulu untuk mencapai di bibir pantai. Sepintas rasanya bakalan bikin letih duluan, tapi jangan keliru, pemandangan area pantai yang masih hijau dan alami, akan mengalihkan rasa capekmu. Bahkan ada yang mesti sewa jeep untuk bisa mencapai ke destinasi wisata atau malah jalan kaki. Sepanjang tarifnya ojegnya masuk akal sih, gak masalah. Saran/Advis dari kami sih, turutin aja. Dan tidak semua pantai di Yogyakarta mempunyai tempat menginap atau resort. Banggalah kamu bisa bermain ke destinasi wisata yang proletar, murah, masih alami dan semua wisatawan bisa mengaksesnya tanpa harus repot sana sini.

7. Tips Berwisata Ke Pantai Jagang Kulon
: Pakaian Warna Tertentu yang Tidak Diperbolehkan.

Di sebagian pantai di wilayah Jogja, Ada saran tak tertulis untuk tidak memakai pakaian yang berwarna hijau pupus. Sampai kini kami belum mendapatkan hubungan antara warna hijau pupus dengan jatuhnya korban yang sering terjadi. Sebaiknya kita ambil sisi positifnya saja. Hormati kearifan lokal yang sudah eksis. Dan andaikata jika ada orang yang tenggelam, orang yang memakai baju warna hijau pupus akan susah dicari tim SAR dari pada yang memakai baju warna putih atau orange. Karena warna hijau mirip dengan air laut. Mengerti ya? Oh iya One more thing, Seluruh pantai di Jogja mem-blacklist orang menggunakan bikini, apabila yang makai cowok.

8. Pantai untuk Upacara

Kalo kamu mau sukses, ya cari kerja yang halal, berusaha secara fair, jangan lantas main ke pantai trus minta kekayaan pada Ratu Kidul. Itu tidak proper dan tidak diperbolehkan dalam agama. Meski begitu, Kamu bisa mengikuti beragam acara upacara di sebagian pantai di wilayah Jogja. Contohnya di Pantai Parangkusumo suka ada event Labuhan, lalu di Pantai Ngobaran juga ada upacara keagamaan umat Hindu saat hari raya Nyepi. Yang paling keren tentu saja ritual pelepasan Tukik menuju laut lepas Pantai Sedahan. Carilah info dan waktu yang pas untuk menikmati perjuangan hidup anak penyu menuju laut lepas.

9. Fasilitas Wisata Seru Pantai di Wilayah Yogyakarta.

Berwisata ke pantai tak hanya buat pacaran aja, Banyak fasilitas keren yang dapat kamu nikmati. Misalnya :

Snorkeling Pantai Sadranan

Snorkeling Pantai Sadranan

Tips Berwisata Ke Pantai Jagang Kulon

Gadis kecil bermain surfing. Ig @wediombosurflesson

parangkusumo

Sanboarding Parangkusumo. Ig @deborahheng99

  • Melayang dengan Paragliding di Pantai Parangendog, dimana kamu bisa melayangkan diri di angkasa sembari menikmati view jogja dengan cara yang sangat berbeda.
  • Serasa mempunyai Pantai pribadi di Nampu, Ngetun, Ngluwen, Ngrumput atau Sanglen. Selengkapnya anda bisa lihat disini.

10. Penutup, Tips Berwisata Ke Pantai Jagang Kulon

Apabila hendak wisata ke pantai di Yogyakarta, Persiapkan segala sesuatunya mulai dari fisik, mental, duit, gadget, powerbank, MMC, sunblock, alat pemancingan, bekal minuman, pakaian pengganti, dll. Khusus untuk pengantaran, Berikan pada driver kami saja. Biar kami yang repot menunggu dan menjemput anda, Biar anda ngga kelelahan setelah adventure. Anda tinggal santai-santai sambil selfi-selfi, kalau kebelet pipis tinggal bilang aja, Kalo ngantuk ya tidur aja. Gimana? Ditunggu ya WA|Whatsapp nya. Untuk penawaran yang sudah tersusun, dapat anda lihat di booking website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *