Paket Wisata Borobudur-Prambanan dari Sidoarjo

Paket Wisata Borobudur-Prambanan dari Sidoarjo yang Menyenangkan.

Paket Wisata Borobudur-Prambanan dari Sidoarjo adalah merupakan perjalanan wisata yang bertujuan mengunjungi bangunan warisan leluhur yang berupa tempat peribadatan. Biasanya candi tersebut merupakan tempat beribadah kaum hindu atau buddha. Hampir seluruh candi ini beragama Budha dan Hindu. Karena, Pada masa Kerajaan Mataram kuno, Agama yang ada pada saat itu cuma ada dua agama tersebut.

Yogyakarta adalah daerah yang kental dengan nuansa budaya. Kota ini, hingga saat ini masih menjadi pusat budaya Jawa. Berdirinya kerajaan Mataram kuno di abad ke-8 berpengaruh banyak kepada perkembangan budaya Jawa. Budaya tersebut-lah yang menciptakan tempat-tempat ibadah seperti Candi. Pengaruh agama Hindu dapat terlihat pada situs-situs heritage sejarah yang tersisa terutama pada sebuah candi.

Wisata Candi Borobudur

Saat Anda mengetik ‘Yogyakarta’ di Google, halaman pertama yang muncul adalah Candi Borobudur. Karena tempat ini adalah salah satu simbol ikon heritage dunia. Candi Borobudur menjadi candi Budha tertua karena telah dirancang jauh sebelum Kuil Angkor Wat di Kamboja. Candi ini dibuat tepatnya pada zaman sekitar tahun 750-800 Masehi. Sejarah menyampaikan, Candi Borobudur dibangun pada zaman pemerintahan keluarga Syailendra.

Borobudur adalah candi budha terbesar di dunia dan Prambanan merupakan kuil Hindu. Wisatawan dapat masuk dan belajar lebih komprehensif tentang candi ini pada cerita-cerita yang terdapat dari relief yang terlihat di dinding candi. Relief tersebut menceritakan hal-hal yang terjadi pada zaman lampau.

Paket Wisata Borobudur-Prambanan dari Sidoarjo

Borobudur

Ada momentum indah yang mesti Anda saksikan. dimana itu hanya terjadi di Candi Borobudur, yaitu saat matahari terbit dan tenggelam. Peristiwa menakjubkan ini datang dalam dua kali sehari. Itu sebabnya orang asing menuju ke Borobudur tidak hanya sehari saja. Sebagian besar dari mereka berkunjung ke sini saat fajar menyingsing untuk menangkap momen indah itu. Pendapat kami, Momentum sunrise dan sunset di Borobudur merupakan sebuah keharusan untuk menikmatinya.

Paket Wisata Borobudur-Prambanan dari Sidoarjo : Tour VW Borobudur

Tour VW Borobudur adalah Perjalanan yang diadakan dengan tujuan wisata di Magelang, Anda akan dibawa keliling wilayah di sekitaran Candi Borobudur dengan menaiki VW Cabriolet. Tour ini akan mengajak wisatawan mengunjungi Candi Borobudur, Warung Kopi Badhek, Rumah Kamera, dan Gereja Ayam Park. Anda tinggal duduk santai berkeliling menaiki VW dengan kap yang bisa dibuka dan ditutup seenaknya.

Tour VW Borobudur

Mobil ini keren lho, Bagi anda yang pernah muda di tahun 70-80an pasti akan paham kendaraan yang biasa digunakan dinas pak camat ini merupakan kendaraan yang retro dan klasik. Mobil ini berkarakter cabriolet yaitu sebuah metode buka tutup kap mobil. Menunggangi mobil ini saat hawa sejuk tentu akan memberikan kesan yang sangat eksotis, apalagi pemandangan di sekitaran bukit di daerah Borobudur, hijau menghampar. Jika anda kepanasan, anda bisa menutupnya dengan mudah.

Paket Wisata Borobudur-Prambanan dari Sidoarjo : Candi Prambanan

Dan berikutnya, Anda akan menemukan candi lain yang tidak kalah bagusnya yaitu Prambanan. Letaknya di antara provinsi Jateng dan DIY. Sebagai kompleks candi, Prambanan terlalu indah untuk dikesampingkan begitu saja. Saat Wisatawan datang ke sana, Anda akan melihat Candi Prambanan sebagai bangunan utama dari sekian bangunan di dekat candi utama.

Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO. Prambanan adalah kuil Hindu terbesar di Nusantara dan merupakan salah satu candi terindah di Asia. Arsitekturnya berbentuk tinggi dan slim, matching dengan arsitektur candi hindu pada umumnya, dengan Candi Siwa sebagai bangunan utama yang memiliki ketinggian hingga 47 meter. Candi utama ini paling tinggi di antara gugusan candi lainnya. Karena Kerennya, Candi Prambanan ini mampu menciptakan daya tarik kunjungan wisata yang cukup besar dari seluruh Indonesia dan Dunia.

Paket Wisata Borobudur-Prambanan dari Sidoarjo

Foto @atika_muth

Prambanan juga mempunyai relief candi yang memuat kisah Ramayana. Menurut para ahli sejarah, relief itu terkoneksi dengan cerita Ramayana yang disampaikan dengan lisan turun temurun. Di seberang sungai Opak terdapat kompleks Gedung pertunjukan Trimurti, yang rutin menggelar Sendratari Ramayana.

Sendratari Ramayana

Panggung pagelaran tersebut pas terletak di seberang candi, di bagian barat kali dengan latar belakang Candi Prambanan, yang kalau malam ditebari cahaya lampu, nampak eksotis. Ada Panggung pementasan terbuka yang hanya digunakan pada musim kemarau, sedangkan saat musim penghujan, pementasan dipindahkan di panggung tertutup.

Sendratari Ramayana ini adalah tradisi keraton Jawa (Jogja dan Solo). Biasanya pertunjukan tari hanya ada didalam keraton saja. Tetapi sekarang pementasan tari bisa juga di luar keraton, salah satunya di Candi Prambanan ini. Gagasan awal dari Sendratari Ramayana berawal dari ide GPH Djatikoesoemo yang pernah menjabat sebagai Menteri Kepariwisataan. Pada tahun 1960an, beliau mendapat inspirasi saat menyaksikan pementasan Royal Ballet of Cambodia yang dipentaskan di depan Angkor Wat. Saat pulang ke Indonesia, GPH Djatikoesoemo berniat mementaskan sebuah pagelaran tari yang digelar di depan Candi Prambanan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Indonesia.

Mulanya pertunjukan ini masih menggunakan istilah Ramayana Ballet, tetapi istilah tersebut diubah menjadi Sendratari Ramayana sampai sekarang. Sendratari Ramayana ini biasanya dihelat malam hari pada setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Start jam 19.30–21.30 WIB. Wisatawan bisa memilih untuk menonton di panggung terbuka atau indoor.

Candi Ratu Boko

Candi lain yang tak kalah menarik adalah kompleks candi Ratuboko. Kompleks candi yang agung dulunya adalah istana Ratu Boko dan juga sarana ritual. Candi Ratu Boko atau lebih pas-nya Kraton Ratu Boko telah dipakai sebagai istana sejak abad ke-8 oleh Rakai Panangkaran, sebelum Candi Borobudur dan Candi Prambanan dibangun. Meski dinamai candi, situs tersebut bukanlah tempat pemujaan khusus. seperti halnya Prambanan atau Borobudur. Disini terdapat bangunan berbentuk gapura, tempat pemandian, tempat hunian, pendopo, ataupun dinding benteng yang biasanya dijumpai pada desain kraton secara umum. Sehingga sebutan candi menjadi kurang tepat, harusnya adalah Keraton Ratu Boko.

Situs bersejarah ini kurang lebih luasnya sekitar 25 hektar dan terletak pada ketinggian sekitar 195 meter dari permukaan air laut. Kedudukan kompleks kraton Ratu Boko yang berlokasi diatas perbukitan menjadikan kita bertanya-tanya sekalian heran. Bagaimana dulu cara pembuatannya, sedangkan pada saat itu belum ada perangkat berat seperti crane, belum lagi, sistem pengaliran air buat kolam pemandiannya.

Paket Wisata Borobudur-Prambanan dari Sidoarjo

Foto @aray_autis

Di gugusan candi ini terdapat 2 buah goa, yang biasa disebut Gua Lanang dan Goa Wadon. Disitu terlihat sebuah relief yang melambangkan kelamin perempuan (simbol Yoni) di atas koridor masuknya. Goa-goa ini sepertinya dulu digunakan sebagai tempat untuk bersemedi. Kompleks keraton ini sangatlah luas dengan area yang sangat hijau dan asri.

Wisata Candi di Jogja Lainnya

Di Yogyakarta terdapat beberapa situs yang merupakan heritage kerajaan Mataram kuno. Beberapa yang terkenal seperti Candi Sambisari, Candi Ijo, atau ada yang jarang terdengar misalnya Candi Abang, Barong, Gebang, Kalasan, Sari, Plaosan, dan Banyunibo.

Candi Sambisari juga indah, candi yang pernah terkubur di dalam tanah ini, memiliki kontur lokasi dan pemandangan yang sangat memukau. Rumput asri mengitari candi, membuat kontras warna yang sangat bagus untuk digunakan sebagai latar belakang untuk pemotretan.

Sambisari

Foto @rosarioepa

Candi Ijo juga asik, letak candi ini adalah yang tertinggi dibanding candi-candi di Jogja. Ketinggiannya kurang lebih 390 meter di atas permukaan laut. Dari sana Anda bisa menikmati pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian. Rumput hijau juga terhampar di sekitar kompleks, menambah keanggunan candi.

Candi Ijo

Foto @aminsyahlevi

Candi Lainnya di Jogja

Masih banyak candi lain yang bisa Anda datangi saat berkunjung ke Jogja. Dan untungnya bagi Wisatawan, Rata-rata candi tersebut berlokasi di bagian timur kota, tidak terpencar-pencar. Sehingga Anda bisa mengunjungi satu candi ke candi lainnya tanpa menghabiskan banyak waktu.

Memang ada beberapa candi yang tidak terkenal dan sedikit pengunjung, Justru di situlah Anda dapat menikmati kunjungan Anda. Misalnya, Anda berkunjung ke Candi Kalasan, Abang atau Barong, yang terletak dekat dengan Candi Ratu Boko. Candi itu memiliki kunjungan wisatawan yang relatif sedikit dibandingkan candi Borobudur atau Prambanan. Anda bisa slow menikmati trip wisata tanpa harus berjubel antrian.

Candi adalah heritage masa lampau, ketika Anda mengunjunginya, Anda wajib menjaga kelestarian candi dengan tanpa melakukan hal-hal yang dapat merusak candi. Jangan sampai mencoret-coret candi atau membuat tulisan-tulisan tak berguna disana.

Manfaat Paket Wisata Borobudur-Prambanan dari Sidoarjo

Dengan menjalani Paket Wisata Borobudur-Prambanan dari Sidoarjo, Wisatawan akan dibawa untuk menjelajahi kehidupan masa lampau melalui relief di yang terpampang di bangunan candi. Beberapa candi juga memberikan sinyal tentang filsafat Lingga dan Yoni sebagai hakekat utama kehidupan.

Selain sebagai tempat peribadatan, Komplek candi juga terkadang terdapat aura mistis masa lalu yang bisa anda selami sebagai pengalaman batin yang sarat makna kehidupan. Jika Anda adalah orang yang menyukai budaya, sejarah, dan filsafat, Anda akan sangat exciting mengunjungi situs-situs dengan banyak teka-teki kehidupan yang bisa Anda rumuskan melalui simbol-simbol yang tersirat dalam bentuk, tata ruang, dan relief di kompleks candi.

Tour Wisata Candi di Jogja

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi wisata candi di Jogja|Yogyakarta? Kontak kami melalui whatsapp untuk deal itinerary wisata yang fleksibel buat anda. Anda juga bisa menikmati wisata budaya yang ditawarkan oleh banyak agen wisata seperti kami. Atau anda dapat pergi ke sana sendirian menggunakan style backpacker. Untuk pergi ke beberapa situs tersebut, cukup membutuhkan waktu satu hari saja. Biaya yang dikeluarkan saat perjalanan wisata budaya juga tidak akan menguras kantong wisatawan. Kami menjamin itu.

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa dengan mudah pergi ke destinasi wisata budaya tersebut. Namun apabila anda berasal dari luar kota, Anda akan membutuhkan kendaraan untuk mencapai ke beberapa candi tersebut. Karena tak ada transportasi umum yang menuju obyek wisata tersebut kecuali ke Prambanan.

Tak usah perlu repot, hubungi kami saja. Kemanapun tujuan anda, Kami ready mengantar mulai penjemputan hingga pengantaran. Kami juga siap mengatur kunjungan untuk rombongan baik menggunakan bus atau pun armada transport ekslusif seperti Hi Ace. Jika anda tidak mau repot, Kami siap sekalian untuk pengurusan reservasi saat berkunjung di Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *